Disambut Menag, CJH Kloter Pertama Tiba Di Embarkasi Surabaya

Semoga kita bias segera nyusul...

Surabaya, IDN Times - Kloter pertama dan kedua calon jemaah haji 2019 Jawa Timur tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), Jumat (5/7). Kedatangan mereka disambut oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin.

 

1. Calon jemaah haji kloter pertama tiba di AHES

Disambut Menag, CJH Kloter Pertama Tiba Di Embarkasi SurabayaIDN Times/Fitria Madia

Berdasarkan data yang dihimpun IDN Times, calon jemaah kloter pertama dan kedua berasal dari Kabupaten Magetan sebanyak 445 orang, Ngawi sebanyak 315 orang, Ponorogo sebanyak 62 orang, dan Kota Surabaya sebanyak 68 orang. Mereka tiba di Ahes pukul 07.00 WIB.

"Alhamdulillah saya merasa bersyukur pagi hari ini bisa menyambut kedatangan panjenengan semua menyambut kedatangan jangan di asrama haji ini dan sekaligus melepas keberangkatan menuju tanah suci," ujar Lukman kepada para jemaah.

2. Calon jemaah haji langsung ikuti rangkaian pembekalan

Disambut Menag, CJH Kloter Pertama Tiba Di Embarkasi SurabayaIDN Times/Fitria Madia

 

Para calon jemaah mengikuti sambutan yang diberikan oleh Lukman dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Ketika berada di AHES, mereka melakukan pemeriksaan ulang terkait dokumen, kesehatan, dan pembekalan haji.

"Bapak Ibu sekalian misalnya sudah di masjid sudah selesai sudah selesai dan seterusnya ada waktu ketemu sampaikan pesan pesan bahwa umat Islam di Indonesia bersaudara dengan baik," ujar Khofifah.

Baca Juga: Tahun Ini, Ratusan PNS Kota Semarang Berbondong-bondong Naik Haji

3. Akan berangkat esok

Disambut Menag, CJH Kloter Pertama Tiba Di Embarkasi SurabayaIDN Times/Fitria Madia

 

Usai mendapatkan pengarahan, para jemaah kembali ke penempatan asramanya masing-masing. Kloter pertama dari Magetan diarahkan ke Hall Mina. Sementara kloter kedua diarahkan ke Hall Zaitun. Mereka menunggu jadwal untuk diterbangkan ke Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz di Madinah, sekitar dini hari, Sabtu (6/7).

"Alhamdulillah kesempatan baik ini saya ingin mengajak semua khususnya jamaah haji untuk bersyukur karena kita mendapat peluang ini," tutur Lukman.

4. Akan ada 85 kloter di AHES

Disambut Menag, CJH Kloter Pertama Tiba Di Embarkasi SurabayaIDN Times/Fitria Madia

 

Asrama Haji Embarkasi Surabaya pada musim haji 2019 akan menjadi tempat berkumpulnya 35.706 calon jemaah haji asal Jawa Timur, 1.054 calon jemaah haji asal Bali, dan 965 asal Nusa Tenggara Timur. Mereka terbagi menjadi 85 kloter dengan jadwal masuk asrama terakhir pada 5 Agustus 2019.

Baca Juga: Jemaah Haji Tertua Dari Bantul Berusia 96 Tahun

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya