Dikunjungi Fadli Zon, Tak Satupun Mahasiswa Papua Keluar

Ia pun kemudian menuju Grahadi

Surabaya, IDN Times - Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon gagal menemui penghuni Asrama Mahasiswa Papua di Jalan Kalasan, Rabu (21/8). Padahal ia sudah tiba di depan asrama bersama anggota DPR RI lainnya. Fadli pun akhirnya menyerah dan meninggalkan asrama.

1. Fadli datang bersama anggota DPR RI asal Papua dan Papua Barat

Dikunjungi Fadli Zon, Tak Satupun Mahasiswa Papua KeluarIDN Times/Fitria Madia

 

Fadli datang mengendarai mobil Alphard hitam sekitar pukul 11.32 WIB. Ia tak langsung turun dari mobil melainkan dua orang Papua berpakaian rapi. Salah satu orang berpakaian batik sibuk menelepon. Sementara satu orang lainnya berjalan dengan bantuan tongkat sambil mengenakan jas hitam. Pria ini juga mengintip di balik spanduk berwarna putih.

Sekitar 5 menit kemudian tanpa jawaban, kedua orang ini pun menepi di samping mobil. Mereka berbincang dengan orang-orang lainnya. Terlihat juga salah satu warga Papua berusia cukup muda yang sempat keluar dari asrama ikut mengobrol dengan mereka. Namun Fadli Zon tak kunjung turun dari mobilnya.

"Kami itu ingin bertemu mereka dulu, mengecek duduk masalahnya, baru kami biacara," ujar laki-laki berjas hitam bernama Jimmy Demuanu Ijie yang merupakan anggota DPR RI Fraksi PDIP.

2. Fadli ingin bertemu usai menggelar rapat paripurna

Dikunjungi Fadli Zon, Tak Satupun Mahasiswa Papua KeluarIDN Times/Fitria Madia

 

Setelah Jimmy selesai berbicara, Fadli akhirnya bersedia keluar dari mobilnya. Ia mengatakan bahwa ia ingin bertemu dengan penghuni Asrama Mahasiswa Papua. Keinginannya ini muncul usai rapat paripurna bersama anggota DPR RI asal Papua dan Papua Barat.

"Kemarin di rapat paripurna teman-teman anggota DPR dari Dapil Papua dan Papua Barat menyampaikan konsen keprihatinan terhadap apa yang terjadi salah satunya dimulai dari tempat ini," tutur Fadli.

3. Hadir sebagai wakil rakyat

Dikunjungi Fadli Zon, Tak Satupun Mahasiswa Papua KeluarIDN Times/Fitria Madia

 

Fadli menuturkan bahwa sebagai wakil rakyat, ia ingin mendengarkan secara langsung keluh kesah yang dialami oleh penghuni Asrama Mahasiswa Papua di Jalan Kalasan. Ia ingin mengkonfirmasi informasi-informasi yang beredar di masyarakat dan media sosial.

"Saya kira ini dalam rangka untuk itu tugas pengawasan apa lagi di sini ada Pak Jimmy dari Papua Barat, Michael dari Papua Barat, dan ada Pak Steven Abraham dari Papua yang merupakan wakil-wakil rakyat Papua Saya kira itu," jelasnya.

 

Baca Juga: Caleg hingga Koordinator Aksi di Asrama Papua, Ini 5 Fakta Mak Susi

4. Fadli bertolak ke Grahadi

Dikunjungi Fadli Zon, Tak Satupun Mahasiswa Papua KeluarIDN Times/Fitria Madia

Namun sayangnya niat tersebut urung. Gerbang tersebut tak terbuka sama sekali. Fadli bersama rombongannya kembali memasuki mobilnya masing-masing. Mereka pun bertolak ke Gedung Negara Grahadi untuk bertemu Pemerintah Provinsi Jawa Timur. 

"Dari sini kita akan ketemu dengan pemerintah provinsi dan juga kota kita ingin mendengar apa yang sudah dilakukan sejauh mana komunikasinya dan kita masalah ini cepat ditangani dan tidak ada ekses lebih lanjut," tutup Fadli.

Baca Juga: Wacana Pindah Ibu Kota, Fadli Zon: Semoga Bukan Cuma Omong Kosong

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya