Comscore Tracker

Didatangi AHY, Emil Sebut Forum Bogor Membahas People Power

Bukan berarti mengkhianati koalisi

Surabaya, IDN Times - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak mengaku bahwa salah satu hal yang dibahas dalam pertemuannya dengan beberapa kepala daerah dan tokoh nasional di Bogor pada Rabu (15/5) adalah gerakan people power. Bahkan, pertemuan ini jua diikuti oleh salah satu petinggi Koalisi Adil Makmur yaitu Agus Harimurti Yudhoyono.

 

1. Forum Bogor membahas people power

Didatangi AHY, Emil Sebut Forum Bogor Membahas People PowerIDN Times/Ardiansyah Fajar


Emil mengatakan bahwa pertemuannya dengan Forum Bogor salah satunya adalah untuk membahas isu gerakan massa yang tidak menerima hasil penetapan rekapitulasi KPU atas Pemilu 2019. Namun mereka optimis bahwa masyarakat Indonesia tidak akan terpengaruh bisikan-bisikan untuk melakukan tindakan yang inkonstitusional.

"Artinya bahwa tidak kemudian hal-hal tersebut diniatkan melakukan tindakan yang sifatnya mengabaikan mekanisme hukum yang sudah ada tatanannya di bangsa kita ini. Jadi semua itu masih akan konstitusional," ujarnya melalui sambungan telepon, Sabtu (18/5).

2. Perbedaan menjadi salah satu penyebab people power

Didatangi AHY, Emil Sebut Forum Bogor Membahas People PowerIDN Times/Ardiansyah Fajar

 


Berdasarkan hasil diskusi dalam forum, Emil menuturkan bahwa rasa intoleransi atau perbedaan menjadi mengakar di kalangan masyarakat belakangan ini. Perbedaan itu juga salah satunya yang menyebabkan adanya gerakan people power. Forum Bogor pun membahas bagaimana cara agar perbedaan tersebut tak lagi mengotak-kotakkan masyarakat.

"Perbedaan pandangan itu menjadi sesuatu yang memisahkan, polarisasi. Nah kita ingin ayo saatnya bangsa sekarang jangan fokus pada perbedaan sebagai sesuatu yang memisahkan, tapi perbedaan sebagai sesuatu yang tentunya memperkaya warna bangsa kita," lanjutnya.

3. AHY datang sebagai tokoh nasional

Didatangi AHY, Emil Sebut Forum Bogor Membahas People PowerIDN Times/Margith Juita Damanik

 

Sebagai bukti bahwa forum tersebut bukan hanya diikuti oleh tokoh-tokoh dari koalisi Jokowi-Ma'ruf, AHY yang merupakan Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat pun hadir. Kedatangan AHY pun dirasa menyeimbangkan komposisi tokoh yang ada di forum.

"Ini adalah seorang tokoh yang ingin menunjukkan kepada publik, ayo sama-sama kita sepakat kembali dalam terus membangun bangsa bersama-sama," imbuhnya.

4. Kedatangan AHY tidak berarti mengkhianati koalisi

Didatangi AHY, Emil Sebut Forum Bogor Membahas People Poweridn times/Teatrika Handiko P

 

Selain itu, Emil menegaskan bahwa bergabungnya AHY dalam Forum Bogor bukan berarti mengkhianati koalisi Prabowo-Sandi. Pasalnya kedatangannya semata-mata untuk memperjuangkan kerukunan di Indonesia.

"Jangan lihat koalisinya, yang dipegang mas AHY bukan koalisinya. Tapi komitmen menegakkan konstitusi dan menjaga bangsa jadi bukan masalah koalisi. Mas AHY sama kemarin termasuk kang Bima Arya, pak Gubernur NTB, komitmennya bukan koalisi. Tapi masalah penegakan koalisi dan menjaga kesatuan bangsa," tegas Emil.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You