Depresi Makin Marak, Riliv Rilis Meditasi Daring Pertama di Indonesia

Jadi bisa meditasi kapan pun dan di mana pun saat dibutuhkan

Surabaya, IDN Times - Salah satu start up binaan Pemerintah Kota Surabaya, Riliv meluncurkan aplikasi dengan fitur meditasi daring pertama di Indonedia. Fitur ini dinamakan Riliv Hening, yang dapat diakses melalui aplikasi Riliv. Fitur tersebut dilengkapi berbagai fasilitas untuk membantu pengguna melakukan meditasi secara praktis.

1. Melihat angka bunuh diri yang meningkat

Depresi Makin Marak, Riliv Rilis Meditasi Daring Pertama di IndonesiaIDN Times/Arief Rahmat

Chief Executive Officer sekaligus Co-Founder Riliv, Audrey Maximillian Herli menjelaskan, pihaknya membuat aplikasi Riliv karena angka bunuh diri yang semakin tinggi. Sedangkan, saat ini banyak orang, terutama millennials masih enggan untuk berkonsultasi ke psikolog secara langsung. Aplikasi Riliv diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan psikologi dan bisa digunakan untuk meditasi secara online setiap saat.

“Kami tidak ingin orang menggunakan Riliv hanya ketika membutuhkan bantuan konseling. Kami ingin Riliv juga ada bagi teman-teman untuk menjaga kondisi kesehatan mental yang sudah baik,” ujar Maxi melalui keterangan tertulis yang disampaikan Pemkot Surabaya, Jumat (11/10).

2. Terdapat fitur meditasi praktis

Depresi Makin Marak, Riliv Rilis Meditasi Daring Pertama di IndonesiaIDN Times/Riliv

Start up yang telah berjalan selama 3 tahun ini memiliki fitur meditasi praktis bernama Riliv Hening. Maxi melanjutkan, Riliv Hening merupakan layanan meditasi online untuk masyarakat Indonesia agar lebih bahagia. Meditasi ini digunakan untuk menenangkan diri agar terhindar dari kecemasan berlebihan dan depresi. 

“Kami berharap menjadi one stop application kesehatan mental. Tidak hanya mengatasi gangguan psikologis, namun juga mencegahnya dengan aplikasi Riliv,” tuturnya.

Baca Juga: 5 Tanda Pasanganmu Sedang Mengalami Depresi, Jangan Diabaikan!

3. Dinilai mudah digunakan oleh pemula

Depresi Makin Marak, Riliv Rilis Meditasi Daring Pertama di IndonesiaIDN Times/Riliv

Lebih lanjut lagi, fitur Riliv Hening dilengkapi dengan panduan berupa audio berbahasa Indonesia. Maxi berharap panduan tersebut dapat menuntun pemula, utamanya millennials agar dapat melakukan meditasi dengan mudah.

Selain itu, seluruh konten meditasi yang ada di Riliv sudah dikurasi oleh Hendrick, selaku pakar meditasi sekaligus Co-Founder Mindful Project yang telah berhasil mengatasi depresi melalui meditasi selama 3 tahun. Riliv juga sudah bekerja sama dengan ratusan psikolog profesional berlisensi.

4. Meditasi diperlukan saat gangguan kecemasan terjadi

Depresi Makin Marak, Riliv Rilis Meditasi Daring Pertama di IndonesiaIDN Times/Dok. Pemkot Surabaya

Maxi memaparkan, meditasi dapat dilakukan saat pikiran tidak nyaman. Sehingga, dapat mengurangi stress, mengontrol emosi, mengurangi kecemasan, hingga mengatasi kecanduan zat adiktif maupun game dan media sosial. Melalui Riliv Hening, orang-orang yang sibuk bisa melakukan meditasi secara singkat dan praktis.

“Riliv berusaha mematahkan mitos bahwa meditasi berarti mengosongkan pikiran, duduk bersila, dan diam beberapa menit. Tetapi meditasi dapat dilakukan dengan posisi yang nyaman dan sadar penuh akan keadaan sekitar,” tutupnya.

Baca Juga: Stres? Ini 7 Aplikasi Meditasi untuk Membantu Kamu Tetap Santuy

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya