Ancaman Keluar Paris Agreement, Luhut Ogah Disamakan dengan Trump

Mereka dianggap sama-sama tidak peduli lingkungan

Surabaya, IDN Times - Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, disebut sama dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Hal itu dikatakan oleh Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), usai Luhut mengatakan Indonesia akan keluar dari Kesepakatan Perubahan Iklim Paris (Paris Agreement) atas kebijakan yang dirasa mendiskriminasi produk kelapa sawit.

Baca Juga: Jengkelnya Luhut Saat Ada Pihak yang Menyebut Jokowi Tukang Bohong

1. Tidak terima disamakan dengan Trump

Ancaman Keluar Paris Agreement, Luhut Ogah Disamakan dengan TrumpIDN Times/Fitria Madia

Luhut menegaskan bahwa ia tidak terima pernyataan Walhi yang menyamakan dia dengan Trump. Meski belum mengetahui lebih lanjut atas penyamaan tersebut, namun dia tetap tak setuju saat disebut mengikuti jejak Trump.

"Gak tahu saya belum tahu. Saya bukan Trump. Saya Luhut Pandjaitan," tegas dia usai menghadiri sebuah acara di Surabaya, Jumat (29/3) malam.

2. Keputusan akan dibuat dengan berbagai opsi

Ancaman Keluar Paris Agreement, Luhut Ogah Disamakan dengan TrumpIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ia melanjutkan, ancamannya untuk keluar dari Paris Agreement tentu tak lepas dari berbagai pertimbangan. Ia tetap bersikeras sikap diskriminatif yang ditunjukkan Uni Eropa terhadap tanaman kelapa sawit dapat merugikan Indonesia.

"Saya bilang, kita itu mempertimbangkan setiap opsi untuk menjawab tindakan dari Uni Eropa. Sampai kepada opsi yang paling jelek yaitu kita keluar dari Paris Agrement," lanjutnya.

3. Luhut minta Walhi belajar kembali

Ancaman Keluar Paris Agreement, Luhut Ogah Disamakan dengan TrumpVibizmedia.com

Luhut pun menganjurkan Walhi untuk melakukan riset kembali atas bahaya tanaman kelapa sawit bagi lingkungan. Menurutnya, sawit tidak terlalu berbahaya apabila diolah dengan baik.

"Kalau kita kelola dengan benar, tidak merusak lingkungan. Hasil penelitian Stanford University tidak. Lebih merusak soya bean daripada palm oil. Jangan salah, Walhi itu harus belajar juga. Jangan asal ngomong aja," tegas dia.

4. Disebut sama dengan Trump

Ancaman Keluar Paris Agreement, Luhut Ogah Disamakan dengan Trumpastra-agro.co.id

Sebelumnya, Luhut disamakan dengan Trump lantaran ancamannya untuk keluar dari Paris Agreement. Pasalnya, Trump telah mengambil langkah serupa demi membela industri batu bara.

Menurut Walhi baik batu bara maupun kelapa sawit dapat membahayakan iklim. Pernyatan yang menyamakan Luhut dengan Trump disampaikan oleh Manajer Kampanye Iklum dan Keadilan Walhi, Yuyun Harmono, Jumat (29/3) di Jakarta.

Baca Juga: Polemik Sawit Diboikot Uni Eropa, Faisal Basri Suruh Luhut Ngaca Dulu

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya