Tiba di Batam, Seluruh WNI dari Wuhan Dipastikan Negatif Virus Corona

Seluruh WNI dinyatakan sehat oleh WHO

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 245 Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di Wuhan,Tiongkok, akhirnya berhasil dievakuasi ke tanah air menggunakan pesawat Batik Air. Sebelum diterbangkan ke tanah air, pengecekan kesehatan dilakukan secara ketat, dan hasilnya seluruh WNI tersebut dinyatakan negatif dari virus Corona.

Mereka tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, Minggu (2/2) sekitar pukul 08.30 WIB, dan keluar dari pesawat sekitar pukul 09.00 WIB. Begitu keluar dari tangga pesawat, sejumlah petugas langsung menyemprotkan cairan disinfeksi kepada setiap penumpang yang mengenakan jaket, penutup kepala, dan masker.

1. Seluruh WNI dinyatakan sehat oleh WHO

Tiba di Batam, Seluruh WNI dari Wuhan Dipastikan Negatif Virus CoronaIDN Times/Bagus F

Istana Kepresidenan melalui Juru Bicara Presiden Joko “Jokowi” Widodo, Fadjroel Rachman memastikan semua WNI yang dijemput dari Wuhan, Tiongkok, telah dinyatakan sehat sesuai standar Badan Kesehatan Dunia (WHO).

“Semua WNI yang dijemput dalam evakuasi kemanusiaan ini dipastikan semuanya dinyatakan sehat, melalui prosedur kesehatan sesuai standar WHO,” kata Fadjroel dikutip dari Antara, Minggu (2/2).

2. Evakuasi 245 WNI sudah sesuai Inpres Nomor 4 Tahun 2019

Tiba di Batam, Seluruh WNI dari Wuhan Dipastikan Negatif Virus CoronaIlustrasi. (ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter)

Fadjroel memastikan pemerintah menjalankan semua proses evakuasi kemanusiaan dan transit observasi berdasarkan Inpres Nomor 4 Tahun 2019, di bawah koordinasi dua menteri koordinator yakni Menko Polhukam dan Menko PMK.

Fadjroel menyampaikan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah mendukung evakuasi WNI dari penyebaran virus Corona di Wuhan, Tiongkok.

“Terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh rakyat Indonesia yang dengan tulus ikhlas menunjukkan nilai perikemanusiaannya dalam menyambut pulang 245 WNI saudara sebangsa setanah air kita,” ujar dia.

3. Pemerintah minta seluruh rakyat Indonesia gotong-royong lewati masa sulit akibat virus Corona

Tiba di Batam, Seluruh WNI dari Wuhan Dipastikan Negatif Virus CoronaJuru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis 5 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Fadjroel mengajak seluruh rakyat bersama-sama melewati masa-masa sulit akibat virus Corona dengan baik.

“Sekali lagi, marilah kita bergotong-royong, bahu-membahu menghadapi dan melewati masa-masa sulit ini, demi nilai perikemanusiaan yang melekat dalam diri kita semua. Selamat kembali ke tanah air tercinta, Indonesia,” tutur dia.

4. WNI yang dievakuasi akan jalani observasi di Natuna

Tiba di Batam, Seluruh WNI dari Wuhan Dipastikan Negatif Virus Corona(IDN Times/Arief Rahmat)

Fadjroel menambahkan, setelah tiba di tanah air, sesuai pernyataan Menlu, Menkes, Panglima TNI, maka 238 WNI tersebut akan menjalani transit observasi di pangkalan militer TNI di Natuna, yang memiliki fasilitas lengkap yang dikelola tim dokter dari tiga matra.

Sementara, dari laporan langsung jurnalis TV One pada Minggu (2/2) pagi, sebanyak tujuh dari 245 WNI disebut-sebut batal dipulangkan ke Indonesia, empat di antaranya menolak kembali ke tanah air, dan tiga lainnya tak lolos screening kesehatan. Sehingga total ada 238 WNI yang dievakuasi ke Indonesia.

Sebanyak 238 WNI itu tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, Minggu (2/2) sekitar pukul 08.30 WIB, menggunakan pesawat Batik Air dan keluar dari pesawat sekitar pukul 09.00 WIB.

Saat turun dari tangga pesawat, sejumlah petugas berpakaian kapsul berwarna putih dan kuning menyemprotkan cairan disinfeksi kepada setiap penumpang. Di antara mereka terdapat anak-anak. Mereka menggunakan jaket dan penutup kepala serta masker.

Setelah transit di Bandara Hang Nadim, mereka langsung diterbangkan diterbangkan ke Natuna menggunakan pesawat Hercules, untuk menjalani karantina selama dua pekan.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto telah membenarkan jumlah WNI yang dievakuasi dari wabah virus Corona dari Wuhan, Tiongkok, 238 orang. Mereka akan diobservasi selama dua pekan di hanggar Lanud Raden Sadjad, Natuna, Kepulauan Riau.

"Jumlah warga, data awal 238. Saya akan cek semua, saya akan tunggui sendiri turun pesawat, diperiksa, akan cek ulang. Kalau clear pakaian-pakaian ini tak diperlukan lagi, tinggal pakai masker saja," ujar Menkes dalam wawancara langsung bersama jurnalis TV One, di hanggar Lanud Raden Sadjad.

Baca Juga: [BREAKING] Menkes Konfirmasi WNI yang Dievakuasi dari Wuhan 238 Orang

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya