Merayakan Kemerdekaan Ala Seniman Malang Raya   

Ekspresikan ide melalui bendera   

Malang, IDN Times - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan HUT ke-75 Republik Indonesia. Salah satunya seperti dilakukan oleh sekelompok seniman yang tergabung dalam Dewan Kesenian Malang (DKM). Untuk memperingati momen perayaan HUT Ke 75 RI, mereka menggelar pameran bendera yang bertajuk "Independence Say". Pameran sendiri dimulai pada 17 hingga 24 Agustus 2020. Bentuk pameran sendiri berupa mengibarkan bendera hasil karya para seniman dengan berbagai tema hasil kreasi masing-masing. 

1. Ekspresikan visi personal seniman

Merayakan Kemerdekaan Ala Seniman Malang Raya   Pengunjung tengah melihat pameran bendera di DKM Malang. IDN Times/ Alfi Ramadana

Kurator pameran, Akhmadi Budi Santoso menjelaskan bahwa pameran bendera itu sebagai bagian dari perayaan HUT RI. Pemilihan bendera sebagai media pameran juga bukan tanpa sebab. Bendera dianggap sebagai simbol yang bisa mewakili visi dari sebuah kelompok. Dalam hal ini bendera bisa mewakili visi dari masing-masing seniman untuk bisa mengekspresikan apa yang ada di pikiran mereka. 

"Jadi masing-masing seniman bisa menunjukkan visi pribadi melalui bendera yang dipamerkan," katanya, Kamis (20/8/2020). 

2. Jadi media penyampaian berbagai pesan

Merayakan Kemerdekaan Ala Seniman Malang Raya   Sebanyak 75 bendera hasil karya seniman dipamerkan di DKM. IDN Times/ Alfi Ramadana

Akhmadi menambahkan bahwa bendera yang dikibarkan juga memiliki pesan masing-masing. Hal itu sesuai dengan visi pesan dari masing-masing seniman. Para seniman juga bebas mengekspresikan pesan yang ingin disampaikan mulai berkaitan dengan kemerdekaan hingga pesan lain seperti pandemik COVID-19 hingga tema lainnya. 


"Para seniman bebas menyampaikan pesan melalui bendera mereka. Lalu hasil karyanya dipamerkan di DKM," tambahnya. 

3. Jadi refleksi diri

Merayakan Kemerdekaan Ala Seniman Malang Raya   Pameran bendera sebagai bagian untuk mengekspresikan pemikiran. IDN Times/ Alfi Ramadana

Tak hanya sekedar menyampaikan pesan, bendera itu juga bisa menjadi refleksi diri bagi para seniman. Pasalnya karya yang dipamerkan menunjukkan sejauh mana kepekaan sang seniman terhadap kondisi sekitarnya. Sekaligus juga merepresentasikan sikap dari sang seniman terhadap apa yang dilihat dan dirasakan. Kemudian hasil pemikiran itu direpesentasikan dalam sebuah karya yang dinikmati banyak orang. 


"Lewat bendera ini, para seniman juga bisa membangkitkan kesadaran lingkungan sosial, politik atau kebudayaan," sambungnya. 

4. Seluruhnya karya seniman Malang Raya

Merayakan Kemerdekaan Ala Seniman Malang Raya   Sebanyak 75 bendera hasil karya seniman dipamerkan di DKM. IDN Times/ Alfi Ramadana

Terlepas dari itu, Akhmadi memastikan bahwa seluruh karya bendera tersebut berasal dari seniman Malang Raya. Mereka mengirimkan karya masing-masing kepada Dewan Kesenian Malang (DKM) untuk kemudian karyanya dipamerkan. Berikutnya hasil karya para seniman itu juga dicetak dalam bentuk poster untuk kembali dipamerkan. 

"Pameran ini juga menjadi harapan untuk situasi agar lebih baik ke depannya," pungkasnya. 

Baca Juga: Pencium Jenazah COVID-19 di Malang Ditetapkan sebagai Tersangka

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya