Comscore Tracker

Harapan TKW Hong Kong untuk Jokowi: Kami Ingin Bekerja di Indonesia

Hong Kong merupakan lumbung suara Jokowi

Hong Kong, IDN Times - Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Hong Kong menggantungkan harapan besar kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Wakil presiden KH Ma'ruf Amin. Pelantikan keduanya kemarin Minggu (21/10), mendapat perhatian dari pekerja migran yang mengadu nasib jauh dari kampung halaman tersebut.

Para TKW di Hong Kong sangat berharap Jokowi-Ma'ruf Amin bisa memperbanyak lapangan kerja di dalam negeri selama lima tahun ke depan. Sehingga, mereka tidak perlu lagi mencari nafkah ke luar negeri. Mereka juga bisa berkumpul dengan keluarga di tanah air.

Baca Juga: Cerita Perjuangan Relawan dari Papua Gagal Temui Jokowi Usai Dilantik

1. Berharap mendapat pelatihan lebih banyak agar menjadi tenaga yang terampil

Harapan TKW Hong Kong untuk Jokowi: Kami Ingin Bekerja di IndonesiaIDN Times/Faiz Nashrillah

Salah satu yang berharap banyak kepada Jokowi-Ma'ruf Amin adalah Umu Salamah. Dia berharap, pada periode kedua kepemimpinannya, Jokowi bisa lebih memperhatikan nasib pekerja migran.

"Misalnya program pelatihan untuk kami pekerja juga diperbanyak," kata perempuan 45 tahun itu ditemui di Tsing Yi, Hong Kong, Minggu (20/10). 

Tak hanya pelatihan, perempuan asal Semarang, Jawa Tengah, ini juga meminta agar lapangan pekerjaan di Indonesia diperbanyak.

"Ya kami ingin bekerja di Indonesia biar gak jauh dari keluarga," ujar TKW yang sudah 15 tahun bekerja di Hong Kong.

2. Tak ingin menjadi asisten rumah tangga abadi

Harapan TKW Hong Kong untuk Jokowi: Kami Ingin Bekerja di IndonesiaIDN Times/Faiz Nashrillah

Hal senada juga dikatakan Yanti, perempuan asal Ponorogo, Jawa Timur. Perempuan 35 tahun itu berharap tetap bisa bekerja di negeri sendiri.

"Seandainya banyak lapangan kerja di Indonesia ya gak perlu ke sini. Kalau kayak gini kan saya jauh dari keluarga. Anak sama suami di rumah," kata dia. 

Dia juga punya angan-angan berhenti menjadi asisten rumah tangga. Tidak abadi. Selamanya di luar negeri.

"Ya kalau bisa, jangan jadi babu terus," imbuh Yanti. 

3. Ada sekitar 165 ribu pekerja migran Indonesia di Hong Kong

Harapan TKW Hong Kong untuk Jokowi: Kami Ingin Bekerja di IndonesiaIDN Times/Faiz Nashrillah

Labor and Welfare Bureau Hong Kong menyebut ada sekitar 165 ribu pekerja migran Indonesia berada di sana. Mereka mayoritas bekerja sebagai asisten rumah tangga.

Selain melakukan tugas rumah tangga, kebanyakan dari mereka juga mendapat pekerjaan menjaga lansia. Adapun gaji bulanan yang mereka dapatkan umumnya berkisar Rp8 juta per bulan. 

4. Hong Kong jadi lumbung suara Jokowi

Harapan TKW Hong Kong untuk Jokowi: Kami Ingin Bekerja di IndonesiaInstagram @jokowi

Hong Kong menjadi salah satu lumbung suara Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019. Dari 45.464 suara sah pada pilpres lalu, Jokowi-Ma'ruf menang telak dengan jumlah suara 38.945 suara. Adapun Prabowo Subianto-Sandiaga hanya mendapat 5.967 suara.

Baca Juga: Jokowi Akan Perkenalkan Menteri Kabinet Kerja Jilid II Hari Ini

Topic:

  • Dida Tenola

Just For You