Ajak Lebaran Digital, Menkominfo Jamin Jaringan Tetap Stabil

Yuk Lebaran virtual dulu

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate memastikan, jaringan telekomunikasi berkualitas dapat dimanfaatkan masyarakat di berbagai wilayah saat hari raya Idul Fitri.

Pihaknya akan menggandeng sejumlah operator seluler, Kominfo akan menyediakan traffic paket data (bandwith) besar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang tengah melakukan Lebaran virtual melalui aplikasi-aplikasi daring.

"Lebaran sebaiknya dengan memanfaatkan teknologi, kami menyiapkan bandwith yang cukup besar untuk menjaga agar komunikasi tetap dilakukan secara berkualitas," ujarnya dalam kanal Youtube Forum Merdeka Barat 9 (FMB9), Rabu (5/4/2021).

Baca Juga: H-1 Larangan Mudik, 138 Ribu Kendaraan  Diprediksi Keluar Jabodetabek 

1. Gantikan dengan silaturahmi virtual

Ajak Lebaran Digital, Menkominfo Jamin Jaringan Tetap StabilIlustrasi aplikasi-aplikasi media sosial. (Pixabay.com/Pixelkult)

Johnny G Plate mengajak seluruh masyarakat tidak melakukan silaturahmi fisik, dengan mudik ke kampung halaman pada saat merayakan Idulfitri 1442 Hijriah.

"Gantikan kegiatan itu dengan silaturahmi secara virtual melalui ruang digital yang saat ini sudah marak dipergunakan dalam berbagai kesempatan," kata dia.

2. Silaturahmi virtual tidak mengurangi makna

Ajak Lebaran Digital, Menkominfo Jamin Jaringan Tetap StabilTakbir virtual malam Idul Fitri di Masjid Sunda Kelapa Jakarta, 23 Mei 2020. (ANTARA FOTO)

Menurut Johnny, melakukan silaturahmi secara virtual melalui aplikasi tidak akan mengurangi makna silaturahmi yang sebenarnya. Masyarakat tetap mampu menjalin komunikasi yang efektif dengan para sanak saudara yang berada nun jauh di sana dengan gawainya.

"Merayakan acara hari besar Lebaran nanti secara virtual tetap meriah. Dalam keluarga sendiri dengan berkomunikasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada," ucapnya.

3. Lebaran digital itu keren

Ajak Lebaran Digital, Menkominfo Jamin Jaringan Tetap StabilIlustrasi Bersalaman Lebaran (IDN Times/Sukma Shakti)

Johnny berharap masyarakat merayakan hari raya Idul Fitri secara virtual dapat bersuka cita. Karena, dapat melakukan komunikasi  dengan sanak saudara melalui sambungan telekomunikasi berkualitas dalam beberapa waktu ke depan.

"Kita canangkan bersama-sama melakukan Lebaran tahun ini sebagai Lebaran digital. Lebaran digital itu keren," kata dia.

Baca Juga: Antisipasi Pelanggaran Mudik, Ini Strategi Pengawasan Kemenhub

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya