Buka Lowongan Kerja, Susi Pudjiastuti Pernah Geluti 5 Pekerjaan Ini

Susi pernah jadi pengepul ikan

Jakarta, IDN Times - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dikabarkan tengah membuka lowongan kerja untuk ia pekerjakan. Susi mencari tenaga pekerja untuk posisi sekretaris, videografer, social media officer, dan analis data.

Apakah Susi akan menggeluti bidang baru setelah pensiun menjadi menteri? Masih menjadi rahasia hingga kini. Namun, berbicara bidang profesi yang pernah digeluti, Susi pernah menjalani beberapa bidang. Seperti menjadi pebisnis ekspor ikan dan transportasi penerbangan.

Tak hanya itu, Susi juga pernah menjadi model loh. Penasaran, yuk kenali lebih jauh beberapa profesi yang pernah digeluti Susi sebelum dan bahkan saat menjadi menteri.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Buka 4 Lowongan Kerja, Cek Posisi dan Syarat di Sini!

1. Menjadi pengepul ikan

Buka Lowongan Kerja, Susi Pudjiastuti Pernah Geluti 5 Pekerjaan IniInstagram.com/@susipudjiastuti115

Saat usia remaja, Susi Pudjiastuti tidak sempat menyelesaikan pendidikan SMA. Ia putus sekolah saat menginjak kelas 2 SMA. Padahal, saat itu ia diterima di salah satu SMA favorit di Yogyakarta, SMA 1 Yogyakarta.

Setelah putus sekolah, Susi memutuskan menjual beberapa barang miliknya, seperti perhiasan, sebagai modal menjadi pengepul ikan. Dengan modal Rp750 ribu dari hasil penjualan barang-barangnya, ia mulai menjadi pengepul ikan. Ia juga sempat berjualan bed cover.

2. Mendirikan pabrik pengolahan ikan untuk komoditas ekspor

Buka Lowongan Kerja, Susi Pudjiastuti Pernah Geluti 5 Pekerjaan IniDok.IDN Times/Istimewa

Berhasil menjadi pengepul ikan, membuka jalan bagi Susi untuk mendirikan pabrik pengolahan ikan miliknya. Pada 1996, ia mendirikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product, setelah usahanya berkembang pesat.

Lobster menjadi salah satu produk andalan PT ASI Pudjiastuti Marine Product. Bahkan, lobster dengan merek Susi Brand ini telah dipasarkan hingga ke mancanegara.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Buka 4 Lowongan Kerja, Cek Posisi dan Syarat di Sini!

3. Mendirikan bisnis transportasi udara

Buka Lowongan Kerja, Susi Pudjiastuti Pernah Geluti 5 Pekerjaan IniMaskapai Susi Air di Bandara APT Pranoto Samarinda (IDN Times/Yuda Almerio)

Berawal dari keseriusan menjaga kualitas kesegaran ikan dan lobster yang diproduksinya, Susi akhirnya mendirikan perusahaan penerbangan. Usah itu berawal saat ia mendapatkan uang pinjaman dari bank, untuk membeli sebuah pesawat Cessna Caravan.

Pesawat ini awalnya hanya dipergunakan untuk mendistribusikan ikan dan lobster hasil produksinya. Tetapi, pada penghujung 2004, ia mendirikan PT ASI Pudjiastuti Aviation atau Susi Air.

Pesawat-pesawat Susi Air juga sering digunakan untuk mendistribusikan bantuan ke daerah yang terkena bencana, contohnya pada saat gempa Aceh 2004.

4. Pernah menjadi model Indonesia Fashion Week

Buka Lowongan Kerja, Susi Pudjiastuti Pernah Geluti 5 Pekerjaan Iniyoutube.com

Susi Pudjiastuti juga pernah membuat heboh publik dengan menjadi model fashion show Anne Avantie di Jakarta Fashion Week 2019, yang dilaksanakan pada Oktober tahun lalu.

Siapa sangka di balik penampilannya yang tomboi dan sangar, Susi Pudjiastuti bisa berlenggak-lenggok di atas panggung catwalk

Peragaan busana bertajuk Badai Pasti Berlalu ini ternyata memiliki misi kemanusiaan. Susi mendedikasikan aksi catwalk ini untuk para nelayan korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

5. Bergabung bersama Kabinet Kerja Presiden Jokowi

Buka Lowongan Kerja, Susi Pudjiastuti Pernah Geluti 5 Pekerjaan Ini(Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti) www.instagram.com/@susipudjiastuti115

Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang baru saja terpilih kala itu, akhirnya mempercayakan jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan kepada Susi Pudjiastuti. Banyak penolakan yang tertuju pada Susi saat itu, karena hanya berijazah SMP, sehingga dinilai tak layak menjadi menteri.

Selama kepemimpinannya, Susi berhasil menunjukkan prestasi yang baik. Banyak gebrakan-gebrakan baru yang dilakukan, mulai dari penenggelaman kapal hingga membuat kebijakan-kebijakan tentang pemberantasan illegal fishing yang kerap terjadi di perairan Indonesia.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini
http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Warganet Minta Susi Pudjiastuti Jadi Bos Garuda Indonesia

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya