Comscore Tracker

Pernah Geluti 5 Pekerjaan Ini, Susi Pudjiastuti Kini Buka Loker 

Susi pernah jadi pengepul ikan

Jakarta, IDN Times - Meski sudah tidak lagi menjadi menteri, Susi Pudjiastuti tetap mendapatkan perhatian publik. Kabar terbaru, mantan menteri kelautan dan perikanan itu sedang membuka lowongan kerja (loker). Susi dikabarkan mencari tenaga kerja di berbagai posisi. Mulai dari sekretaris, videografer, social media officer, hingga analis data.

Masih belum diketahui bidang apa yang sebenarnya akan digeluti Susi. Tapi yang jelas, secara pribadi pengalaman Susi cukup mentereng. Dia sudah malang melintang menekuni usaha di berbagai bidang. Sebut saja bisnis ekspor ikan, lalu ada transportasi penerbangan. Bahkan, Susi juga pernah berporfesi sebagai seorang model loh.

Apa aja sih profesi yang pernah digeluti Susi? Yuk simak secara lebih lengkap berikut ini.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Buka 4 Lowongan Kerja, Cek Posisi dan Syarat di Sini!

1. Barang-barangnya dijual demi modal jadi pengepul ikan

Pernah Geluti 5 Pekerjaan Ini, Susi Pudjiastuti Kini Buka Loker Instagram.com/@susipudjiastuti115

Semasa remaja, Susi tak sempat menyelesaikan pendidikan SMA. Ia putus sekolah saat menginjak kelas 2 SMA. Padahal, saat itu ia diterima di salah satu SMA favorit di Yogyakarta, SMA 1 Yogyakarta.

Setelah itu, Susi memutuskan menjual beberapa barang miliknya, seperti perhiasan. Hasilnya penjualan barang-barang itu dipakai sebagai modal menjadi pengepul ikan. Dengan modal Rp750 ribu dari hasil penjualan barang-barangnya, ia mulai menjadi pengepul ikan. Ia juga sempat berjualan bed cover.

2. Setelah berkembang pesat, Susi sukses mendirikan pabrik pengolahan ikan

Pernah Geluti 5 Pekerjaan Ini, Susi Pudjiastuti Kini Buka Loker Dok.IDN Times/Istimewa

Berhasil menjadi pengepul ikan, membuka jalan bagi Susi untuk mendirikan pabrik pengolahan ikan miliknya. Pada 1996, ia mendirikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product, setelah usahanya berkembang pesat.

Lobster menjadi salah satu produk andalan PT ASI Pudjiastuti Marine Product. Bahkan, lobster dengan merek Susi Brand ini telah dipasarkan hingga ke mancanegara.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Buka 4 Lowongan Kerja, Cek Posisi dan Syarat di Sini!

3. Berawal dari keinginan menjaga kualitas kesegaran ikan, Susi merintis bisnis transportasi udara

Pernah Geluti 5 Pekerjaan Ini, Susi Pudjiastuti Kini Buka Loker Maskapai Susi Air di Bandara APT Pranoto Samarinda (IDN Times/Yuda Almerio)

Berawal dari keseriusan menjaga kualitas kesegaran ikan dan lobster yang diproduksinya, Susi akhirnya mendirikan perusahaan penerbangan. Usah itu berawal saat ia mendapatkan uang pinjaman dari bank, untuk membeli sebuah pesawat Cessna Caravan.

Pesawat ini awalnya hanya dipergunakan untuk mendistribusikan ikan dan lobster hasil produksinya. Tetapi, pada penghujung 2004, ia mendirikan PT ASI Pudjiastuti Aviation atau Susi Air.

Pesawat-pesawat Susi Air juga sering digunakan untuk mendistribusikan bantuan ke daerah yang terkena bencana, contohnya pada saat gempa Aceh 2004.

4. Ini gaya Susi saat menjadi model Indonesia Fashion Week

Pernah Geluti 5 Pekerjaan Ini, Susi Pudjiastuti Kini Buka Loker youtube.com

Susi Pudjiastuti juga pernah membuat heboh publik dengan menjadi model fashion show Anne Avantie di Jakarta Fashion Week 2019, yang dilaksanakan pada Oktober tahun lalu.

Siapa sangka di balik penampilannya yang tomboi dan sangar, Susi Pudjiastuti bisa berlenggak-lenggok di atas panggung catwalk

Peragaan busana bertajuk Badai Pasti Berlalu ini ternyata memiliki misi kemanusiaan. Susi mendedikasikan aksi catwalk ini untuk para nelayan korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

5. Jadi menteri Kabinet Kerja, Susi dikenal dengan jargon "Tenggelamkan!"

Pernah Geluti 5 Pekerjaan Ini, Susi Pudjiastuti Kini Buka Loker (Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti) www.instagram.com/@susipudjiastuti115

Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang baru saja terpilih kala itu, akhirnya mempercayakan jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan kepada Susi Pudjiastuti. Banyak penolakan yang tertuju pada Susi saat itu, karena hanya berijazah SMP, sehingga dinilai tak layak menjadi menteri.

Selama kepemimpinannya, Susi berhasil menunjukkan prestasi yang baik. Banyak gebrakan-gebrakan baru yang dilakukan, mulai dari penenggelaman kapal hingga membuat kebijakan-kebijakan tentang pemberantasan illegal fishing yang kerap terjadi di perairan Indonesia.

Salah satu jargon yang paling terkenal hingga saat ini tentu saja "Tenggelamkan!"

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini
http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Warganet Minta Susi Pudjiastuti Jadi Bos Garuda Indonesia

Topic:

  • Dida Tenola

Just For You