Perbedaan Quick Count, Real Count dan Exit Poll di Pemilu 2024

Saksikan quick count hasil Pemilu 2024 di IDN Times

Jakarta, IDN Times – Pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan anggota legislatif (pileg) sudah di depan mata. Para pemilih akan memberikan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Rabu (14/2/2024).

Di hari pencoblosan, sejumlah lembaga survei melakukan hitung cepat (quic count) hasil pemilu. Ada juga yang melakukan exit poll.   

IDN Times merangkum sejumlah istilah dalam penghitungan suara hasil pemilu yang perlu diketahui Gen Z dan Milenial. Berikut uraiannya.

Baca Juga: [LINIMASA] Perkembangan Terkini Pemilu 2024

1. Pengertian Quick Count

Perbedaan Quick Count, Real Count dan Exit Poll di Pemilu 2024Ilustrasi survei (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Setelah pencoblosan, berbagai media massa biasanya langsung menayangkan quick count hasil pemilu. Hitung cepat atau quick count ialah cara mendapatkan gambaran hasil pemilu dengan menggunakan metode sampling dan kemampuan teknologi komunikasi.

Quick count tersebut dilakukan dengan cara menghitung persentase hasil pemilu di tempat pemungutan suara (TPS) yang dijadikan sampel. Quick count juga memberikan gambaran dengan akurasi yang cukup terjaga karena sample langsung dari TPS target.

2. Pengertian Real Count

Perbedaan Quick Count, Real Count dan Exit Poll di Pemilu 2024IDN Times/I Made Argawa

Selain itu, ada real count  yang akan dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Berbeda dengan quick count, real count menampilkan hasil penghitungan suara dari seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Indonesia secara valid.

Real count atau yang disebut juga dengan metode scan C1 menampilkan seluruh hasil TPS yang ada. Meski data yang ditampilkan adalah hasil hitung sesungguhnya, namun hasil real count tidak bisa diketahui dengan cepat. Penghitungan yang komprehensif bisa memakan waktu berhari-hari.

Baca Juga: PDIP Rumah Kebagusan Jadi Pusat Monitoring Quick Count dan Exit Poll 

3. Pengertian Exit Poll

Perbedaan Quick Count, Real Count dan Exit Poll di Pemilu 2024Ilustrasi survei (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Berbeda dengan real count dan juga quick count, exit poll adalah survei yang digelar di hari pemungutan suara. Metode yang digunakan adalah dengan bertanya langsung pada pemilih yang sudah selesai mencoblos.

Kemudian sampel ditentukan secara proporsional untuk menggambarkan populasi. Hasil exit poll sendiri bisa diketahui lebih cepat karena sumber datanya adalah wawancara pemilih.

4. Pantau hasil quick count pada sore hari

Perbedaan Quick Count, Real Count dan Exit Poll di Pemilu 2024Ilustrasi. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Bagi yang penasaran dengan hasil quick count, bisa melihat dari tayangan platform dan media sosial IDN Times. Pada Rabu, 14 Februari 2024, IDN Times menggelar nonton bareng hasil quick count Pemilu 2024, sejak pukul 15.00 WIB. 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: MK Putuskan Hasil Quick Count Boleh Diumumkan Pukul 15.00WIB

Topik:

  • Anata Siregar
  • Sunariyah
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya