Menhub: Ada Penumpang di Luar Manifes Kapal KM Santika Nusantara

Nakhoda menandatangi manifes kapal sebanyak 177 penumpang‎

Kulon Progo, IDN Times -Kapal  Motor Santika Nusantara terbakar di kawasan Masalembu, Jawa Timur, Kamis malam (22/8). Sebanyak 143 penumpang telah dievakuasi dan sebanyak 54 diantaranya dievakuasi menggunakan kapal nelayan yang berada disekitar lokasi terbakarnya kapal.

1. Dirjend Angkutan Laut melaporkan jumlah manifes KM Santika Nusantara yang terbakar mencapai 177 orang‎

Menhub: Ada Penumpang di Luar Manifes Kapal KM Santika NusantaraIDN Times/Aan Pranata

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan telah mendapatkan laporan dari Dirjen Angkutan Laut bahwa jumlah penumpang atau manifes mencapai 177 penumpang seperti yang dilaporkan oleh nahkoda dan telah ditandatangani oleh nakhoda dan sisanya merupakan penumpang tambahan.

"Jadi ada penumpang yang ikut dalam truk sehingga tidak tercatat dalam manifes penumpang kapal dan tidak terdeteksi dengan baik," kata Budi Karya Sumadi usai meninjau Bandara YIA di Kabupaten Kulonprogo, Minggu (25/8).

Baca Juga: Menhub: Awal Tahun 2020 Pembangunan Bandara YIA Selesai 100 Persen   

2. Kemenhub akan proses hukum nahkoda kapal KM Santika Nusantara‎

Menhub: Ada Penumpang di Luar Manifes Kapal KM Santika NusantaraFoto hanya ilustrasi kebakaran. (Pexels.com/pixabay)

Mantan Dirut AP II itu mengatakan ke depannya Kemenhub akan terus memperbaiki pencatatan manifes penumpang kapal apalagi kapal yang terbakar adalah jenis kapal yang mengangkut truk dan lainnya. Tidak boleh ada penumpang yang menumpang truk dalam kapal.‎

"Oleh karenanya Kemenhub akan memproses hukum nakhoda kapal karena menandatangani  jumlah manifes penumpang yang mencapai 177 orang namun dalam kenyataannya masih ada penumpang tambahan lainnya," tuturnya.

3. Sebanyak 3 orang meninggal dunia

Menhub: Ada Penumpang di Luar Manifes Kapal KM Santika Nusantara(KM Dharma Ferry 7 yang ikut mengevakuasi KM Santika Nusantara) Dokumentasi Basarnas

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumenep, dalam kebakaran di KM Santika Nusantara petugas menemukan empat jenazah, sementara tiga penumpang lainnya mengalami luka-luka. 

Diberitakan sebelumnya, KM Santika Nusantara terbakar di perairan Masalembu pada Kamis (22/8) sekitar pukul 20.45 WIB. Hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran. 

Baca Juga: Cuaca Berawan Bikin Kecewa Ribuan Penonton JAS 2019 di Pantai Depok

Topik:

  • Febriana Sintasari
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya