Soal Pembukaan Sekolah Lagi, Mendikbud: Tunggu Keputusan Gugus Tugas

Nadiem bantah soal isu sekolah dibuka lagi pada bulan Juli

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, keputusan pembukaan kembali sekolah akan ditetapkan berdasarkan pertimbangan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Pernyataan tersebut disampaikan Mendikbud dalam Rapat Kerja secara telekonferensi dengan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), di Jakarta, Rabu (20/5) kemarin.

"Harus diketahui bahwa Kemendikbud sudah siap dengan semua skenario. Kami sudah ada berbagai macam. Tapi tentunya keputusan itu ada di dalam Gugus Tugas, bukan Kemendikbud sendiri. Jadi, kami yang akan mengeksekusi dan mengoordinasikan," jelas Nadiem.

1. Metode pembelajaran juga menanti keputusan Gugus Tugas

Soal Pembukaan Sekolah Lagi, Mendikbud: Tunggu Keputusan Gugus TugasMenteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim memaparkan Merdeka Belajar Episode 4: Program Organisasi Penggerak (YouTube/KEMENDIKBUD RI)

Lebih lanjut, keputusan mengenai waktu dan metodenya juga berlandaskan pertimbangan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

"Tapi keputusan kapan, dengan format apa, dan seperti apa, karena ini melibatkan faktor kesehatan, bukan hanya pendidikan, itu masih di Gugus Tugas," kata Nadiem.

Baca Juga: Ini Strategi Kemendikbud Mempertahankan Belajar-Mengajar saat COVID-19

2. Nadiem bantah soal isu sekolah dibuka lagi pada bulan Juli

Soal Pembukaan Sekolah Lagi, Mendikbud: Tunggu Keputusan Gugus TugasMenteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim memaparkan Merdeka Belajar Episode 4: Program Organisasi Penggerak (YouTube/KEMENDIKBUD RI)

Terkait adanya rumor maupun pemberitaan yang mengabarkan akan membuka sekolah pada awal bulan Juli, Nadiem membantahnya.

"Kami tidak pernah mengeluarkan pernyataan kepastian, karena memang keputusannya bukan di kami. Jadi mohon stakeholders atau media yang menyebut itu, itu tidak benar," tegas Nadiem.

3. Belum diperlukan adanya perubahan tahun ajaran

Soal Pembukaan Sekolah Lagi, Mendikbud: Tunggu Keputusan Gugus TugasMendikbud Nadiem Makarim dalam acara Sinergi Pengelolaan Dana BOS dan Dana Desa Berbasis Kinerja (Dok.IDN Times/Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud)

Nadiem menambahkan, di banyak negara, awal tahun ajaran baru relatif tetap. Namun, penyesuaian metode belajar nantinya akan disesuaikan dengan kondisi dan status kesehatan masyarakat di masing-masing wilayah.

"Kemendikbud menilai saat ini tidak diperlukan adanya perubahan tahun ajaran maupun tahun akademik. Tetapi, metode belajarnya apakah belajar dari rumah atau di sekolah akan berdasarkan pertimbangan Gugus Tugas," tuturnya.

Baca Juga: Kemendikbud Sebut Program Belajar dari TVRI Banyak Ditonton Siswa 

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya