Comscore Tracker

Prabowo Akan Tolak Hasil Pemilu, Ini Penjelasan Sandiaga

Belum meamstikan apakah akan mengajukan gugatan hasil ke MK

Surabaya, IDN Times - Calon Wakil Presiden, Sandiaga Uno angkat bicara terkait sikap Calon Presiden, Prabowo Subianto yang akan menolak hasil penghitungan suara Pemilu 2019. Sandi meluruskan, penolakan itu jika ada kecurangan bukan keseluruhan.

1. Sandi sebut Prabowo menolak hasil pemilu yang curang

Prabowo Akan Tolak Hasil Pemilu, Ini Penjelasan SandiagaIDN Times/Irfan fathurohman

Sandi menegaskan, kalau Prabowo hanya akan menolak hasil pemilu yang curang. Dia juga menyebut capres pasangannya ini masih berprasangka baik.

"Karena masih ada sampai tanggal 22 untuk melakukan revisi koreksi atas temuan-temuan yang kami sampaikan," ujar Sandi saat kunjungan di rumah mantan KPPS yang meninggal di Surabaya, Rabu (15/5).

2. Minta KPU dan Bawaslu sampaikan hasil pemilu yang jurdil

Prabowo Akan Tolak Hasil Pemilu, Ini Penjelasan SandiagaIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Sandi pun berharap agar penyelenggara pemilu dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bisa bersikap netral. Ia meminta hasil yang dipaparkan nantinya pada 22 Mei 2019 memang hasil suara rakyat.

"Jadi kami berharap teman-teman di KPU dan Bawaslu betul-betul mempertimbangkan harapan masyarakat untuk pemilu jujur dan adil," kata Sandi.

Baca Juga: Ma’ruf Amin: Harusnya BPN Tunjukkan Bukti Kecurangan Pemilu ke Bawaslu

3. Belum bisa pastikan ajukan PHPU ke MK

Prabowo Akan Tolak Hasil Pemilu, Ini Penjelasan SandiagaANTARA FOTO/Galih Pradipta

 

Ketika ditanya, apakah pihak paslon nomor urut 02 akan mengajukan perselihan hasil penghitungan pemilihan umum (PHPU) ke Mahkamah Konstitusi (MK), Sandi menjawab belum ada rencana.

"Kami belum sampai titik di sana. Kami belum mau berandai-andai. Kami juga menunggu masukan para ahli," tambah Sandi.

4. Prabowo akan tolak hasil pemilu

Prabowo Akan Tolak Hasil Pemilu, Ini Penjelasan SandiagaIDN Times/Irfan fathurohman

Sebelumnya, Prabowo Subianto menyatakan akan menolak hasil penghitungan suara Pemilu 2019 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ia menganggap telah terjadi kecurangan selama penyelenggaraan pemilu, dari mulai masa kampanye hingga proses rekapitulasi hasil perolehan suara.

"Saya akan menolak hasil penghitungan suara pemilu, hasil penghitungan yang curang," kata Prabowo dalam acara 'Mengungkap Fakta-Fakta Kecurangan Pilpres 2019' di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (14/5).

Baca Juga: Usai Klaim Kecurangan Pemilu, Kubu 02 Akan Tarik Saksi di KPU

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You