Pengungsi Bencana Batu Nihil, Akses Jalan Sudah Tersambung

Masa tanggap darurat 14 hari

Batu, IDN Times - Sebanyak lima warga warga Kota Batu yang sempat mengungsi di Gedung Kesenian Bulukerto telah kembali ke rumah, Minggu (7/11/2021). Saat ini, tidak ada lagi warga yang mengungsi pascabencana banjir bandang yang menerjang Kota Batu, Kamis (4/11/2021) lalu.

1. Jalan yang sempat terputus sudah bisa dilalui

Pengungsi Bencana Batu Nihil, Akses Jalan Sudah TersambungPotret temuan BNPB dari udara. Dok. BNPB.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, laporan terkini dari lapangan beberapa ruas jalan yang sempat tertutup lumpur dan terputus sudah bisa kembali dilalui.

"Sebagai upaya percepatan penanganan banjir bandang pemerintah Kota Batu telah menetapkan masa tanggap darurat melalui SK No.188.45/341/KEP/422.012/2021 selama 14 hari terhitung tanggal 4-17 November 2021," ujarnya tertulis, Minggu (7/11/2021).

Baca Juga: Seluruh Korban Banjir Bandang Batu Ditemukan 

2. Bantuan logistik terus disalurkan

Pengungsi Bencana Batu Nihil, Akses Jalan Sudah TersambungPotret temuan BNPB dari udara. Dok. BNPB.

Selain itu, sambung Muhari, Sistem Komando Penanganan Darurat Bencana (SKPDB) juga segera disusun dan Wakil Wali Kota Batu ditunjuk untuk memimpin penanganan darurat bencana banjir bandang Kota Batu. Bantuan berupa logistik dan peralatan penanganan darurat telah didistribusikan.

"Selain memberikan bantuan logistik dan peralatan, BNPB juga telah memberikan beberapa rekomendasi penanganan pasca banjir bandang," kata dia.

3. Berikan beberapa rekomendasi

Pengungsi Bencana Batu Nihil, Akses Jalan Sudah TersambungPotret temuan BNPB dari udara. Dok. BNPB.

Adapun rekomendasi dari BNPB, diperlukan adanya giat susur sungai oleh instansi yang berpenalaman seperti TNI Polri dan Basarnas guna melihat di mana saja titik-titik potensi sumbatan atau bendung alam di wilayah hulu. Susur sungai juga diikuti dengan pembersihan sisa-sisa pohon tumbang di wilayah hulu.

"BNPB juga merekomendasikan agar wilayah lereng tebing atau kawasan kebun semusim lainnya ditanami dengan jenis vegetasi yang keras dan berakar kuatseperti vetiver, sukun, dan tanaman akar kuat lainnya. Vegetasi akar kuat tersebut dapat mengikat tanah dan mencegah terjadinya longsoran," pungkasnya.

Baca Juga: Fakta Hasil Survei Udara BNPB Penyebab Banjir Bandang Kota Batu

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya