Pemudik Kian Padat, PT KAI Daop 8 Tambah Kereta Api

Yuklah yang masih belum mudik

Surabaya, IDN Times - Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto menyebut H-3 lebaran penumpang kereta api (KA) kian padat, Minggu (2/6). Saat ini, jumlah penumpang kereta mencapai 23.600 orang.

"Berdasarkan akumulatif jumlah penumpang dari h-10 sampai dengan h-4 terjadi kenaikan sebesar 24 persen dibandingkan dengan tahun yang lalu," ujarnya, Minggu (2/6).

Baca Juga: 17 ribu Pemudik Padati Pelabuhan Ketapang, Kemacetan Mulai Terjadi

1. Ada tambahan relasi KA Surabaya Pasar Turi-Gambir

Pemudik Kian Padat, PT KAI Daop 8 Tambah Kereta ApiIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Guna menyikapi hal tersebut, PT KAI Dqop 8 pun akan melakukan tambahan relasi kereta api. Penambahan itu dilakukan sejak Sabtu (1/6). Kereta api tambahan relasi dari Surabaya Pasar Turi-Gambir, namanya KA Sembrani Malam Lebaran.

"Jadi total angkutan masa lebaran ini kita operasionalkan sembilan perjalanan kereta api tamabahan," kata Suprapto.

2. Ada diskon tiket KA Surabaya-Jember/Banyuwangi sebesar 50 persen

Pemudik Kian Padat, PT KAI Daop 8 Tambah Kereta ApiIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Lebih lanjut, untuk meningkatkan animo masyarakat pengguna jasa layanan kereta api dari Surabaya tujuan Jember-Banyuwangi ada diskon tiket. Potongan harga ini berlaku sejak Minggu (2/6).

"Sampai dengan 16 juni 2019 kita adakan tarif khusus di mana untuk KA Ranggajati dan Wijayakusuma tiketnya kita diskon sampai dengan 50 persen," kata Suprapto.

"Diharapkan dengan adanya diskon ini jumlah penumpang relasi dari Surabaya ke arah Jember dan Banyuwangi bisa lebih meningkat lagi dari sekitar 400 sampai 200 orang," tambahnya.

3. Puncak mudik dan balik terjadi tiga kali

Pemudik Kian Padat, PT KAI Daop 8 Tambah Kereta ApiIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Sementara untuk puncak arus mudik dan balik 2019 di wilayah Daop 8 berdasarkan pemesanan tiket akan terjadi tiga kali. Yakni, sebelum lebaran pada H-4 atau Sabtu (1/6) dengan jumlah penumpang yang naik 25 ribu.

"Lalu akan terjadi lagi lonjakan yang cukup signifikan pada lebaran hari kedua atau 6 juni 2019, jumlah penumpang yang sama mencapai 25 ribu, dan akan terjadi lagi ketiga kalinya H+3 atau 9 juni 2019 dengan angka yang sama sebesar 25 ribu," pungkas Suprapto.

Baca Juga: 7 Fasilitas Mewah Kereta Api “Sleeper Train” Luxury 2, Keren Banget!

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya