Comscore Tracker

Nawa Bhakti Satya, 9 Program Unggulan Khofifah-Emil

Keren mana ya sama nawa cita?

Surabaya, IDN Times - Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak akhirnya dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024, hari ini Rabu (13/2). Mereka pun mengaku sudah menyiapkan berbagai program kerja. "Kami fokus 99 hari pertama. Program-program itu tentu turunan dari program Nawa Bhakti Satya," kata Khofifah usai menghadiri malam perpisahan dengan Gubernur Soekarwo, Senin (11/2). 

Nawa Bhakti Satya sendiri merupakan sembilan janji kerja yang mereka sampaikan selama kampanye Pilgub lalu. Kumpulan program ini pertama kali mereka sampaikan 14 Februari tahun lalu. Berikut poin-poin yang ada dalam Nawa Bhakti Satya:

1. Jatim Sejahtera

Nawa Bhakti Satya, 9 Program Unggulan Khofifah-EmilANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Khofifah mengatakan, problem yang dihadapi oleh Jawa Timur saat ini ialah kemiskinan. Untuk itu, Mantan Menteri Sosial ini ingin memprioritaskan kepala keluarga perempuan yang kurang mampu. "Secara spesifik ingin menyisir janda, pengentasan di desa dan kota, namun basis pengentasan kemiskinan di desa. Karena kesenjangan desa dan kota masih tinggi," ujar Khofifah

Cara mewujudkan Jatim Sejahtera yakni dengan menggalakkan Program Keluarga Harapan (PKH) Plus untuk penduduk miskin di 38 kabupaten/kota, 664 kecamatan, 5.674 desa, dan 2.827 kelurahan. Disabilitas, lansia terlantar, dan perempuan kepala keluarga rentan. Kemudian mengurangi beban 26 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dengan subsidi provinsi anggaran ini akan meningkat mengikuti peningkatan pendapatan APBD provinsi.

2. Jatim Kerja

Nawa Bhakti Satya, 9 Program Unggulan Khofifah-Emilscmp.com

Poin kedua adalah peluncuran program bernama Jatim Go. Program ini akan akan berfokus pada penyediaan pelatihan kerja serta pengembangan pendidikan vokasi  yang akan menarik minat banyak anak muda. Rincian programnya antara lain, Dream Team Science Techno Park (STP) dengan sasaran 5-10 anak SMK dan 2-4 anak D3/S1 dan membentuk STP bagi kelompok rintisan usaha di berbagai daerah.

Kemudian Belanja Inovasi Daerah (Belanova), memberikan jaminan bagi produksi dan distribusi produk-produk inovasi anak muda melalui informasi super koridor di 5 Bakorwil "Kita bisa tempatkan di karesidenan Madiun, Surabaya maupun  Malang, selain itu bisa meningkatkan kreatifitas dan ketrampilan anak-anak muda," ungkapnya.

3. Jatim Cerdas dan Sehat

Nawa Bhakti Satya, 9 Program Unggulan Khofifah-EmilIDN Times/Ardiansyah Fajar

Selanjutnya adalah Tis-Tas (Gratis dan Berkualitas) dengan memperluas cakupan bantuan siswa miskin, bantuan biaya sekolah, dana insentif operasional akreditasi, tunjangan kinerja bagi guru tidak tetap.

Kemudian tunjangan PKL, SMK jurusan prioritas (kelautan, teknologi pertanian, pariwisata). Selain itu ada juga program Desa Sehat untuk memperkuat layanan kesehatan pedesaan. Memperkuat RSU Provinsi di Madiun, dan memperkuat RS rujukan di Madura dan Tapal Kuda. Mereka juga berjanji untuk Memberikan akses pendidikan berbasis pesantren bagi anak petani, anak nelayan, anak buruh, anak yatim dan anak yatim piatu yang kurang mampu.

4. Jatim Akses

Nawa Bhakti Satya, 9 Program Unggulan Khofifah-EmilANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Program yang keempat ini bertujuan untuk membangun infrastruktur dalam kerangka pengembangan wilayah terpadu, dan keadilan akses bagi masyarakat pesisir dan desa terluar seperti Kawasan Lingkar Wilis, Lingkar Bromo, Lingkar Ijen, Gerbang Kertasusila, Koridor Maritim Pantura Jawa-Madura, Koridor Maritim Selatan Jawa. Keduanya juga berjanji akan membangun dermaga perintis pulau-pulau di Sumenep, penguatan layanan transportasi laut Pulau Bawean, dan pengembangan pesisir selatan.

Selanjutnya yaitu melakukan percepatan dan pengembangan bandara perintis. "Karena seperti yang kita semua tahu, akses maritim di koridor Selatan Jatim itu sangat potensial, apalagi di Perigi saya lihat sangat besar jika mau diwujudkan," kata Khofifah.

5. Jatim Diniyah

Nawa Bhakti Satya, 9 Program Unggulan Khofifah-Emilquranhost.com

Program ini berfokus untuk memberi tunjangan kehormatan bagi imam masjid di kampung, pesisir, dan pulau terluar. Kemudian perluasan tunjangan kehormatan bagi hafidz-hafidzoh.

Khofifah menjanjikan adanya penguatan peran pondok pesantren dalam mendorong partisipasi sekolah dan beasiswa guru diniyah S2. "Karena masa depan guru diniyah harus diperhatikan betul. Lewat program ini, guru akan semangat. Ada beasiswa sampai S2," ucap Khofifah.

Baca juga: Arti Nomor Urut Satu Bagi Paslon Khofifah-Emil

6. Jatim Agro

Nawa Bhakti Satya, 9 Program Unggulan Khofifah-EmilANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Bhakti yang keenam ini bertujuan untuk memajukan sektor pertanian, peternakan, perikanan darat dan laut, kehutanan, perkebunan untuk mewujudkan kesejahteraan petani dan nelayan. Menguatkan program petik, olah, kemas, jual, mengembangkan agropolitan, stabilisasi dan tabungan pangan, asuransi petani, restrukturisasi produk pertanian. Selanjutnya menjadikan sungai dan hutan sebagai sumber kehidupan dan penguatan SDM pertanian dan Gapoktan. Serta mengembangkan kawasan pertanian terpadu berskala nasional.

7. Jatim Berdaya

Nawa Bhakti Satya, 9 Program Unggulan Khofifah-EmilANTARAFOTO/Prasetyo Utomo

Selanjutnya adalah Jatim Berdaya, yaitu upaya memperkuat ekonomi kerakyatan dengan berbasis UMKM melalui  One Village One Product One Corporate and Agropolitan.

Program lain adalah Communal Branding untuk UMKM, supply and demand channel, penataan pasar tradisional, inklusi UMKM retail modern, dan menumbuh-kembangkan koperasi perempuan, petani, nelayan, dan perdagangan antar pulau.

8. Jatim Amanah

Nawa Bhakti Satya, 9 Program Unggulan Khofifah-EmilIDN Times/Sukma Shakti

Paslon Khofifah-Emil bertekad untuk memberantas penyelewangan di pemerintahan Jatim. Maka pada Bhakti kedelapan, ia mempunyai program Jatim Amanah yakni menyelenggarakan pemerintahan yang bersih, efektif, dan anti korupsi.

Membudayakan meritokrasi, menyelenggarakan complain handling system, budaya birokrasi yang melayani dan efektif, menjaga clean government, sound governance, perluasan dan pelayanan berbasis IT. "Kalau dengan IT, korupsi bisa ditekan dan mudah terdeteksi. Kami akan wujudkan pemerintahan yang amanah, sebai pemerintah atau pemimpin itu yang hartanya diberikan untuk rakyatnya," ungkapnya.

9. Jatim Harmoni

Nawa Bhakti Satya, 9 Program Unggulan Khofifah-EmilIDN Times/Sukma Shakti

Poin terakhir adalah Jatim Harmoni. Program ini, kata Khofifah, meliputi upaya menjaga harmoni sosial dan alam dengan melestarikan kebudayaan dan lingkungan hidup. Pariwisata partisipatoris, integrasi museum perpusda dan galeri seni, ruang kebhinekaan, seni tradisional, clean industries, green city, halal tourism, 51 titik potensi ESDM.

Pada program ini, Khofifah-Emil akan membuka dialog antar budaya (seni, seniman, dan budayawan). Kemudian dialog intern dan antar umat beragama. "Jatim harmoni, termasuk di dalamnya membangun lingkungan yang harmonis, membangun hubungan intern umat beragama dan harmoni seni budaya," pungkas Khofifah.

Baca juga: Tak Hanya Valentine, Emil Rutin Kasih Bunga ke Arumi

 

Nawa Bhakti Satya, 9 Program Unggulan Khofifah-EmilIDN Times/Sukma Shakti

Baca Juga: Jokowi Akan Lantik Khofifah-Emil Pukul 15.30 WIB

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya