Menag Jelaskan Alasan Pemerintah Bangun Terowongan Istiqlal-Katedral

Semoga toleransi gak cuma berbentuk terowongan

Surabaya, IDN Times - Pemerintah tengah merenovasi Masjid Istiqlal, Jakarta. Renovasi ini menjadi yang pertama setelah 41 tahun lamanya. Rencananya, ada terowongan yang akan dibangun. Terowongan itu menghubungkan antara masjid terbesar di Asia Tenggara ini dan Gereja Katedral. Namanya "Terowongan Silaturahim".

 

1. Lambang kerukunan umat beragama

Menag Jelaskan Alasan Pemerintah Bangun Terowongan Istiqlal-KatedralMasjid Istiqlal (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Menteri Agama, Fachrul Razi menilai renovasi Masjid Istiqlal dengan penambahan Terowongan Silaturahmi ini dinilai sangat bagus. Dia menyebut, terowongan ini menjadi lambang kerukunan umat beragama.

"Lambang kerukunan umat beragama, secara praktisnya memang mereka bisa kalau ada kegiatan terlalu banyak bisa di istiqlal atau sebaliknya," ujarnya saat ditemui di Masjid Al-akbar Surabaya, Kamis (13/2).

2. Tidak akan timbulkan kecemburuan agama lain

Menag Jelaskan Alasan Pemerintah Bangun Terowongan Istiqlal-KatedralMenteri Agama, Fachrul Razi saat di Masjid Al-akbar Surabaya, Kamis (13/2). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Fachrul memastikan pembangunan terowongan ini tidak akan menimbulkan kecemburuan agama lain. Padahal ada enam agama yang diakui di Indonesia, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu.

"Oh nanti ada tahapnya, gak bisa langsung (pembangunannya). Kebetulan itu kan berdampingan," katanya.

"Pasti semua (agama) diperhatikan, kami juga turun tangan langsung semua," tambah Fachrul.

3. Anggaran renovasi Masjid Istiqlal Rp475 miliar

Menag Jelaskan Alasan Pemerintah Bangun Terowongan Istiqlal-KatedralPresiden Jokowi meninjau renovasi Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat 7 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

 

Sebelumnya Presiden Joko 'Jokowi' Widodo mengaku mendapatkan usulan untuk membangun terowongan bawah tanah sebagai penghubung dari Masjid Istiqlal ke Gereja Katedral. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun menyetujuinya. Jokowi berharap, terowongan tersebut dapat menjadi terowongan silaturahmi kedua tempat ibadah itu.

"Tidak kelihatan berseberangan, tapi silaturahmi. Terowongan bawah tanah. Sehingga tidak nyebrang, sekarang pakai terowongan bawah, terowongan silaturahmi," kata Jokowi. 

Anggaran renovasi Masjid Istiqlal sendiri mencapai Rp475 miliar. Nantinya akan digunakan memperbaiki bangunan, memoles lantai, mengganti karpet, lampu, hingga sound system. Tak hanya itu, Masjid Istiqlal juga akan menambah tempat parkir di basement.

"Juga pembangunan landscape di luar, bukan hanya interior, eksterior, semuanya dibangun. Sungai yang ada di lingkungan (Masjid) Istiqlal semua diperbaiki, sehingga tamannya menjadi lebih bagus lagi," ungkapnya.

Baca Juga: Renovasi Masjid Istiqlal, Jokowi Bangun Terowongan ke Katedral

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya