Litbang Kompas Masih Unggulkan Jokowi, Puan Sebut karena Debat

Pada survei tersebut Jokowi unggul 11 persen

Surabaya, IDN Times - Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Puan Maharani merasa senang mendengar survei Litbang Kompas yang dirilis, Rabu (20/3). Pasalnya, pasangan calon (Paslon) Jokowi-Ma'ruf Amin unggul 11,8 persen.

Baca Juga: Jokowi dan Prabowo Bersaing Ketat, Begini Hasil Survei Litbang Kompas

1. Makin optimis

Litbang Kompas Masih Unggulkan Jokowi, Puan Sebut karena DebatIDN Times/Ardiansyah Fajar

Puan pun memberi semangat kepada kubu petahana. Ia optimis kalau Jokowi bisa satu periode lagi memimpin Indonesia. "Tetap semangat dan optimis. Insya Allah kita bisa punya presiden yang meneruskan program terbaik untuk bangsa dan negara ini," ujarnya usai pembukaan acara Jambore di LPMP Jatim, Surabaya, Rabu (20/3).

2. Debat bikin unggul

Litbang Kompas Masih Unggulkan Jokowi, Puan Sebut karena DebatANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Tetap terjaganya suara Jokowi-Ma'ruf Amin dalam survei tidak terlepas dari penampilan tiga kali putaran debat. Untuk debat terakhir Cawapres, Ma'ruf dia menilai penampilan Ma'ruf di luar perkiraan. "Pak Ma'ruf menguasai substansi dan siap meneruskan pemerintahan Jokowi-JK (Jusuf Kalla)," kata Puan.

3. Jokowi 49,2 persen dan Prabowo 37,4 persen

Litbang Kompas Masih Unggulkan Jokowi, Puan Sebut karena DebatANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Hasil survei Litbang Kompas menunjukkan elektabilitas Jokowi pada Maret 2019 sebesar 49,2 persen. Angka tersebut menurun dari perolehan pada Oktober 2018 yaitu 52,6 persen.

Berbeda dengan Jokowi, perolehan elektabilitas calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, justru meningkat pada Maret 2019, yaitu 37,4 persen. Padahal, pada Oktober 2018 Prabowo mendapatkan 32,7 persen.

Berdasarkan usia pemilih muda, Jokowi lebih unggul dibandingkan Prabowo. Bahkan, mengalami kenaikan. Pada usia millennial yang berkisar 22-30 tahun, Jokowi unggul sebesar 49,1 persen, sedangkan Prabowo mendapatkan 41 persen.

4. Survei melibatkan 2.000 responden

Litbang Kompas Masih Unggulkan Jokowi, Puan Sebut karena DebatANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Survei tersebut dilakukan pada 22 Februari hingga 5 Maret 2019. Survei dilakukan pada 2.000 responden, yang dipilih secara acak dengan sistem sistematis di 34 provinsi, dengan perbandingan elektabilitas antara Oktober 2018 dan Maret 2019.  

Baca Juga: Survei Internal TKN: Jokowi-Ma'ruf Raih 57 Persen Suara

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya