Empat Konflik Sosial Terjadi Tahun Ini, Kemensos Gelar Sarasehan 

Ingat Bhinneka Tunggal Ika!

Surabaya, IDN Times - Konflik sosial masih sering terjadi terjadi di Indonesia. Tahun ini, tercatat ada empat bencana sosial. Di antaranya di Buton Provinsi Sulawesi Tenggara pada bulan Juni, kerusuhan di Papua dan Papua Barat pada tanggal 19 dan 29 Agustus.

Lalu ada konflik sosial yang terjadi di Wamena Kabupaten Jayawijaya pada tanggal 23 September, serta konflik sosial yang terjadi di Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur pada tanggal 16 Oktober.

Untuk mencegah kejadian serupa terulang lagi pada kemudian hari, Kementerian Sosial (Kemensos) menyiapkan sejumlah langkah.

1. Gelar sarasehan kearifan lokal

Empat Konflik Sosial Terjadi Tahun Ini, Kemensos Gelar Sarasehan Menteri Sosial, Juliari Batubara saat Sarasehan Nasional Kearifan Lokal 2019 di Hotel Mercure Surabaya, Rabu (4/12). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Salah satu upaya Kemensos untuk menekan konflik sosial tersebut adalah dengan menyelenggarakan Sarasehan Nasional Kearifan Lokal tahun 2019. Sarasehan kali ini melibatkan tokoh adat dan diselenggarakan di Hotel Mercure, Surabaya, Rabu (4/12).

"Tentunya ini sangat berkaitan dengan memupuk rasa kecintaan terhadap keberagaman yang ada di negara kita dan juga tentunya agar menjunjung tinggi perdamaian di daerah masing-masing," ujar Menteri Sosial Juliari Batubara pada acara tersebut.

2. Ajak aktualisasikan kearifan lokal

Empat Konflik Sosial Terjadi Tahun Ini, Kemensos Gelar Sarasehan Menteri Sosial, Juliari Batubara saat Sarasehan Nasional Kearifan Lokal 2019 di Hotel Mercure Surabaya, Rabu (4/12). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Dalam kesempatan tersebut, Juliari juga mengajak semua tokoh dan masyarakat mengaktualisasikan kearifan lokal. Apabila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, ia optimistis eksistensi budaya nenek moyang akan terjaga dan rasa nasionalisme kian kuat.

"Lebih dari itu, penguatan kearifan lokal dapat dijadikan sebagai pengokoh nasionalisme bangsa ini," katanya.

3. Ingatkan tantangan ke depan

Empat Konflik Sosial Terjadi Tahun Ini, Kemensos Gelar Sarasehan Menteri Sosial, Juliari Batubara saat diwawancara wartawan di Hotel Mercure Surabaya, Rabu (4/12). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Meski begitu, politikus PDIP ini mengingatkan, ke depan banyak sekali tantangan. Pasalnya, kearifan lokal bisa saja tergerus oleh modernisasi. Sehingga, memengaruhi perbedaan kemajemukan yang dihadapi bangsa ini.

"Padahal perbedaan dalam kemajemukan bukan menjadi sumber masalah jika diikat oleh ketunggalikaan, sebagai sesama saudara sebangsa setanah air," ucapnya.

4. Jalin kerukunan dalam keberagaman

Empat Konflik Sosial Terjadi Tahun Ini, Kemensos Gelar Sarasehan Menteri Sosial Republik Indonesia, Juliari P Batubara. (IDN Times/Ayu Afria)

Untuk menghadapi itu semua, kunci utama bagi bangsa Indonesia ialah menjalin kerukunan dalam keberagaman. Ia ingin semangat toleransi dan persaudaraan terus tumbuh di tengah-tengah masyarakat saat ini.

"Kita juga harus memperkuat modal sosial yang hidup dalam masyarakat. Yaitu menumbuhkan semangat gorong-royong, musyawarah, dan kebhinekaan yang ika," tutur Juliari.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya