Comscore Tracker

Ani Yudhoyono Dapat Donor dari Adik Kandungnya

Apa doamu untuk Bu Ani?

Surabaya, IDN Times - Istri Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono masih dirawat di rumah sakit Singapura. Ia sedang menjalani pengobatan atas sakit kanker darah yang dideritanya. Terbaru, ibu Agus Harimurti dan Edhie Bakroro ini mendapat donor sumsum tulang belakang yang sangat cocok dengannya.

 

1. Didonorkan oleh Pramono Edy Wibowo

Ani Yudhoyono Dapat Donor dari Adik KandungnyaInstagram/@annisayudhoyono

Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ini memastikan kalau ibunya mendapat donor dari adik kandungnya sendiri. "Alhamdulillah Pak Pramono Edy Wibowo, adik kandung Ibu Ani memiliki kecocokan terkait darahnya," ujarnya saat di Surabaya, Rabu (27/3).

Baca Juga: Baru Selesai Kemoterapi Cycle 2, Begini Kondisi Ani Yudhoyono 

2. Penuhi delapan paramater yang dibutuhkan Ani

Ani Yudhoyono Dapat Donor dari Adik KandungnyaInstagram/@ruby_26

 

AHY menambahkan, donor tersebut untuk persiapan transplantasi sumsum tulang belakang yang harus dijalani Ani agar bisa sembuh. Nah, beberapa paramater darah dan sumsum tulang belakang yang dibutuhkan pun harus cocok.

"Banyak parameter, ada delapan. Alhamdulillah Pak Pramono Edy cocok kedelapannya. Semua keluarga sudah dicek, paling cocok Pak Edy," kata AHY.

3. Masih ada beberapa siklus sebelum transplantasi

Ani Yudhoyono Dapat Donor dari Adik KandungnyaIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Lebih lanjut, AHY belum mengetahui persis kapan ibunya bisa menjalani transplantasi sumsum tulang belakang. Dia menyebut masih ada beberapa siklus perawatan yang harus dilewatinya.

"Belum dipastikan, katanya setelah siklus ketiga dan keempat baru bisa diketahui lebuh lanjut apakah bisa ke transplantasi. Berharap segera mungkin," ungkap AHY.

4. Saat ini masih siklus kedua perawatan

Ani Yudhoyono Dapat Donor dari Adik KandungnyaInstagram.com/@aniyudhoyono

 

Putra Sulung SBY ini juga menambahkan, sekarang Ani sedang memasuki siklus kedua perawatan. Ia berharap, ibunya terus menjalani beberapa siklus lagi untuk masuk ke tahap transplantasi sumsum tulang belakang.

"Masih ada siklus berikutnya. Setelah itu tahap transplantasi sumsum tulang belakang. Itu pabrik sel darah yangg saat ini terganggu, sehingga tertransform jadi kanker darah," jelas AHY.

Setelah transplantasi, Ani bisa dipastikan memasuki masa pemulihan. "Insyaallah (bisa sembuh)," tandas AHY.

Baca Juga: Ketika AHY Curhat Kondisi Terbaru Ani Yudhoyono

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya