TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Elektabilitas Khofifah-Emil Tak Setinggi Ekonomi Rumah Tangga 

Lho gimana tuh?

Paslon Pilgub Jatim, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dalam deklarasi kampanye damai di Tugu Pahlawan Surabaya, pada Selasa (24/9/2024). (IDN Times/Myesha Fatina)

Surabaya, IDN Times - Indikator Politik Indonesia merilis elektabilitas Pasangan Calon (Palson) Gubernur - Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak menjadi teratas. Tapi di survei yang sama ternyata perubahan atas kepemimpinan keduanya hanya sedikit.

Perubahan minor itu terekap dalam survei kondisi rumah tangga responden tahun ini dibandingkan tahun lalu. Antara yang memilih ada perubahan lebih baik dengan yang tidak ada perubahan hanya selisih 3,2 persen. Yang memilih lebih baik 38,7 persen, tidak ada perubahan 35,5 persen.

"Tapi ada yang memilih jauh lebih baik 8,4 persen, lebih buruk 13,6 persen, jauh lebih buruk 3,2 persen dan tidak menjawab 0,6 persen," ujar Founder dan Peneliti Utama Indikator Burhanuddin Muhtadi saat konferensi pers daring, Minggu (29/9/2024)

Tak hanya sektor ekonomi rumah tangga, dalam ekonomi secara umum, responden yang merasa baik lebih sedikit dibanding sedang. Data Indikator Politik Indonesia, ekonomi sangat baik 1,7 persen, baik 33,2 persen, sedang 46,9 persen, buruk 14,8 persen, sangat buruk 2,2 persen dan tidak menjawab 1,3 persen.

Kendati begitu, memang elektabikitas Khofifah-Emil masih menjadi teratas dibanding para pesaingnya, Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim dan Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta Gus Hans.

Berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia paslon nomor urut 2 tersebut memiliki elektabilitas mencapai 61,2 persen. Kemudian ada paslon nomor urut 3 Risma - Gus Hans 26,0 persen, dan paslon nomor urut 1 Luluk -Lukman 2,2 persen.

“Suara Mbak Khofifah berpasangan dengan Emil 61,2 persen, Mbak Risma dengan Gus Hans 26,0 persen, Mbak Luluk dengan Lukman 2,2 persen,” kata Burhanudin. Responden yang tidak memilih sebanyak 0,5 persen, dan yang tidak tahu/rahasia 10,2 persen.

Survei tersebut melibatkan 1.000 responden yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Jatim. Penarikan sampel menggunakan metode multistage randim sampling. Pelaksanaan survei ini pada 9-14 September 2024 dengan margin of error sekitar 3,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

Baca Juga: Indikator Politik: Elektabilitas Khofifah-Emil 61,2 Persen

Berita Terkini Lainnya