Wapres Jusuf Kalla Ajak Generasi Muda Untuk Siap Hadapi Tantangan

Wapres juga meresmikan sejumlah infrastruktur di UMM

Malang, IDN Times - Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla melakukan kunjungan kerja di Universitas Muhammadiyah Malang, Sabtu (6/4). Kedatangan orang nomor dua di Republik Indonesia tersebut dalam rangka memberikan kuliah umum pada acara Festival Kebangsaan II di Universitas Muhammadiyah Malang. 

Pada kesempatan tersebut, JK juga meresmikan sejumlah infrastruktur UMM, di antaranya, Hotel Kapal, Gedung Kuliah Bersama IV, dua jembatan dan rusunawa. Dari beberapa infrastruktur tersebut ada yang merupakan bantuan dari Kementerian PUPR yakni dua jembatan penghubung kampus UMM dengan Sengkaling.

Baca Juga: Kota Malang Resmi Miliki Pusat Daur Ulang Sampah 

1. Ajak generasi muda untuk terus tingkatkan pendidikan

Wapres Jusuf Kalla Ajak Generasi Muda Untuk Siap Hadapi TantanganIDN Times/ Alfi Ramadana

Pada saat memberikan kuliah umum, Jusuf Kalla menyampaikan bahwa pendidikan merupakan hal yang sangat penting. Ia menjelaskan bahwa untuk ilmu pengetahuan tak akan ada batasnya. Sehingga sampai kapan pun, ilmu pengetahuan tidak akan pernah habis. Untuk itu dirinya dirinya mengajak kepada anak muda untuk terus belajar dan menambah pengetahuan.

"Kalau sumber daya alam, suatu saat bisa saja habis. Tetapi kalau ilmu pengetahuan tidak akan pernah habis. Kemajuan sebuah negara tergantung pada tiga hal yakni pemerintah yang bersih, ilmu pengetahuan dan teknologi serta kewirausahaan," terangnya. 

2. Ilmu pengetahuan sangat penting untuk kehidupan berbangsa

Wapres Jusuf Kalla Ajak Generasi Muda Untuk Siap Hadapi TantanganIDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih lanjut,  Jusuf Kalla menjelaskan bahwa ilmu pengetahuan akan terus mengalami perkembangan. Untuk itu, penguasaan Iptek harus terus dilakukan. Sebab, kemajuan sebuah negara salah satunya dilihat dari ilmu pengetahuanya. 

"Kita harus bisa menguasai ilmu pengetahuan. Karena kalau tidak maka kita yang akan dikuasai ilmu pengetahuan," imbuhnya. 

3. Harus siap hadapi tantangan

Wapres Jusuf Kalla Ajak Generasi Muda Untuk Siap Hadapi TantanganIDN Times/ Alfi Ramadana

Tak hanya itu saja, wapres Jusuf Kalla juga meminta kepada generasi muda saat ini untuk siap menghadapi tantangan. Menurutnya ujian dalam hidup akan selalu ada. Untuk itu, mempersiapkan mental untuk menghadapi tantangan tersebut menjadi sangat penting.

"Tidak ada kesuksesan yang diraih dengan mudah. Semua harus melewati kesulitan terlebih dahulu sebelum mencapai keberhasilan," terangnya.

4. Jadikan perbedaan sebagai kekuatan

Wapres Jusuf Kalla Ajak Generasi Muda Untuk Siap Hadapi TantanganIDN Times/ Alfi Ramadana

Dalam kesempatan tersebut, Jusuf Kalla menambahkan bahwa bangsa Indonesia memiliki kekhasan yang tidak ada di negara lain. Salah satunya adalah banyaknya suku di Indonesia. Sudah sepatutnya bahwa segala perbedaan tersebut tak membuat masyarakat terpecah. Namun justru hal itu seharusnya menjadi kekuatan. 

"Perbedaan sudah sepatutnya dihargai. Namun, perbedaan tersebut juga merupakan kekuatan Indonesia. Maka dari itu, saling menghargai dalam bingkai perbedaan akan membuat Indonesia menjadi kuat," tandasnya. 

Baca Juga: Debat Pilpres Ketiga, Jusuf Kalla: Mudah-Mudahan Menarik

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya