Comscore Tracker

Menko PMK Datangi Korban Kerusuhan Kanjuruhan  

Saat ini pemerintah fokus penanganan pasien

Malang, IDN Times - Tragedi memilukan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) terus menjadi sorotan. Banyaknya korban yang berjatuhan membuat pemerintah pusat juga ikut turun tangan dalam penanganan peristiwa tersebut. Hal tersebut seperti dilakukan Menko PMK, Muhadjir Effendy saat mendatangi para korban yang dirawat di RSUD Kanjuruhan, Minggu (2/10/2022). 

1. Pastikan akan ada investigasi atas peristiwa ini

Menko PMK Datangi Korban Kerusuhan Kanjuruhan  Tangkapan layar berita di New York Times soal insiden Kanjuruhan (New York Times)

Muhadjir menjelaskan bahwa pihaknya memastikan bahwa akan ada investigasi pada peristiwa tersebut. Namun sebelum itu, dirinya ingin memastikan bahwa para korban mendapat penanganan dengan baik. Pemerintah juga sudah menyiapkan santunan untuk para korban pasca-kejadian tersebut. 

"Saat ini fokus utama adalah darurat bencana terlebih dahulu. Untuk investigasi pasti ada dan akan dilakukan setelah darurat bencana teratasi," katanya Minggu (2/10/2022). 

Baca Juga: Kronologi Kerusuhan Kanjuruhan yang Tewaskan 127 Orang

2. Investigasi menyangkut semuanya

Menko PMK Datangi Korban Kerusuhan Kanjuruhan  

Mantan Rektor UMM itu menyebut, nantinya cukup banyak hal yang akan diinvestigasi. Mulai dari rekonstruksi peristiwa, hingga standar SOP pengamanan jika terjadi peristiwa seperti Sabtu malam. Setelah itu, baru akan diambil sikap sesuai dengan arahan dari presiden.

"Saat ini fakta-fakta di lapangan juga masih coba digali dan dikumpulkan," imbuhnya. 

3. Korban kembali bertambah

Menko PMK Datangi Korban Kerusuhan Kanjuruhan  Ilustrasi jenazah. (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, terkait jumlah korban, Muhadjir menyatakan bahwa berdasarkan informasi terakhir yang ia terima korban meninggal dunia menjadi 129 orang. Jumlah tersebut bertambah dari sebelumnya 127 orang.

"Mudah-mudahan tidak ada tambahan lagi," sambungnya. 

4. Siapkan santunan untuk para korban

Menko PMK Datangi Korban Kerusuhan Kanjuruhan  kompas.com

Terlepas dari itu, Muhadjir memastikan bahwa selain mendapat perawatan maksimal, para korban juga bakal mendapatkan santunan. Namun dirinya masih belum bisa memastikan berapa nominal santunan yang diberikan kepada para korban. 

"Kami pastikan korban yang sakit akan mendapat pelayanan secara gratis. Sementara yang meninggal kami siapkan santunan juga termasuk dari provinsi dan kabupaten," tandasnya

Baca Juga: Korban Meninggal Kerusuhan Kanjuruhan Jadi 129 Orang

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya