Comscore Tracker

Ditanya Peluang Kembali Jadi Menkeu, Sri Mulyani Hanya Tersenyum

Ada yang bisa mengartikan senyumnya Bu Ani?

Malang, IDN Times - Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati tak mau berspekulasi lebih jauh perihal peluang kembali menjadi menteri di kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. Ia memilih diam saat ditanya mengenai peluangnya kembali menjabat usai mengisi acara di Universitas Muhammadiyah Malang, Rabu (10/10). Meskipun saat ini banyak pihak yang menilai sosok Sri Mulyani masih layak untuk kembali duduk sebagai Menteri Keuangan. 

1. Pilih berlalu dan hanya tersenyum

Ditanya Peluang Kembali Jadi Menkeu, Sri Mulyani Hanya TersenyumIDN Times/ Alfi Ramadana

Perempuan 57 tahun tersebut seolah tak menghiraukan dukungan kepada dirinya. Ia memilih untuk diam dan tak memberikan sepatah katapun ketika pertanyaan tersebut dilontarkan. Sri Mulyani hanya tersenyum dan kemudian berlalu meninggalkan awak media. 

2. Lakukan reformasi perpajakan

Ditanya Peluang Kembali Jadi Menkeu, Sri Mulyani Hanya TersenyumIDN Times/ Alfi Ramadana

Di luar permasalahan tersebut, Sri Mulyani menilai bahwa saat ini Indonesia perlu melakukan reformasi perpajakan. Pasalnya penerimaan pajak di Indonesia masih belum terlalu menggembirakan. Untuk itu, program-program yang berkaitan denhan pajak perlu kiranya untuk terus ditambah. Agar masyarakat semakin peduli dan mau untuk membayar pajak. 

"Tax amnesty sudah dilakukan. Tetapi secara umum perlu adanya reformasi perpajakan," katanya. 

3. Harus banyak belajar dari negara lain

Ditanya Peluang Kembali Jadi Menkeu, Sri Mulyani Hanya TersenyumIDN Times/ Alfi Ramadana

Di sisi lain, Sri Mulyani mengakui bahwa Indonesia masih harus banyak belajar. Terutama untuk optimalisasi pajak. Agar potensi pemasukan dari sektor perpajakan bisa dimaksimalkan. Apalagi saat ini sektor perpajakan masih menjadi prioritas pendapatan terbesar Indonesia. 

"Kami masih perlu untuk melakukan pertukaran informasi dengan negara lain. Terutama untuk memperbaiki sektor perpajakan," sambungnya. 

Baca Juga: Menkeu Sri Mulyani: Pejabat BUMN yang Korupsi adalah Pengkhianat!

4. Akademisi harus memiliki peran peningkatan ekonomi

Ditanya Peluang Kembali Jadi Menkeu, Sri Mulyani Hanya TersenyumIDN Times/ Alfi Ramadana

Di kesempatan yang sama, Sri Mulyani memaparkan bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk bisa menjadi negara maju. Untuk itu, peran akademisi dinilai sangat penting dalam upaya untuk mewujudkan hal itu. Bahkan pemerintah juga sudah membuat proyeksi untuk menuju kemajuan ekonomi di Indonesia. 

"Kalau ini bisa diwujudkan, maka bukan tidak mungkin Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi baru di dunia," tandasnya. 

Baca Juga: Sri Mulyani Upayakan Dana Repatriasi Tak Lari dari RI

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You