Comscore Tracker

Jangan Langsung Mandi, 5 Langkah Merawat Kulit saat Berolahraga

Kulit tetap sehat meski berolahraga

Setiap orang tentu mendambakan punya kulit yang sehat. Biasanya orang yang rutin berolahraga harus pintar-pintar merawat kulit. Sebab, olahraga pasti mengeluarkan keringat.

Nah, berikut tips merawat kulit yang bisa dilakukan sebelum maupun sesudah kamu berolahraga!

1. Pakai sunscreen sebelum mulai berolahraga

Jangan Langsung Mandi, 5 Langkah Merawat Kulit saat Berolahragapexels/MoosePhotos

Masih banyak yang beranggapan bahwa sunscreen  hanya dipakai saat berolahraga di luar ruangan saja. Padahal, saat berolaharaga di dalam ruangan kita juga wajib pakai sunscreen. Ketika kamu berolahraga di dalam ruangan sekalipun, cahaya matahari dapat masuk lewat jendela yang cukup besar.

Kulit bisa saja terpapar sinar UV dan meningkatkan risiko kerusakan serta penuaan kulit. Selain itu, paparan sinar matahari yang bercampur keringat juga bisa menimbulkan jerawat. Jadi, usahakan gunakan sunscreen dengan SPF anti keringat saat berolahraga.

2. Pakai handuk bersih untuk mengusap keringat

Jangan Langsung Mandi, 5 Langkah Merawat Kulit saat Berolahragafreepik.com/nusarapromsiri

Selain menggunakan sunscreen, perawatan kulit lainnya yang perlu dilakukan ketika olahraga adalah mengelap keringat dengan handuk bersih. Untuk melakukannya, kamu bisa menepuk handuk dengan lembut pada bagian yang berkeringat.

Ingat! Menyeka keringat terlalu kencang itu dapat membuat kulit rusak dan semakin kasar. 

3. Setelah selesai berolahraga jangan mencuci muka menggunakan sabun atau produk lainnya

Jangan Langsung Mandi, 5 Langkah Merawat Kulit saat Berolahragafreepik.com/jcomp

Beberapa orang mungkin memiliki kebiasaan untuk segera mencuci muka setelah berolahraga. Namun kenyataannya, hal tersebut justru dapat memberikan masalah bagi kulit, seperti menghambat penguapan keringat dan menimbulkan inflamasi.

Nah, jika ingin membersihkan wajah setelah berolahraga, kamu bisa menggunakan cairan pembersih makeup terlebih dahulu saat keringat di kulit sudah kering sempurna. Setelah itu, baru kamu bisa mencuci muka dengan sabun sambil membersihkan diri atau mandi.

Baca Juga: Bikin Glowing, Ini 8 Rahasia Perawatan Kulit Bangsawan Zaman Dulu

4. Keringkan tubuhmu setelah berolahraga, setelah keringat hilang kamu bisa bergegas mandi

Jangan Langsung Mandi, 5 Langkah Merawat Kulit saat Berolahragaunsplash.com/tannervote

Mandi setelah berolahraga adalah tahap perawatan kulit yang sangat wajib dilakukan. Ini bertujuan untuk membilas minyak dan bakteri yang menumpuk dan bisa menyebabkan jerawat. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya gunakan sabun dan pembersih wajah dengan kandungan ringan sekaligus bebas minyak. 

5. Setelah mandi, pakai sunscreen lagi

Jangan Langsung Mandi, 5 Langkah Merawat Kulit saat Berolahragapixabay.com/AdoreBeautyNZ

Setelah selesai mandi, jangan lupa memakai sunscreen kembali! Ini penting untuk membantu meratakan warna kulit dan membuat kulitmu tetap terlindung dari sinar UV. Namun dalam tahapan ini, kamu tidak perlu mengoleskannya terlalu tebal.

Demikianlah perawatan kulit yang baik ketika berolahraga. Jika perawatan tersebut tidak berjalan dengan baik, cobalah untuk konsultasi dengan ahli kulit atau dermatolog! Dengan begitu, kamu pasti dapat mengetahui solusi dari masalah kulit yang sedang dihadapi.

Baca Juga: Ini 6 Scrub Alami untuk Perawatan Kulit Belang, Bahannya Mudah Didapat

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya