TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mengenal Filler, Perawatan yang Mulai Digandrungi Masyarakat Surabaya

Perawatan biar awet muda

Dokter kecantikan MAHARVA Aestheticdr Aji Bayu Chandra, M.Biomed (AAM). (Dok. Istimewa)

Surabaya, IDN Times - Seiring berkembangnya teknologi, berbagai perawatan untuk kecantikan pun semakin berkembang, termasuk untuk mengatasi penuan. Salah satu perawatan kulit yang kini mulai digandrungi masyarakat Surabaya untuk mengatasi penuaan adalah dermal filler.

Dokter kecantikan MAHARVA Aestheticdr Aji Bayu Chandra, M.Biomed (AAM) mejelaskan, filer merupakan salah satu pilihan aesthetic treatment yang dapat membantu memperbaiki dan memperindah penampilan bentuk wajah. Filler adalah prosedur penyuntikan suatu bahan khusus ke bagian kulit wajah untuk menghilangkan kerutan, mengisi volume, menambahkan kontur dan memperbaiki bentuk/struktur wajah.

"Jadi filler bisa dipakai untuk usia muda ataupun usia tua. Suntik filler dapat digunakan di berbagai area wajah, di antaranya dahi, hidung, dagu, bibir, pipi, kantung bawah mata, pipi, garis rahang, dagu, dan area lainnya," katanya.

Filler dengan zat aktif Hyaluronic Acid (HA) merupakan pilihan terbaik dari sisi keamanan serta efektivitasnya. HA merupakan zat alami yang diproduksi oleh tubuh yang berperan untuk menjaga kelembaban dan elastisitas kulit. Namun seiring nya usia, produksi HA alami akan terus berkurang. Maka dari itu penggunaan Filler HA sangat aman digunakan karena menyerupai dengan HA alami.

"Sebetulnya filler HA ini sudah banyak beredar di pasaran, namun yang memberdakan antara satu dan lainnya adalah teknologi yang digunakan," kata dia. 

Dokter Bayu menyebut, sebenarnya perawatan fillet ini sudah mulai dikenalkan sejak tahun 2000 silam. Namun masuk ke Indonesia pada 2005 dan mulai tren sejak 2016.

"Filer mulai jadi tren tahun 2010-2011 orang Indonesia mulai kenal kata filer, tapi waktu itu masih tabu. Orang mulai sadar membutuhkan filer itu tahun 2016-2017, tren injeksi derma filer sudah mulai meningkat," katanya. 

Kini di tahun 2024, perawatan tersebut semakin dikenal dan digandrungi masyarakat, termasuk Surabaya. Bahkan dari separuh tindakan yang dilakukan oleh dokter bayu di kliniknya adalah facial conturing. 

"Demand untuk dermal filer di Sursbaya tinggi banget, separuh dari tindakan yang saya lakukan adalah facial contouring," tuturnya . 

Menurut dokter Dayu, Dermal filer semakin digandrungi masyarakat karena, pengaruh media sosial. Kegiatan foto sendiri atau selfie membuat masyarakat sadar tentang estitika wajah. 

"Edukasi yang tepat mengenai derma filer, jadi kalau kita baca media sosial, banyak berita mengenai derma filer," pungkas dia.

Baca Juga: Info Event di Surabaya Sepanjang Bulan Oktober 2024

Berita Terkini Lainnya