Comscore Tracker

6 Masker Wajah Aman untuk Ibu Hamil, Tetap Kinclong Jelang Persalinan

Kulit terjaga di tengah hormon yang terus berubah..

Saat hamil, kadangkala bumil merasa worry untuk menggunakan masker wajah yang sebelumnya rutin dipakai saat belum hamil. Itu dikarenakan ada beberapa kandungan yang dinilai berbahaya bagi janin, seperti paraben, retinol, salicylic acid, dan benzoyl peroxide.

Selain itu, masker yang aman untuk ibu hamil juga sebaiknya tidak mengandung bahan yang bisa mengiritasi kulit ibu yang sedang sensitif, seperti alkohol dan pewangi buatan.

Di sisi lain, perubahan hormon yang terjadi saat hamil bisa mengubah kulit terasa kusam, lebih mudah berjerawat, berminyak dan lainnya. Sehingga perawatan wajah yang aman menjadi fokus ibu hamil agar tetap kinclong dan memiliki kulit wajah yang sehat. 

Untuk itu, berikut 6 rekomendasi masker wajah yang aman untuk ibu hamil dan menyusui karena memakai bahan-bahan yang aman dan tidak berbahaya. 

1. Laneige Water Sleeping Mask

6 Masker Wajah Aman untuk Ibu Hamil, Tetap Kinclong Jelang PersalinanLaneige Water Sleeping Mask. (laneige.com)

Masker tidur Laneige tentu sudah populer bagi kalian kaum hawa. Skincare asal Korea Selatan ini menampilkan Sleeping Micro Biome ™ dan
Pro-biotics Complex yang disempurnakan untuk
memperkuat pertahanan kulit. Dengan begitu, kamu bisa mewujudkan kulit yang cerah, dan bersih keesokan harinya. 

Singkatnya, Laneige Water Sleeping Mask berguna mengoptimalkan penggunaan skincare di tahap sebelumnya. Produk ini berfungsi untuk mengunci kelembaban. Masker ini sangat cocok kamu yang merasa kulitmu kering dan dehidrasi selama hamil. 

Caranya, oleskan sedikit saja masker ini ke wajah 3-4 kali seminggu lalu biarkan selama semalaman. Untuk kemasan 70ml, masker ini tergolong pricey karena di official store masih seharga Rp460 ribu free Lip Sleeping Mask Berry 3 gr. 

2. St. Ives Gentle Smoothing Oatmeal Scrub and Mask

6 Masker Wajah Aman untuk Ibu Hamil, Tetap Kinclong Jelang PersalinanSt. Ives Gentle Smoothing. (stives.co.id)

Masker ini memiliki dua fungsi sekaligus, yakni masker dan scrub. Bisa dijadikan scrub karena masker ini mengandung bubuk kulit kenari yang secara lembut dapat mengangkat kulit kusam. Sedangkan oatmeal dan madu juga dapat digunakan sebagai masker untuk menutrisi kulit wajah. 

Selain mengatasi kulit kusam, St. Ives Gentle Smoothing Oatmeal Scrub and Mask juga dapat menghaluskan tekstur kulit yang kering dan tidak merata. Masker ini sering jadi pilihan ibu hamil dan ibu menyusui karena formulanya tanpa kandungan paraben.

Caranya cukup gunakan masker secukupnya dan oleskan ke seluruh wajah kemudian bilas. Gunakan 3-4 kali seminggu tergantung kondisi kulit kamu. Di official store, masker ini cukup terjangkau dengan Rp80 ribu saja untuk 170 gram. 

3.Lacoco Watermelon Glow Mask

6 Masker Wajah Aman untuk Ibu Hamil, Tetap Kinclong Jelang PersalinanLacoco Watermelon Glow Mask. (lacoco.co.id)

Watermelon Glow Mask merupakan sleeping mask untuk melembapkan dan melindungi wajah selama tidur, serta membuat wajah lebih cerah. Seperti namanya, Watermelon Glow Mask memiliki kandungan utama semangka dan pisang. 

Semangka memiliki kadar air yang sangat tinggi dan berfungsi untuk memberi kelembapan. Serta kaya akan vitamin yang memberi manfaat antioksidan untuk melindungi kulit wajah dari efek penuaan. Sedangkan pisang mengandung banyak vitamin yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Watermelon Glow Mask juga mengandung lidah buaya, evening primrose, dan rumput laut yang memaksimalkan produk untuk melembapkan kulit.

Karena berbahan dasar air yang halal, produk lokal ini aman untuk ibu hamil. Dengan harga Rp250 ribu, kamu bisa mendapatkan Lacoco Watermelon Glow Mask yang berisi 75 ml. 

4. Mama’s Choice Sheet Mask

6 Masker Wajah Aman untuk Ibu Hamil, Tetap Kinclong Jelang PersalinanMama’s Choice Sheet Mask. (mamachoice.id)

Seperti namanya, masker ini lebih dikhususkan bagi ibu-ibu baik ibu hamil maupun menyusui. Karena Mama's Choice Sheet Mask terbuat dari bahan ramah lingkungan yang berfungsi untuk mengatasi kulit kusam, kering, dan mengurangi garis halus pada wajah. Karena terbuat dari bahan ramah lingkungan, sheet mask ini cocok untuk kulit sensitif. 

Mama's Choice Sheet Mask juga menjamin produknya bebas paraben, alkohol, parfum, mengandung hypoallergenic dan dermatologically tested. Apalagi, masker ini memiliki bahan utama centella asiatica yang bisa meredakan ruam dan kemerahan pada kulit sensitif bayi. 

Caranya, lepaskan masker dan gunakan selama 15-20 menit. Setelah itu, lepaskan masker dan pijat lembut serum yang tersisa. Masker ini dibandrol dengan harga Rp59 ribu untuk satu kemasan berisi 3 masker. 

Baca Juga: 9 Rekomendasi Masker Wajah Alami untuk Pria, Bisa Buat Sendiri! 

5. The Body Shop Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask

6 Masker Wajah Aman untuk Ibu Hamil, Tetap Kinclong Jelang PersalinanThe Body Shop Mask. (thebodyshop.co.id)

Masker eksfoliasi bertekstur clay yang terinspirasi tradisi ayurveda. Diperkaya dengan bamboo charcoal, green tea leaves, dan Community Trade tea tree oil dari Kenya. Membantu mengangkat sel-sel kulit mati, membersihkan dan mendetoksifikasi kulit. Kulit terasa bersih dan segar.

Ini termasuk masker wajah yang aman untuk ibu hamil, ibu menyusui, bahkan kulit sensitif, karena tidak mengandung parabens, paraffin, silicone, atau mineral oil.

Pertama, bersihkan wajah. Lalu aplikasikan masker pada area wajah dan leher. Diamkan selama 5-10 menit lalu bilas dengan air hangat dengan gerakan memutar secara lembut. Gunakan 2-3 kali saja seminggu. Meski cukup pricey yakni Rp449 ribu untuk 75 ml, kamu bisa mencoba kemasan lebih kecil yang tentunya lebih terjangkau. 

6. Masker DIY (Do It Your Self)

6 Masker Wajah Aman untuk Ibu Hamil, Tetap Kinclong Jelang PersalinanIlustrasi masker DIY. (self.com)

Namun jika kamu tetap takut mencoba brand-brand di atas atau yang ada di pasaran, kamu bisa membuat masker DIY dari bahan-bahan alami. Ada 5 rekomendasi masker DIY yang aman bagi ibu hamil dan menyusui. 

Pertama, campurna alpukat dengan minyak zaitun dan madu masing-masing 1 sendok untuk mengatasi kulit kering. Kedua, campurkan buah pepaya yang sudah dihancurkan dengan 1 sendok madu dan 2 sendok susu cair. 

Ketiga, campurkan yoghurt dan gandum dengan perbandingan 1:1. Keempat, blender 1 timun dan 1 cangkir gandum lalu tambahkan 1 sendok teh yoghurt. Terakhir, campurkan lidah buaya yang sudah dihancurkan dengan madu secukupnya. 

Berikut beberapa rekomendasi masker wajah yang aman untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Kamu bisa menggunakan masker alami atau masker jadi yang telah terbukti aman. Untuk memastikan kandungannya aman, kamu bisa membelinya di official store atau toko terpercaya. 

Baca Juga: 6 Manfaat Masker Wajah dari Kunyit, Anti Aging!

Agustina Suminar Photo Community Writer Agustina Suminar

menulis dengan senang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya