Comscore Tracker

Dampak Negatif Menjadi Korban Gashlighting, Lepaskanlah

Kamu akan lebih baik jika berani untuk melepaskannya

Gaslighting menjadi perbincangan hangat sekarang. Sebuah taktik manipulasi keadaan yang dilakukan oleh seseorang, agar terlihat berkuasa dengan cara menguasai lawan atau korban. Gaslighting bisa diterapkan untuk memanipulasi hubungan pasangan dengan anda. Sehingga, hubungan semakin rumit dan gelap.

Banyak sekali kalimat atau ucapan tajam yang membuatmu tertekan hingga sekarang. Dirimu dibuat tidak percaya diri hingga merasa lemah karena tak ada perlindungan dari siapa pun. Yuk, sadari dampak negatif yang akan ditimbulkan jika kamu terus bertahan dalam ruang gaslighting di bawah ini.

1. Kamu hanya dijadikan pelampiasan amarah yang tak bisa diselesaikan

Dampak Negatif Menjadi Korban Gashlighting, Lepaskanlahpexels.com/@liza-summer

Pasanganmu akan kehilangan kendali untuk terus mengumbar emosi tanpa sebuah kompromi. Kamu hanya berstatus sebagai korban yang terus dijadikan sasaran amarah bagi dirinya.

Semua solusi yang kamu berikan hanya menjadi hirauan bagi dirinya. Tak ada yang bisa diubah jika hal itu terus berulang tanpa kamu sadari hingga sekarang. Hal ini tak bisa diperbaiki sehingga kamu harus menghindarinya sedari awal kamu merasakannya.

2. Kamu hanya membiarkan dirinya terus bersikap superior

Dampak Negatif Menjadi Korban Gashlighting, Lepaskanlahunsplash.com/@aminmoshrefi

Posisimu semakin tenggelam karena sifat inferior yang terus kamu berikan kepada dirinya. Level terendah hanya akan datang terus menerus kepada dirimu dan membuat dirinya semakin superior.

Rasa hormat akan semakin hilang sehingga ucapan tak wajar selalu datang tanpa kamu sadari sebelumnya. Ubahlah konsep pemikiranmu dari sekarang untuk bersikap jauh lebih tegas terhadap sesuatu yang kurang baik bagi dirimu.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Korban Gaslighting, Dimanipulasi Secara Psikologi

3. Harga dirimu semakin berkurang karena banyak kebohongan yang tak bisa kamu jelaskan

Dampak Negatif Menjadi Korban Gashlighting, Lepaskanlahpexels.com/@liza-summer

Seseorang yang pintar melakukan gaslighting kepada dirimu biasanya banyak menutupi kebohongan. Kamu hanya menjadi ikon manipulasi yang selalu mudah untuk diterapkan setiap harinya.

Jika hal ini terus dibiarkan, maka harga dirimu akan semakin berkurang. Kamu akan sulit memberikan persepsi lebih jauh tentang dirimu karena banyak orang hanya menganggap dirimu sebagai pelakunya. Padahal kamu hanya menjadi seorang korban yang selalu difitnah untuk melakukan sebuah kesalahan.

4. Sandiwara hubungan semakin tak terlihat dan dirimu semakin tertekan

Dampak Negatif Menjadi Korban Gashlighting, Lepaskanlahunsplash.com/@eutahm

Dunia modern seperti sekarang ini penuh dengan sandiwara, banyak cara untuk menarik perhatian dengan cara tersebut. Kamu yang sepenuhnya berintegritas akan kalah dengan orang yang pintar memanipulasi keadaan.

Kamu hanya dijadikan objek popularitas yang selalu tertekan karena tak bisa melawan secara langsung. Permainan sandiwara akan semakin kebal dan tak dapat dilihat dengan kasat mata karena hal itu sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan secara berulang-ulang.

5. Hubungan yang tidak sehat berujung pada toxic relationship

Dampak Negatif Menjadi Korban Gashlighting, Lepaskanlahunsplash.com/@priscilladupreez

Toxic relationship menggambarkan hubungan yang tidak sehat sehingga membuat seseorang merasa insecure dan lemah. Ada rasa cemburu yang sudah kelewat batas dan sering dipermasalahkan.

Kamu tak punya kesempatan untuk berkomunikasi dengan dirinya. Apalagi jika pasanganmu adalah seseorang yang sangat idealis dan perfeksionis, maka tak ada celah untuk memperbaiki suatu hubungan.

Keputusan terbesar untuk segera berpisah akan lebih baik jika kamu tak kuat menahan tekanan tersebut. Korban gaslighting seringkali menjadi pribadi yang kurang percaya diri dan tak bisa terbuka kepada siapa saja. Mereka memerlukan banyak dukungan agar kembali seperti biasanya.

Baca Juga: 5 Hal Mendasar yang Harus Ada di Calon Pasanganmu Selain Cinta

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Reinhart Ignasius di IDN Times Community dengan judul 5 Dampak Negatif Jika Kamu Terus Bertahan Menjadi Korban Gashlighting

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya