Comscore Tracker

Pikiran Jadi Segar, Ini 6 Jenis Meditasi untuk Mengurangi Penat

Semuanya jadi lebih rileks

Salah satu cara untuk menangkan tubuh dan pikiran setelah aktivitas penuh seharian adalah dengan meditasi. Meditasi akan me-refresh tubuh dan pikiran jadi segar kembali. 

Tak cukup sampai di situ, meditasi juga punya beragam manfaat. Mulai meningkatkan kualitas tidur, menurunkan tekanan darah, hingga memperkuat daya ingat. Yuk, kenali 6 jenis meditasi yang sering dilakukan berikut ini!

1. Meditasi transendental

Pikiran Jadi Segar, Ini 6 Jenis Meditasi untuk Mengurangi PenatPexels/Andrea Piacquadio

Meditasi transendental bertujuan untuk menghindari pikiran negatif. Kalimat-kalimat mantara dalam pikiran dan hati terus diulang.

Caranya cukup duduk rileks. Pejamkan mata dan atur napas secara teratur. Lalu, ucapkan mantra dalam hati secara berulang tanpa memikirkan hal lainnya.

Akan sangat baik bila mantra yang diucapkan adalah hal spesifik. Seperti mengucapkan mantra yang bertujuan mengatasi rasa cemas dan takut.

2. Meditasi mantra

Pikiran Jadi Segar, Ini 6 Jenis Meditasi untuk Mengurangi Penatpexels/theformfitness

Mirip dengan meditasi transendental, meditasi mantra juga mengharuskan untuk mengucap mantra. Namun pada meditasi ini, kamu harus menggumam atau melafalkan mantranya. 

Meditasi mantra sangat cocok bagi yang tidak suka keheningan dan senang dengan repetisi. Bunyi dan pelafalan kata akan membuat kamu lebih fokus ketimbang hanya suara napas saja.

3. Meditasi gerak

Pikiran Jadi Segar, Ini 6 Jenis Meditasi untuk Mengurangi PenatPexels/VisionPic

Meditasi tak melulu duduk diam di satu tempat. Jika kamu adalah tipe orang yang sulit berdiam diri, meditasi yang satu ini cocok banget.  Meditasi gerak merupakan jenis meditasi yang dilakukan sembari melakukan gerakan dan menciptakan kesadaran.

Carilah tempat tenang yang bisa mengisi energi seperti hutan atau kebun! Berjalanlah dan nikmati gerakan dan interaksi antara tubuh dengan alam! Seperti ketika angin menyapu rambut atau tanganmu yang memegang rerumputan.

Baca Juga: 6 Cara Meditasi untuk Anak yang Sering Rewel, Bisa Cegah Tantrum!

4. Meditasi spiritual

Pikiran Jadi Segar, Ini 6 Jenis Meditasi untuk Mengurangi PenatPixabay/terimakasih0

Sesuai dengan namanya, meditasi ini lebih mengutamakan hubungan dengan Tuhan atau semesta. Dalam meditasi ini, kamu dapat mengenal diri lebih dalam dan cara pandangmu terhadap dunia selama ini.

Untuk meditasi spiritual, biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama dan tak jarang membutuhkan bantuan dari ahli.  Melalui meditasi ini kamu bisa mendapatkan ketenangan dan pengalaman yang dapat meningkatkan keyakinan spiritual.

5. Meditasi kesadaran

Pikiran Jadi Segar, Ini 6 Jenis Meditasi untuk Mengurangi PenatPexels/Prasanth Inturi

Meditasi ini tidak memfokuskan perhatian pada satu titik. Malah, dalam meditasi ini, pikiran dan perasaan dibiarkan melintas dalam dirimu.

Meditasi kesadaran berkaitan dengan kesadaran saat momen berlangsung. Artinya, menyadari setiap apa yang dilakukan bahkan setiap tarikan napas.

Meditasi ini bertujuan agar kamu bisa lebih menikmati segala kegiatan yang sedang dijalani. Contoh, ketika makan, cobalah untuk menikmati setiap suapan, rasa, dan aroma makanan! Atau ketika sedang membersihkan rumah coba sadari dan rasakan setiap gerakannya tanpa gangguan dari televisi atau handphone.

6. Meditasi fokus

Pikiran Jadi Segar, Ini 6 Jenis Meditasi untuk Mengurangi PenatPixabay/shahariar lenin

Meditasi ini menuntut kamu agar tetap fokus pada sesuatu. Objeknya pun beragam, bisa internal seperti napas atau eksternal dengan bantuan beberapa barang seperti tasbih atau lilin.

Untuk berkonsentrasi, kamu bisa fokus hanya pada irama napas. Bisa juga fokus dengan menatap lilin ataupun menghitung manik tasbih.

Walau terlihat mudah, sebenarnya meditasi ini cukup sulit untuk pemula. Karena kamu harus bisa mengendalikan pikiran agar tidak berkelana dan fokus tidak pecah selama beberapa menit.

Itu dia 6 jenis meditasi yang bisa kamu coba. Kira-kira, mana nih yang cocok denganmu?

Baca Juga: Ini 5 Jenis Meditasi yang bisa Dilakukan di Mana Saja, Cobain Deh! 

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya