Comscore Tracker

Makin Asri, 6 Jenis Tanaman Outdoor yang Mempercantik Teras Rumah

Ada yang sudah punya?

Teras biasana menjadi area pertama yang dilihat untuk menilai nilai estetika sebuah rumah. Biasanya pemilik rumah akan menempatkan berbagai jenis tanaman hias di teras.

Tapi, tak jarang ada orang yang salah memilih tanaman. Hasilnya, tanaman jadi mati karena kurang mendapatkan cahaya hingga salah merawatnya.

Nah, berikut rekomendasi tanaman outdoor yang cocok untuk diletakkan di teras rumah. Tanaman-tanaman ini cocok hidup di lingkungan tropis seperti Indonesia. Apa aja tuh?

1. Pohon cemara

Makin Asri, 6 Jenis Tanaman Outdoor yang Mempercantik Teras Rumahbonsai-bci.com

Pohon cemara mungkin identik dengan pohon natal. Namun lebih dari itu, cemara merupakan tanaman yang biasa dimanfaatkan sebagai konservasi hutan hingga hiasan taman. 

Cemara memiliki kurang lebih 70 jenis dan tersebar di berbagai belahan benua. Tanaman ini mampu beradaptasi dan tumbuh di daerah dataran tinggi sampai pesisir pantai. 

Pohon cemara punya karakteristik daun yang tidak mudah kering atau rontok, bahkan pohonnya sendiri mampu hidup hingga ratusan tahun. Pohon cemara cocok kamu terapkan pada taman dengan wilayah tropis karena tahan cuaca panas. 

2. Kaktus Ariocarpus

Makin Asri, 6 Jenis Tanaman Outdoor yang Mempercantik Teras Rumahmisplant.net

Kaktus menjadi salah satu tanaman favorit untuk diletakkan di teras dengan bentuknya yang mungil. Tanaman ini terkenal dengan durinya dan kerap dijadikan sebagai tanaman hias karena memiliki banyak variasi spesies. 

Salah satu jenis kaktus, Ariocarpus, kerap diminati karena menjadi lambang kemewahan tanaman anggota keluarga Cactaceae. Ariocapus merupakan kaktus yang terbatas dan dapat mengalami mutasi. 

Tanaman ini memiliki karakter mirip bunga kol dengan permukaan batang penuh tonjolan. Normalnya, Ariocarpus berdiameter mencapai 30 cm dan tinggi 25 cm. Usia kaktus Ariocarpus dapat mencapai 30 tahun, lho!

3. Bunga kamboja

Makin Asri, 6 Jenis Tanaman Outdoor yang Mempercantik Teras Rumahbyrdie.com

Kamu mungkin sudah sering menemui tanaman kamboja dengan berbagai warna. Bunga ini tumbuh subur dalam ketinggian 700 meter dengan perawatan sedikit air.

Selain karena bentuknya yang indah, tanaman ini juga beradaptasi dengan baik pada lingkungan kering dan cuaca panas. Tanaman kamboja di Indonesia berasal dari bangsa Portugis dan Belanda. 

Meski kebanyakan ditemui di pemakaman, namun keberadaannya sendiri selalu eksis bagi pencinta tanaman. Bunga kamboja biasanya memiliki warna putih dengan bagian tengah bunga berwarna kuning dengan kuntumnya tidak terbuka penuh serta berukuran kecil.

Baca Juga: 8 Tanaman Gantung untuk Mempermanis Teras Rumah 

4. Bunga Kastuba (Ponsettia)

Makin Asri, 6 Jenis Tanaman Outdoor yang Mempercantik Teras Rumahbritannica.com

Selain mudah ditemui, tanaman Kastuba punya varian harga yang beragam mulai dari Rp30 ribu. Varietas tanaman ini berasal dari Meksiko dan banyak dibudayakan di daerah Bandung. 

Memiliki daun berwarna merah, bunga Kastuba dapat tumbuh dengan ketinggian 2,5 meter. Namun sayangnya, tumbuhan ini hanya bisa tumbuh pada ketinggian minimal 400 dpl.

Karena itu, tanaman Katsuba cocok untuk hunian dengan lokasi di dataran tinggi. Penempatan dan perawatan yang baik akan memengaruhi kesuburan bunga Kastuba. 

5. Bunga Magnolia

Makin Asri, 6 Jenis Tanaman Outdoor yang Mempercantik Teras Rumahgardeningknowhow.com/ Photo by David Stanley

Berasal dari Amerika Utara, bunga Magnolia merupakan tanaman yang berbunga di musim semi. Bunga ini tergolong dalam famili Magnoliacear dan memiliki sekitar 304 spesies yang berbeda. Selain digunakan sebagai pengobatan tradisional Tiongkok, bunga ini dipercaya mampu meningkatkan kesehatan paru-paru serta mengurangi kecemasan. 

Ukuran pohon bervariasi, dimulai dari 4-24 meter dengan lebar bunga dapat mencapai 14 inci. Selain merupakan simbol dari lambang Yin, beberapa bunga Magnolia seperti Magnolia Siebeld yang merupakan bunga nasional Korea Utara punya harum yang khas. 

Jenis Magnolia lainnya cocok ditaruh di taman teras seperti Magnolia liliflora 'Nigra' dan Magnolia Stellate. Sementara Magnolia Grandiflora adalah jenis yang punya wangi paling harum saat mekar. 

6. Bunga Tabebuya

Makin Asri, 6 Jenis Tanaman Outdoor yang Mempercantik Teras Rumahgardeningknowhow.com/ Photo by Tatters

Berasal dari Brazil, Tabebuya cocok ditanam di daerah beriklim tropis termasuk di Indonesia. Bunga ini memiliki berbagai macam varian.

Salah satu yang kerap dijumpai di Indonesia adalah Tabebuya berwarna kuning dan pink. Panjangnya 3-11 cm dan membentuk terompet bergerombol. 

Tanaman yang juga tumbuh subur di daerah subtropis ini, pun memiliki warna bunga lain seperti putih, magenta, merah, dan plum. Pada musim bunga, tanaman Tabebuya mampu menghasilkan banyak bunga dengan musim mekar yang panjang. 

Itu tadi beberapa jenis tanaman yang dapat kamu jadikan alternatif untuk menghias taman di teras. Semoga cukup jadi referensi untukmu, ya!

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Memilih Tanaman Hias untuk Taman Outdoor

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya