Comscore Tracker

Meneduhkan Mata, 5 Pohon Palem Hias yang Cocok untuk Interior Rumah

Bikin suasana dalam rumah jadi lebih sejuk

Salah satu spesies tanaman yang bisa tumbuh subur di tanah Indonesia adalah pohon palem. Pohon ini sangat cocok ditanam di iklim tropis. Gak cuma bisa ditanam di luar, ada beberapa jenis pohon palem yang bisa dijadikan tanaman hias untuk di dalam ruangan.

Di artikel ini, IDN Times akan mencoba mengulas 5 jenis pohon palem hias yang cocok untuk interior rumah. Yuk, bikin suasana rumahmu makin sejuk dengan menanam tanaman!

1. Palem Palas Payung

Meneduhkan Mata, 5 Pohon Palem Hias yang Cocok untuk Interior Rumahplantvine.com

Memiliki nama latin Licuala grandis, Palem Palas Payung berbentuk helai daun bundar dengan garis tengah sekitar 60 cm. Juga disebut sebagai Palem Kol, tanaman ini berasal dari Papua Nugini dan New Britain serta mampu tumbuh baik di ketinggian 500 mdpl. 

Daun Palem Palas Payung umumnya membentuk ombak mengikuti arah tulang daun dengan tekstur kaku. Ujung daunnya bergerigi, namun cukup kuat. Tangkai yang panjang dan daun yang lebat, membuat Palem Palas Payung cocok kamu taruh di sudut ruangan. 

2. Palem Kuning

Meneduhkan Mata, 5 Pohon Palem Hias yang Cocok untuk Interior Rumahcrocus.co.uk

Merupakan salah satu palem yang paling populer untuk hiasan dalam ruang, Palem Kuning tumbuh dengan daun yang membentuk sirip terpisah. Tampilannya menawan dengan daun berwarna hijau kekuningan dan pelepah berwarna kuning cerah.

Pohon Palem Kuning bisa tumbuh hingga 3 meter. Pohon ini akan terlihat terang jika mendapat sinar matahari yang cukup. Berasal dari Madagaskar, Palem Kuning juga menjadi tanaman indoor paling favorit di Indonesia.

3. Palem Ekor Ikan

Meneduhkan Mata, 5 Pohon Palem Hias yang Cocok untuk Interior Rumahbloomboxclub.com

Caryota mitis atau Palem Ekor Ikan, memiliki bentuk seperti namanya yang menyerupai ekor ikan. Palem jenis ini banyak ditemui di dataran Asia Selatan dan Asia Timur, termasuk di Semenanjung Malaya, Sulawesi Utara, hingga Pulau Jawa. 

Sirip Palem Ekor Ikan dapat mencapai panjang sekitar 30-40 cm dengan daun yang tidak rata dan bergerigi. Tanaman yang merupakan spesies tropis ini, tumbuh subur dengan cahaya yang cukup. 

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Begonia yang Lagi Tenar, Warnanya Gak Nguatin!

4. Palem Kipas

Meneduhkan Mata, 5 Pohon Palem Hias yang Cocok untuk Interior Rumahamazon.com

Pohon Palem Kipas berbatang pendek dan dapat ditanam di taman maupun pot. Tanaman dengan nama latin Livistona chinensis ini, berdaun seperti kipas. Palem Kipas berasal dari dataran sub tropis Asia Timur seperti Jepang, Taiwan China dan Hainan, serta Kepulauan Ryukyu. 

Palem Kipas yang paling populer adalah varietas Sadeng dan Waregu. Pada habitat asli, Livistona chinensis dapat tumbuh hingga ketinggian 10-15 meter dengan diameter 20-30 cm. Uniknya, Palem Kipas mampu tumbuh di dataran tinggi atau rendah, tanah subur maupun gersang, dan di daerah tropis maupun sub tropis. 

5. Palem Bambu

Meneduhkan Mata, 5 Pohon Palem Hias yang Cocok untuk Interior Rumahcarousell.sg

Chamaedorea seifrizii atau yang sering disebut sebagai Palem Bambu, termasuk jenis palem favorit untuk dekorasi dalam ruangan. Tak hanya sebagai tanaman hias rumah, namun Palem Bambu juga sering ditemui di taman dan perkantoran. 

Palem Bambu dapat tumbuh hingga ketinggian 4 meter. Palem jenis ini kuat ditaruh di area yang terkena langsung sinar matahari, sehingga bisa dipakai sebagai tanaman hias outdoor. Jika kamu ingin memberi unsur tropis di rumah, palem ini adalah jawabannya. 

Itu tadi beberapa jenis palem yang bisa jadi koleksi tanaman hias untuk rumahmu. Kamu mau mencoba yang mana?

Baca Juga: Lidah Mertua dan 5 Tanaman yang Bikin Ruang Tamu Makin Segar

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya