Comscore Tracker

Dekorasi Indoor Makin Cantik, 5 Jenis Karet Kebo yang Paling Diminati

#IDNTimesLife Kamu punya juga gak di rumah?

Salah satu tanaman dalam ruangan yang cukup populer adalah Ficus elastica atau yang lebih banyak dikenal sebagai karet kebo. Tanaman yang juga disebut sebagai karet merah ini punya warna daun dan corak yang eksotis.

Ada beberapa varietas karet kebo yang paling sering diburu pencinta tanaman. Pas banget buat dekorasi indoor, inilah 5 jenis karet kebo yang banyak diminati. Kamu punya gak di rumah?

1. Ficus elastica 'Burgundy'

Dekorasi Indoor Makin Cantik, 5 Jenis Karet Kebo yang Paling Diminatithegrowcentre.com.au

Burgundy adalah salah satu yang paling khas. Jenis ini memiliki permukaan warnanya yang cenderung glossy. Tanaman ini sangat populer untuk dekorasi tanaman hias yang biasanya diletakkan di sudut ruangan. 

Karet merah jenis burgundy memiliki daun berwarna hijau gelap yang tampak atraktif. Jenis burgundy juga terkenal dengan nama lain rubber fig, rubber bush, dan indian rubber tree karena berasal dari India bagian barat dan Sri Lanka.

2. Ficus elastica 'Robusta'

Dekorasi Indoor Makin Cantik, 5 Jenis Karet Kebo yang Paling Diminatihappyhouseplants.co.uk

Jenis robusta terlihat lebih klasik dengan warna daun hijau emerald dan kilaunya ketika terkena cahaya. Ketika ingin merawat karet merah robusta dalam ruangan, usahakan kamu menghindari untuk menempatkannya pada area jendela atau pintu agar tak terkena cahaya langsung.

Kamu bisa menyiram robusta hanya ketika tanahnya kelihatan kering. Jika di rumah ada hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, sebaiknya tempatkan di area yang aman karena jenis karet merah robusta mengandung racun untuk hewan. 

3. Ficus microcarpa

Dekorasi Indoor Makin Cantik, 5 Jenis Karet Kebo yang Paling Diminatirhsplants.co.uk

Jadi bagian dari keluarga mulberry, Ficus microcarpa merupakan jenis karet merah bonsai dengan akar menawan yang menancap kuat pada pot. Di atasnya terdapat gerombolan daun dengan ukuran lebih kecil dari karet merah biasa, namun tetap berwarna glossy, halus, dan hijau berbentuk oval. 

Dengan ukurannya yang mungil, bonsai karet merah ini bisa kamu tempatkan di meja ruang tamu untuk dekorasi dalam ruang. Ficus microcarpa membutuhkan suhu yang lembap agar daunnya tumbuh sempurna.

Baca Juga: 5 Calathea dengan Daun Bermotif Eksotis Ini Segarkan Matamu

4. Ficus elastica 'Tineke'

Dekorasi Indoor Makin Cantik, 5 Jenis Karet Kebo yang Paling Diminatipiep.co

Memiliki warna daun dengan corak krem dan hijau, membuat karet kebo jenis tineke terlihat eksotis untuk dekorasi dalam ruang. Jenis tineke membutuhkan tambahan pupuk kompos untuk tumbuh dengan sempurna. 

Agar warna daun tetap glossy, kamu bisa membersihkan dengan spons atau kain basah. Meski terlihat menawan dengan corak daunnya, sayangnya, tineke gak cukup kuat bertahan dalam temperatur suhu udara yang terlalu dingin. 

5. Ficus elastica 'Ruby'

Dekorasi Indoor Makin Cantik, 5 Jenis Karet Kebo yang Paling Diminatifaucherbotanix.com

Ficus elastica jenis ruby juga kerap disebut sebagai rubber tree. Berasal dari daerah tropis India dan Malaysia, ruby memiliki corak warna memesona dengan campuran tiga warna.

Corak warna pink pada daun, akan semakin terang apabila mendapatkan cahaya cukup. Sehingga, kamu dapat tempatkan ruby di ruang tamu atau ruang keluarga dengan area sinar matahari gak langsung.

Itu tadi beberapa jenis karet kebo yang bisa jadi pilihan untuk koleksi tanaman di rumah. Ciri daunnya yang berkilau dengan corak warna yang eksotis, membuatnya makin diburu, khususnya di tahun 2020. 

Baca Juga: 5 Tanaman Ini Bisa Bantu Kamu Atasi Insomnia, Bikin Nyenyak! 

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya