Comscore Tracker

Bunganya Cantik nan Eksotis, 5 Jenis Bonsai Paling Langka dan Mahal

#IDNTimesLife Makin banyak yang merawat tanaman hias ini

Bonsai punya tempat tersendiri bagi para pencinta tanaman hias. Tanaman yang berasal dari dataran Tiongkok pada abad ke-6 ini justru lebih populer di Jepang. Bentuknya yang mungil dan tidak banyak memakan tempat membuat orang kesengsem untuk merawatnya.

Saking eksotisnya, tak jarang bonsai dibanderol dengan harga yang fantastis. Inilah jenis-jenis bonsai yang dikenal paling mangka dan paling mahal. Kamu tertarik buat merawatnya juga gak?

1. Bonsai Goshin

Bunganya Cantik nan Eksotis, 5 Jenis Bonsai Paling Langka dan Mahalhuntington.org

Salah satu bonsai dari John Y. Naka yang paling populer adalah Bonsai Ghosin. Ghosin bahkan punya predikat sebagai 'Sang Pelindung Jiwa' dengan batang yang menjulang ke atas, menembus rimbunnya daun. 

Setiap cabang dari bonsai yang terkenal di Amerika Utara ini, mempresentasikan harapan pada masa depan. Terakhir, Ghosin didonasikan di National Bonsai Foundation pada tahun 1984 untuk diletakkan di National Bonsai and Penjing Museum, Wahington, D.C. 

2. Bonsai Shunkaen

Bunganya Cantik nan Eksotis, 5 Jenis Bonsai Paling Langka dan MahalYoutube.com/channel/Bonsai Empire

Kunio Kobayashi adalah orang yang memprakarsai perawatan Bonsai Shunkaen. Nama Shunkaen merupakan nama yang diambil dari kota yang tak jauh dari kota Tokyo. Konon, bonsai ini ada yang berusia hingga 800 tahun lho! Ini kenapa ia tergolong paling mahal di dunia. 

Semakin tua usia bonsai, maka perawatannya semakin susah dan harganya pun kian melangit. Dengan ketelatenan Kobayashi, ia bahkan memenangkan kejuaraan bonsai hingga empat kali berturut-turut dengan bonsai Shunkaen. 

3. Bonsai Azalea

Bunganya Cantik nan Eksotis, 5 Jenis Bonsai Paling Langka dan Mahalbonsaitreegardener.net

Bonsai yang paling langka berikutnya adalah jenis Azalea. Seperti namanya, Azalea memiliki bunga dengan warna putih keunguan. Bonsai dengan nama lain Rhododendron indicum ini dapat tumbuh optimal di area dengan cahaya penuh. 

Sayangnya, bonsai ini butuh penyesuaian lebih ekstra saat perawatan. Jika ingin memeliharanya, kamu harus memperhatikan betul setiap detail seperti pH balance. Azalea juga butuh dipindahkan ke tempat yang lebih hangat saat musim hujan atau dingin.

Baca Juga: Lagi Hits, Tanaman Hias Angela Gilsha, dari Monstera sampai Aglonema

4. Bonsai Sylvestris Pinus

Bunganya Cantik nan Eksotis, 5 Jenis Bonsai Paling Langka dan Mahalbonsaiempire.com

Daya pikat Sylvestris Pinus terletak pada daun berukuran panjang sekitar 2-5 cm yang bergerombol. Sylvestris Pinus konon sungguh merepresentasikan miniatur pohon yang sudah berumur dan lapuk, lho!

Hampir sama dengan bonsai jenis Shunkaen, Sylvestris Pinus berusia kurang lebih 800 tahun. Meskipun batangnya mengerdil, namun tekstur luar bonsai jenis ini seperti pohon yang tumbuh sesuai habitat asli.  

5. Bonsai Sang Shohin

Bunganya Cantik nan Eksotis, 5 Jenis Bonsai Paling Langka dan Mahalcarousell.sg

Bonsai paling langka selanjutnya adalah bonsai Sang Shohin karya Morten Albek. Pemberian nama Sang Shohin konon menyesuaikan dengan keanggunan bonsai yang sudah berusia sekitar 20 tahunan ini. 

Sang Shohin berukuran 9,5 cm dan bunganya akan mekar di musim panas. Bentuk daunnya kecil berwarna hijau dengan batang kehitaman. Saat musim dingin tiba, warna bunga menjadi merah bergaris yang menjadi daya pikat sendiri. 

Itu tadi beberapa jenis bonsai yang paling langka. Dengan perawatan yang ekstra, wajar saja jika beberapa jenis bonsai tersebut termasuk jajaran bonsai dengan harga paling mahal. 

Baca Juga: Aneka Koleksi Tanaman Hias ala Titi Kamal, Ada Aglonema Juga lho!

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya