Comscore Tracker

Bikin Lukisan dari Cangkang Telur, Ervan Raup Cuan Jutaan Rupiah

Dari yang semula dianggap sampah jadi benda bernilai tinggi

Madiun, IDN Times - Ervan Dwi Susilo memang kreatif. Kalau biasanya orang menganggap cangkang telur sebagai sampah, tidak demikian bagi pria asal Desa Tulungrejo, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun ini. Cangkang telur yang merupakan limbah justru disulap jadi lukisan yang bernilai tinggi.

Berkat tangan kreatifnya, Ervan pun mendapatkan cuan hingga jutaan rupiah. Hasil kerajinan pemuda berusia 24 tahun itu sudah menembus pasar Jakarta, Surabaya, Nusa Tenggara Barat, dan Sumatera.

1. Satu lukisan wajah membutuhkan waktu 14 hingga 30 hari

Bikin Lukisan dari Cangkang Telur, Ervan Raup Cuan Jutaan RupiahLukisan BJ Habibie berbahan cangkang telur. Dok. Istimewa

Pemuda berambut sebahu itu mengatakan bahwa pengenalan produk dilakukan melalui media sosial miliknya. Peminat lukisan cangkang telur pun tertarik dan kemudian memesan. "Kebanyakan minta dibuatkan lukisan wajah," kata Ervan, Minggu (13/12/2020).

Untuk membuat satu lukisan, lulusan SMK ini membutuhkan waktu antara 14 hari hingga 30 hari. Durasi ini tergantung dari besar maupun kecilnya ukuran dan tingkat kerumitannya. Berkat ketelatenannya, Ervan mendapatkan upah antara Rp400 ribu hingga Rp2 juta dari satu hasil karyanya.

2. Omzet mencapai Rp5 juta per bulan

Bikin Lukisan dari Cangkang Telur, Ervan Raup Cuan Jutaan RupiahPot bunga yang dihiasi cangkang telur. Dok. IDN Times/Ist

Uang yang didapat dari melukis wajah merupakan bagian dari pendapatannya per bulan dari seni kerajinan yang ditekuni sejak 2015. Sebab, ia juga membuat kaligrafi, gambar tokoh nasional, hiasan pot bunga yang sama-sama menggunakan cangkang telur.

Dari sejumlah hasil kreasinya, Ervan mampu memperoleh omzet sekitar Rp5 juta per bulan. Nominal yang lumayan tinggi, apalagi nyaris tidak mengeluarkan modal dan hanya membutuhkan ketelatenan maupun kesabaran.

Baca Juga: Lukisan Tetek Melek dan Gundul Plecek Diminati saat Pandemi Corona

3. Tidak membutuhkan banyak modal

Bikin Lukisan dari Cangkang Telur, Ervan Raup Cuan Jutaan RupiahCangkang telur. Dok. IDN Times/Istimewa

Ervan menuturkan, bahan yang dibutuhkan untuk setiap karya adalah cangkang telur. Selama ini, ia hanya meminta kepada para tetangga terutama produsen kue maupun martabak.

Adapun modal yang dikeluarkan hanya untuk membeli triplek sebagai latar lukisan. Selain itu, lem kayu untuk melekatkan cangkang telur ke papan dan cat sebagai background lukisan.

4. Bermula saat kulit telur menempel pada lengan

Bikin Lukisan dari Cangkang Telur, Ervan Raup Cuan Jutaan RupiahLukisan berbahan cangkang telur. Dok.IDN Times/Istimewa

Meski berbahan sederhana, namun karya Ervan tetap memiliki nilai seni dan ekonomis tinggi. Manfaat yang dirasakan sekarang tidak serta merta diraihnya. Apalagi, ia tidak mengenyam pendidikan khusus tentang seni lukis maupun hastakarya.

"Awal mencoba sering gagal. Apalagi melukis wajah. Tapi lama kelamaan bisa dan hasilnya lumayan bagus," ungkap dia sembari menyatakan ketertarikannya pada lukisan ini karena ketidaksengajaan.

"Waktu itu, bapak pulang kenduri dan bawa nasi berkat. Setelah saya makan, ada kulit telur menempel di lengan dan kelihatan lucu. Lalu, saya tempel-tempelkan lagi," kenang Ervan. 

Baca Juga: Pemkab Madiun Putuskan Gelar Sekolah Tatap Muka Bulan Depan

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Nofika Dian Nugroho di IDN Times Community dengan judul Pemuda Asal Madiun Kreasikan Cangkang Telur Menjadi Lukisan

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya