Comscore Tracker

Masih Pemula? Ini 5 Tanaman Hias yang Bisa Bisa Dirawat dengan Mudah

Ada juga yang gak butuh air setiap hari

Masa pandemik memang menjadi saat yang baik untuk bertanam. Selain sayur dan tanaman produkti lain, kamu juga bisa menghabiskan waktu dengan mencoba merawat tanaman hias. Namun, tak semua tanaman hias bisa dirawat dengan mudah. Berikut adalah 10 tanaman hias buat kamu para pemula.

1. Spider Plant

Masih Pemula? Ini 5 Tanaman Hias yang Bisa Bisa Dirawat dengan Mudahpinterest/American Plant Exchange

Tak cuma sebagai hiasan, spider plant juga bisa berfungsi sebagai pembersih udara alami di dalam ruangan. Tanaman yang sudah dewasa biasanya akan menghasilkan plantlets pada bagian batang.

Plantlets yang merupakan tanaman muda atau cikal bakal selanjutnya dari spider plant ini, bisa dipindahkan ke pot lain untuk spesimen baru. Cukup taruh spider plant di tempat dengan kondisi pencahayaan gak langsung yang sedang atau terang, dan jangan membuat tanaman terlalu basah atau terlalu kering.

2. Golden Pothos Vine

Masih Pemula? Ini 5 Tanaman Hias yang Bisa Bisa Dirawat dengan Mudahpinterest/36vine

Golden pothos merupakan salah satu jenis tanaman gantung paling populer di dunia. Di habitat aslinya, tanaman ini dapat bertumbuh sangat lebat hingga menutupi pohon dengan dedaunan besar berwarna hijau dan kuning.

Golden pothos bisa tumbuh agresif baik itu di dalam pot atau keranjang untuk tanaman merambat. Tanaman ini hanya perlu perawatan minimal. Bahkan, mereka juga bisa bertahan di tempat yang terang atau dengan kondisi minim cahaya. Jangan lupa untuk membiarkan tanah mengering di sela-sela waktu penyiraman.

Baca Juga: 6 Tanaman Hias Paling Cocok untuk Kamar Mandi, Makin Estetis & Asri!

3. Lucky Bamboo

Masih Pemula? Ini 5 Tanaman Hias yang Bisa Bisa Dirawat dengan Mudahpinterest/Eastern Leaf

Tanaman ini sering disebut-sebut sebagai tanaman kantor yang abadi. Pasalnya, ada begitu banyak lucky bamboo yang tetap bisa tumbuh subur walau dirawat dengan cara yang buruk. Contohnya yaitu ketika tanaman disiram secara sporadis, atau diletakkan di tempat dengan pencahayaan dan kualitas udara yang buruk.

Lucky bamboo juga bisa menjadi tanaman hadiah yang manis, lho. Itu karena lucky bamboo dipercaya bisa membawa keberuntungan dan meningkatkan chi atau energi di lingkungan sekitar pemiliknya.

4. Snake Plant

Masih Pemula? Ini 5 Tanaman Hias yang Bisa Bisa Dirawat dengan Mudahpinterest/dollarnomics.com

Snake plant atau tanaman lidah mertua bisa jadi salah satu opsi buat kamu yang ingin mulai memelihara tanaman hias. Tanaman yang tangguh ini menyukai banyak cahaya, tapi mereka pun bisa bertahan di tempat bercahaya minim.

Snake plant juga gak perlu pedoman khusus untuk penyiraman, yang penting secukupnya saja dan jangan sampai terlalu banyak. Gak cuma mencolok dan estetis, snake plant juga bisa membantu membersihkan udara dari polutan berbahaya yang biasanya terdapat di dalam ruangan.

5. Sukulen dan Kaktus

Masih Pemula? Ini 5 Tanaman Hias yang Bisa Bisa Dirawat dengan Mudahpexels.com/pixabay

Secara umum, sukulen merupakan tanaman dengan daun tebal yang berdaging. Beberapa di antaranya ada yang berduri, namun ada pula yang tidak. Sedangkan, kaktus pada umumnya memiliki duri dan struktur daun yang unik seperti tong, bola, atau dayung.

Kesamaan dari sukulen dan kaktus ialah keduanya tumbuh lambat serta bisa bertahan dalam kondisi yang amat buruk. Untuk hasil terbaik, taruhlah sukulen dan kaktus di tempat yang terang, dalam pot dengan drainase yang baik, dan lakukan sedikit penyiraman.

Itulah kelima tanaman terbaik yang cocok banget buat pemula. Perawatannya yang mudah dan gak terlalu merepotkan bisa membuat kamu ketagihan untuk memiliki tanaman hias, deh! Selamat mencoba!

Baca Juga: Ampuh Percantik Rumah, 7 Tanaman Ini Juga Aman buat Kucing dan Anjing

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya