Comscore Tracker

5 Kebiasaan Pagi yang Sebaiknya Kamu Tinggalkan Mulai Sekarang

Kamu melakukannya juga gak?

Setelah bangun pagi biasanya orang melakukan berbagai macam rutinitas. Namun tak banyak yang sadar, ada beberapa kebiasaan pagi yang sebenarnya tak terlalu bermanfaat. Atau kalau tidak, kebiasaan itu sebenarnya baik, tapi banyak yang salah menerapkannya.

Inilah 5 kebisaan pagi yang sebaiknya kamu tinggalkan. Simak ulasannya berikut ini.

1. Mandi air panas saat pagi hari

5 Kebiasaan Pagi yang Sebaiknya Kamu Tinggalkan Mulai SekarangPexels/Andrea Piacquadio

Tak sedikit orang yang mandi pakai air panas saat pagi hari. Biasanya mereka tak kuat dengan udara pagi yang dingin, sehingga memutuskan mandi air panas.

Padahal hal itu salah. Air panas justru membuat kamu ingin tidur lagi.

Menurut laman dailymail.co.uk, mandi air dingin bisa memberi manfaat seperti menstimulasi aktivitas kerja otak dan membuat sistem imun kamu bekerja lebih keras. Gak seperti air panas, kulitmu pun gak akan kering kalau mandi pakai air dingin.

2. Terlalu lama main HP setelah bagun pagi

5 Kebiasaan Pagi yang Sebaiknya Kamu Tinggalkan Mulai SekarangPexels/Retha Ferguson

Di masa sekarang, ada banyak orang yang terlalu terpaku pada HP mereka tanpa kenal waktu, termasuk ketika bangun tidur di pagi hari. Entah itu untuk mengecek pesan masuk, atau sekadar scrolling laman media sosial. Tanpa disadari, kita bisa menghabiskan waktu berjam-jam oleh karena kita terlalu sibuk berkutat di depan layar handphone.

Daripada membuang-buang waktu tanpa manfaat seperti itu, lebih baik kamu pergunakan waktumu untuk melakukan hal produktif. Misalnya, menyalakan musik favoritmu sambil melakukan morning work-out atau memasak sarapan yang menyehatkan.

3. Setelah sarapan langsung gosok gigi

5 Kebiasaan Pagi yang Sebaiknya Kamu Tinggalkan Mulai Sekarangunsplash/@annetran

Melansir dari laman abc.net.au, Dr. Peter Alldritt, ketua komite kesehatan mulut Asosiasi Gigi Australia, mengatakan bahwa kebiasaan langsung menggosok gigi sehabis makan bisa merusak gigi. Terutama jika makanan yang baru saja dikonsumsi bersifat asam seperti minuman manis, anggur, serta buah dan jus citrus.

Untuk mencegah hal itu terjadi, lebih baik berkumurlah terlebih dahulu dengan air putih untuk mengurangi tingkat keasaman pada gigi. Lalu tunggulah sekitar 30 menit setelah sarapan untuk menggosok gigimu.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Orang Sehat Sebelum Jam 10 Pagi, Kaum Rebahan Minggir Ya

4. Kopi hitam sebagai menu sarapan setelah bangun tidur

5 Kebiasaan Pagi yang Sebaiknya Kamu Tinggalkan Mulai SekarangPexels/Arshad Sutar

Minum kopi hitam tepat setelah kamu bangun tidur di pagi hari bisa meningkatkan kadar kortisol dalam tubuhmu hingga menyebabkan kecemasan. Selain itu, kalau kamu mengonsumsi kopi hitam saat perutmu kosong, kamu pun berisiko terkena gastritis.

Melansir dari laman cnbc.com, penelitian menunjukkan bahwa waktu terbaik untuk minum kopi hitam adalah tiga atau empat jam setelah bangun tidur. Tapi kalau memang kamu gak tahan untuk minum kopi di pagi hari, siasati dengan menambahkan susu atau krim ke dalamnya untuk mengurangi efek keras kopi terhadap perut.

5. Merapikan tempat tidurmu segera setelah kamu bangun di pagi hari

5 Kebiasaan Pagi yang Sebaiknya Kamu Tinggalkan Mulai SekarangPixabay.com/pexels

Merapikan tempat tidur persis setelah kamu bangun tidur rupanya termasuk salah satu kebiasaan yang perlu dihentikan, lho. Melansir dari laman news.bbc.co.uk, ternyata merapikan tempat tidur segera setelah bangun tidur bisa menciptakan lingkungan yang baik untuk tungau hidup dan berkembang biak.

Hal ini disebabkan oleh kelembapan yang tersisa di seprai tempat tidur tidak mendapatkan kesempatan untuk menguap dan kering. Untuk mengurangi pertumbuhan tungau di tempat tidur, beberapa ilmuwan merekomendasikan untuk memindahkan selimut dari tempat tidur setelah bangun, kemudian biarkan seprai mengering dengan sendirinya. Baru setelah itu kamu bisa merapikan tempat tidurmu.

Demikianlah lima kebiasaan paling umum di pagi hari yang perlu kamu hentikan. Mencoba menghentikan semua kebiasaan di atas sekaligus pastilah terasa sulit. Oleh karena itu, kamu bisa memulai perlahan dari hal yang menurutmu paling mudah untuk dilakukan. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: 7 Kebiasaan Sehat yang Harus Dilakukan Setiap Pagi, Rasakan Manfaatnya

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya