Comscore Tracker

Jangan Dimarahi, Ini 5 Cara agar Anak Mau Membereskan Mainannya

Membereskan mainan bisa jadi aktivitas mengasyikkan loh

Mainan dan anak-anak adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Sering kali anak-anak begitu asyik dengan mainannya hingga lupa waktu. Namun ada hal yang kadang bikin orangtua kesal, yakni kalau anak tidak mau membereskan mainannya.

Sebagai orangtua, tentu tidak boleh langsung marah jika anak enggan mengembalikan mainan ke tempat asalnya. Meskipun keadaan rumah jadi berantakan, orangtua harus tetap berpikir tenang agar anak mau diajak beres-beres mainan.

Nah, berikut ada tips agar anak mau membereskan mainannya. Sabar ya, jangan dimarahi!

1. Beri pengertian bahwa merapikan mainan itu penting

Jangan Dimarahi, Ini 5 Cara agar Anak Mau Membereskan Mainannyaunsplash/Jerry Wang

Sebelum kamu mengajarkan anak untuk merapikan mainan, coba tanamkan terlebih dahulu betapa pentingnya kegiatan tersebut. Berikanlah kata-kata yang bisa memotivasi dirinya untuk mau melakukan beres-beres. Contohnya, katakanlah pada dia bahwa orang lain bisa saja terpeleset atau terluka jika mainannya dibiarkan berantakan.

2. Ajaklah anak untuk membereskan mainan pada sore hari atau ketika dia sudah tidak mau bermain lagi

Jangan Dimarahi, Ini 5 Cara agar Anak Mau Membereskan MainannyaPixabay/thedanw

Anak-anak biasanya merasa bosan bila harus merapikan mainannya setiap kali selesai bermain. Maka dari itu, cobalah untuk mengajak anak membereskan mainannya pada sore hari atau ketika ia benar-benar sudah tidak ingin bermain lagi. Jadikan ini sebagai rutinitas setiap harinya sehingga saat sudah cukup dewasa dia akan memiliki kesadaran untuk merapikan mainannya sendiri.

3. Jadikan beres-beres mainan sebagai aktivitas yang menyenangkan

Jangan Dimarahi, Ini 5 Cara agar Anak Mau Membereskan Mainannyaunsplash/@ashtonbingham

Untuk membuat anak tertarik membereskan mainannya kamu bisa membuat kegiatan tersebut menjadi lebih menyenangkan. Misalnya, jika si kecil menyukai musik dan bernyanyi, coba ajak ia merapikan mainan sambil menyetel lagu kesukaannya. Selain itu, kamu juga bisa membuat kegiatan ini menjadi sebuah permainan adu cepat agar sang anak lebih semangat.

Baca Juga: 5 Resep Bekal Sekolah yang Enak dan Unik, Anak-anak Jadi Makin Ceria

4. Sediakan tempat untuk menyimpan mainan yang belum selesai

Jangan Dimarahi, Ini 5 Cara agar Anak Mau Membereskan MainannyaUnsplash/Kelly Sikkema

Saat merapikan mainan bersama anak, pastikan jika kamu memiliki tempat penyimpanan untuk setiap mainan yang ia miliki. Dengan begitu, ketika ia membuat sesuatu yang rumit dari mainannya dan belum selesai, kamu bisa mengatakan untuk menyelesaikannya esok hari dan merapikannya tanpa harus merusak kreativitasnya.

5. Ajak anak merapikan mainan sedikit demi sedikit

Jangan Dimarahi, Ini 5 Cara agar Anak Mau Membereskan MainannyaPexels.com/Pixabay

Melansir dari laman Growing Health Minds, anak-anak lebih mudah teralihkan perhatiannya bila harus mengerjakan tugas yang besar. Untuk itu, kamu perlu membagi tugas besar yang ada menjadi tugas yang lebih kecil. Misalnya, kamu bisa merapikan mainan satu demi satu daripada harus merapikan langsung semuanya.

Melatih kebiasaan anak untuk mau merapikan mainan memang tidak mudah. Orangtua harus sabar dan perlu melakukan beberapa tips seperti yang ada di atas untuk mengajarkannya.

Baca Juga: 5 Resep Es Krim dari Sayuran, Anak-anak Pasti Suka Nih!

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya