Comscore Tracker

Lebih Estetik, 5 Tips Menata Perabot supaya Dapur Terlihat Rapi

Yuk, tata lagi dapurmu biar enak dipandang

Banyak orang yang masih mengabaikan estetika dapur. Alhasil, peralatan di dapur jadi berantakan dan tidak enak dipandang. Padahal, dapur merupakan salah satu ruangan yang sering dipakai di dalam rumah. 

Nah, berikut adalah tips untuk mengubah tampilan dapur jadi lebih rapi. Dapur yang estetik juga bisa meningkatkan kenyamanan hunianmu. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Tata peralatan dapur sesuai intensitas pemakaiannya

Lebih Estetik, 5 Tips Menata Perabot supaya Dapur Terlihat Rapigoodhousekeeping.com

Supaya peralatan dapur yang sering kamu gunakan mudah diambil, atur peralatan itu pada tempat yang mudah dijangkau. Kamu bisa menatanya di rak atau lemari tempel pada bagian paling bawah untuk peralatan yang tidak sering dipakai. Sebaliknya, tempatkan di bagian atas untuk peralatan yang sering kamu pakai. 

Misalnya, kamu tempatkan cangkir atau piring di bagian atas rak. Kemudian untuk cobek atau blender diletakkan di bagian bawah. Selain mempermudah untuk mengambil, kitchen set dengan lemari tempel bawah cukup membantu merapikan peralatan dapur kamu. 

2. Shelf organizer berbentuk sliding akan memudahkan untuk mengakses peralatan dapur

Lebih Estetik, 5 Tips Menata Perabot supaya Dapur Terlihat Rapidiynetwork.com

Untuk bumbu-bumbu dapur bisa kamu rapikan dengan nama dalam jar, kontainer, atau stoples. Setelah dinamai, taruh pada rak dengan desain sliding agar kamu lebih mudah mengambilnya. 

Apabila dapur kamu tidak terlalu luas, cara ini akan sangat membantu karena tak memakan banyak tempat. Ambil beberapa tatakan kayu dan tempatkan pada alas rak untuk membuatnya lebih tinggi.

Stoples pun tidak berserakan di meja dapur. Kamu pun bisa lebih mudah mengambil atau menaruhnya kembali. 

3. Tempatkan makanan sesuai dengan jenisnya

Lebih Estetik, 5 Tips Menata Perabot supaya Dapur Terlihat Rapidiynetwork.com/ Photo by Tono Hammersley

Selain menempatkan peralatan sesuai dengan tingkat penggunaannya, kamu bisa menaruh makanan pada kontainer sesuai dengan jenisnya. Menyiapkan hal seperti ini akan lebih efisien, terlebih jika ada anak kecil di rumah. Kamu bisa mengatur snack mana saja yang boleh dan tidak boleh diambil dengan kontainer.

Gunakan kontainer yang menyerupai basket atau keranjang untuk membedakan. Tandai mana saja yang tergolong kategori saus, minyak, tepung, dan bahan makanan lain. Rak di perpustakaan atau penataan snack di supermarket bisa jadi inspirasi untukmu. 

Baca Juga: 9 Trik Menggantung Peralatan Masak ala Pinterest, Dapur Auto Estetis!

4. Gantunglah alat-alat seperti pisau, saringan, mangkuk, atau parutan di dinding

Lebih Estetik, 5 Tips Menata Perabot supaya Dapur Terlihat Rapijournaltimes.com

Untuk alat-alat yang memiliki gagang atau pengail, kamu dapat menempatkannya di dinding dengan bantuan pipa stainless steel. Meski harus memasang sendiri, namun cara ini cukup bermanfaat jika kamu tidak memiliki ruang dapur yang cukup.

Kamu bisa memanfaatkan dinding kosong untuk peralatan seperti pisau, talenan, parutan, mangkuk, saringan, atau panci. Penempatan di dinding secara tergantung, akan membuat peralatan lebih mudah diakses karena terlihat jelas. 

5. Pilih tone warna netral seperti putih dengan tambahan tanaman untuk mempermanis

Lebih Estetik, 5 Tips Menata Perabot supaya Dapur Terlihat Rapidrivenbydecor.com

Setelah mengetahui bagaimana mengorganisasikan peralatan dapur, kurang lengkap rasanya kalau tidak menerapkan cat dinding berwarna netral seperti putih atau krem agar dapur terlihat bersih. Pemilihan warna ini cukup menentukan bagaimana look dapur kamu.

Jika kamu ingin sesuatu yang elegan dan catchy, sesuaikan kitchen kabinet dengan warna yang senada. Tambahan seperti tanaman pada dapur dengan pencahayaan cukup, akan membantu memperindah ruang dapur kamu. 

Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mengatur peralatan hingga memperindah ruang dapur. Semoga bisa menginspirasimu, ya!

Baca Juga: 6 Tips Merawat Alat Dapur Biar Bersih dan Awet, Jangan Dianggap Remeh!

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya