Comscore Tracker

Dirawat di Griya Lansia, Trimah : Saya Kerasan di Sini

Akui tak ingin pulang ke rumah anaknya

Malang, IDN Times - Trimah (66) tampak bahagia setelah sepekan tinggal di Griya Lansia Khusnul Khatimah, Wajak, Kabupaten Malang. Kini dirinya terlihat mulai berbaur dengan lansia lain yang juga berada ditempat tersebut. Kisahnya sempat viral di media sosial lantaran diduga tak diurusi oleh anak-anaknya dan malah dititipan ke Griya Lansia. 

1. Akui kerasan tinggal di Griya Lansia

Dirawat di Griya Lansia, Trimah : Saya Kerasan di SiniGriya Lansia Khusnul Khatimah di Wajak, Kabupaten Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Saat ditemudi di Griya Lansia, Trimah mengaku kerasan tinggal di tempat tersebut. Sebab, menurutnya selain mendapat perlakuan yang hangat dari para pendamping, ia kini tak lagi merasa sendiri. Dia juga bertemu dengan lansia lain yang bernasib sama dengan dirinya. Terlebih kini dirinya ada teman serta pendamping yang merawat serta memenuhi kebutuhannya setiap hari. "Saya kerasan di sini. Banyak teman dan pegawainya juga baik-baik. Lebih tepatnya ada yang merawat setiap harinya," katanya Senin (1/11/2021). 

Baca Juga: Kisahnya Viral, Trimah Dapat Emas dan Uang dari Crazy Rich Malang

2. Sempat tinggal bersama anaknya

Dirawat di Griya Lansia, Trimah : Saya Kerasan di SiniTrimah saat bercerita mengenai anak-anaknya di Griya Lansia. IDN Times/Alfi Ramadana

Trimah memang nenek yang sejak setahun terakhir mengalami stroke. Hal itu membuat dirinya kini tak bisa berjalan dan untuk beraktifitas, ia harus menggunakan kursi roda. Sebelum menempati Griya Lansia, ia mengakui sempat tinggal di Jakarta bersama anak keduanya. Hanya saja ia tidak tinggal serumah dengan sang anak. Kemudian setelah satu tahun, oleh anaknya Trimah dipindahkan ke Magelang dan dititipkan pada saudaranya.

"Kemudian sama anak-anak dibawa ke sini. Awalnya tidak diberi tahu dibawa ke mana," tambahnya.  

3. Tak mau pulang

Dirawat di Griya Lansia, Trimah : Saya Kerasan di SiniNenek Trimah viral di media sosial/instagram @sayaphati

Sudah sepekan ini  lansia asal Desa Tegalaren, Brongsongan, Magelang itu tiba di Griya Lansia. Ia mengaku sudah tak ingin pulang. Trimah sudah merasa nyaman tinggal di tempat tersebut. Hanya saja sesekali dirinya juga masih menyimpan rindu ingin berjumpa dengan cucu-cucunya. Tetapi karena kondisi jauh, ia hanya bisa berharap bahwa ketiga anaknya bisa datang menjenguknya.

"Kalau pulang saya tidak mau. Saya kerasan di sini karena ada yang merawat. Harapan saat ini cuma ingin anak-anak sadar bahwa mereka masih punya orang tua," sambung nenek 8 cucu ini. 

4. Beberapa penghuni juga diserahkan ke Griya Lansia oleh keluarganya

Dirawat di Griya Lansia, Trimah : Saya Kerasan di SiniPetugas saat memeriksa salah satu penghuni yang mengalami stroke dan diserahkan oleh keluarganya untuk dirawat. IDN Times/Alfi Ramadana

Selain Trimah, ada satu penghuni lain yakni bernama Martiin asal Sidoarjo yang juga diserahkan oleh keluarganya. Nurhadi Rahmat, penanggung jawab Griya Lansia menyebut bahwa Martiin sudah tiga bulan ini mereka rawat. Kondisi yang bersangkutan juga mengalami stroke. Sehari-hari, Martiin tak bisa beraktivitas normal dan hanya berada di tempat tidur saja. "Kalau pak Martiin ini anaknya dua dan memang tidak bisa merawat karena tidak mampu. Kondisinya saat ini mengalami stroke dan kelumpuhan," katanya. 

5. Ada yang sampai meninggal

Dirawat di Griya Lansia, Trimah : Saya Kerasan di SiniPetugas saat memeriksa salah satu penghuni yang mengalami stroke dan diserahkan oleh keluarganya untuk dirawat. IDN Times/Alfi Ramadana

Satu lagi lansia yang sempat dirawat di Griya Lansia adalah Soetiyo. Lansia asal Jombang itu diserahkan keluarganya untuk dirawat di tempat tersebut. Pengelola sempat memberikan perawatan selama beberapa waktu hingga akhirnya sekitar satu pekan lalu yang bersangkutan meninggal dunia. "Kami berusaha saja memberikan perawatan semaksimal mungkin. Kalau untuk yang meninggal kami upayakan menghubungi keluarga dulu, kalau memang keluarga tidak bisa merawat maka kami makamkan sendiri di kawasan Mergan," tandasnya. 

Baca Juga: Melihat Perjuangan Griya Lansia Merawat Lansia

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya