Comscore Tracker

4.446 Orang, UB Jadi yang Terbanyak Terima Maba dari SNMPTN

Tahun ini mereka menargetkan 14.310 Maba

Malang, IDN Times - Universitas Brawijaya menjadi kampus yang paling banyak menerima mahasiswa dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Indonesia. Tercatat, ada 4.446 mahasiswa baru yang diterima dari total 41.759 pendaftar. Jumlah tersebut merupakan terbanyak jika dibandingkan dengan kampus lain yang hanya menerima sekitar 2000 mahasiswa saja. 

1. Jalur SNMPTN isi 30 persen kuota total

4.446 Orang, UB Jadi yang Terbanyak Terima Maba dari SNMPTNUniversitas Brawijaya tetap produkrif selama masa pandemik COVID-19. Dok/Humas UB

Koordinator Akademik Universitas Brawijaya, Hery Prawoto menjelaskan bahwa total mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN itu hanya mengisi 30 persen dari total kuota. Tahun 2021, Universitas Brawijaya menargetkan bisa menerima 14.310 mahasiswa baru dari beberapa proses penerimaan.

"Untuk data belum keluar detailnya seperti apa. Tetapi sesuai target, jalur SNMPTN mengisi 30 persen dari kuota total yang tersedia," urainya Selasa (23/3/2021). 

2. Segera buka daftar ulang untuk Maba yang diterima

4.446 Orang, UB Jadi yang Terbanyak Terima Maba dari SNMPTNKampus Universitas Brawijaya bersiap untuk daftar ulang mahasiswa baru dari jalur SNMPTN. IDN Times/Alfi Ramadana

Menurut Hey, mereka yang sudah dinyatakan diterima bisa langsung mempersiapkan diri untuk daftar ulang. Rencananya, UB bakal mulai melakukan daftar tanggal 29 Maret 2021. Sebelum melakukan daftar ulang, mahasiswa baru diminta untuk membuat akun terlebih dahulu pada website admisi.ub.ac.id dengan mengisi biodata. Mahasiswa baru juga diminta mengupload surat keterangan bebas narkoba dan surat keterangan buta warna bagi mahasiswa non kedokteran.

"Untuk mahasiswa kedokteran harus ada tes khusus yang sesuai dengan persyaratan di bidang kesehatan. Lalu juga harus mengunggah nilai rapor," tambahnya. 

Baca Juga: Universitas Brawijaya Keluarkan Kebijakan Larangan ke Luar Negeri

3. Segera lakukan penerimaan dari jalur UTBK dan SBMPTN

4.446 Orang, UB Jadi yang Terbanyak Terima Maba dari SNMPTNInstagram.com/univ.brawijaya

Setelah menyelesaikan penerimaan melalui jalur SNMPTN, kini Universitas Brawijaya juga mulai melakukan persiapan penerimaan melalui jalur UTBK dan SBMPTN. Rencananya, pendaftaran akan mulai dibuka pada 1 April 2021 mendatang. Untuk jalur SBMPTN ini sangat bergantung pada nilai UTBK. 

"Tidak hanya melalui jalur SBMPTN, nilai UTBK juga dipakai untuk jalur Mandiri di banyak kampus negeri. Sementara untuk kuota jalur SBMPNTN 40 persen dan jalur mandiri 30 persen sesuai arahan LTMPT," tandasnya. 

Baca Juga: UGM dan Brawijaya Jadi Universitas Paling Favorit Peserta SBMPTN 2020

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Alfi Ramadana di IDN Times Community dengan judul UB Jadi yang Terbanyak Terima Mahasiswa Jalur SNMPTN  

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya