Comscore Tracker

Politeknik Negeri Malang Sediakan 928 Kursi Maba Jalur SNMPTN

Yang daftar ada puluhan ribu

Malang, IDN Times - Proses penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021 sudah dibuka. Pendaftaran dimulai tanggal 15-24 Februari 2021. Sejumlah perguruan tinggi negeri berlomba-lomba untuk bisa menarik minat mahasiswa melalui SNMPTN.

Salah satunya adalah Politeknik Negeri Malang (Polinema). Tahun ini Polinema menyediakan total kuota mencapai 3780 mahasiswa untuk dua jenjang yakni D3 dan D4. Jumlah kuota tersebut dibagi ke dalam beberapa jalur penerimaan, yakni SNMPTN, SBMPTN dan mandiri. 

1. Tak siapkan program khusus

Politeknik Negeri Malang Sediakan 928 Kursi Maba Jalur SNMPTNIlustrasi Wisuda (IDN Times/Mardya Shakti)

Pembantu Direktur 1 Bidang Akademis Polinema, Supriatna Adhisuwignjo menjelaskan bahwa untuk penerimaan mahasiswa baru tahun ini pihaknya tidak menyiapkan program khusus. Promosi kepada calon mahasiswa baru dilakukan sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Promosi dilakukan melalui website resmi, media massa, webinar serta menyebarkan brosur dan flyer. 

"Tidak ada program khusus untuk rekrutmen mahasiswa baru tahun ini. Selain beberapa cara di atas juga ada pertemuan dengan beberapa siswa sekolah secara online," urainya Jumat (19/2/2021). 

2. Kuota sama seperti tahun lalu

Politeknik Negeri Malang Sediakan 928 Kursi Maba Jalur SNMPTNIlustrasi Sekolah dari Rumah (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk tahun ini Polinema membuka kuota penerimaan melalui jalur SNMPTN tahun ini sejumlah 543 orang untuk D4. Sementara untuk jenjang D3 tahun ini melalui SNMPTN hanya pada angka 385. Jumlah tersebut sama dengan kuota tahun lalu. Namun, Supriatna menjelaskan bahwa tahun ini ada sedikit pengalihan kuota dari jenjang D3 ke D4. 

"Kalau untuk kuota penerimaan melalui SBMPTN jenjang D4 berjumlah 817 dan jenjang D3 sejumlah 562," tambahnya. 

3. Belum ketahui prodi favorit

Politeknik Negeri Malang Sediakan 928 Kursi Maba Jalur SNMPTNIlustrasi Sekolah dari Rumah (IDN Times/Arief Rahmat)

Sejauh ini, Supriatna menambahkan bahwa saat ini pihaknya masih belum mengidentifikasi prodi apa saja yang menjadi favorit calon mahasiswa baru. Pasalnya setiap hari masih terjadi variasi pilihan prodi.

Namun, jika berkaca dari tahun lalu, ada tiga prodi di Polinema yang menjadi favorit calon mahasiswa baru. Tiga prodi itu adalah D4 Teknik Informatika, D4 Akuntansi Manajemen dan D3 Teknik Sipil.

"Kalau saat ini masih belum diketahui karena setiap hari masih berubah-ubah," sambungnya. 

Baca Juga: Unair Beri Kuota 6.300 Maba, Ada Jalur Golden Ticket Sob!

4. Target jumlah pendaftar sama seperti tahun lalu

Politeknik Negeri Malang Sediakan 928 Kursi Maba Jalur SNMPTNIlustrasi Wisuda (IDN Times/Mardya Shakti)

Untuk pendaftar sendiri, tahun ini Polinema juga tak terlalu mematok target tinggi. Supriatna mengakui bahwa pihaknya berharap jumlah pendaftar bisa menyamai torehan tahun lalu yang mencapai 60 ribu pendaftar. 

"Sebenarnya target kami untuk jumlah pendaftar bisa meningkat. Tetapi karena ada perubahan sistem pendaftaran untuk D4, maka kami mematok target sama dengan tahun lalu yakni diangka 60 ribuan," tandasnya. 

Baca Juga: ITS Buka Dua Prodi Baru, Lulusannya Bisa Jadi Ini Loh Guys

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Alfi Ramadana di IDN Times Community dengan judul SNMPTN, Politeknik Negeri Malang Buka 928 Kuota

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya