Comscore Tracker

Mau Daftar SNMPTN? Simak Dulu Tips dari Kampus Ini

Peluang lolos SNMPTN besar bila jurusan yang dipilih linier

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun ini sudah dibuka. Seleksi melalui jalur tanpa tes ini menjadi peluang besar bagi para mahasiswa untuk masuk ke kampus negeri pilihan. Namun, sebelum mendaftar SNMPTN, ada beberapa hal yang harus diketahui oleh para pendaftar.

1. Aktif cari informasi, tak semua jenis sekolah bisa masuk semua jurusan

Mau Daftar SNMPTN? Simak Dulu Tips dari Kampus IniIlustrasi Sekolah dari Rumah (IDN Times/Arief Rahmat)

Hasil penelurusan IDN Times melalui salah satu situs resmi PTN, Universitas Jember, terdapat beberapa program studi yang tidak mencantumkan lulusan SMK sebagai salah satu kompetensi lulusan yang dibutuhkan. Salah satunya rumpun keilmuan sains dan teknologi program studi Pendidikan IPA.

Namun ada juga yang bisa menerima dengan kategori semua lulusan dari berbagai jurusan baik SMK maupun SMA, seperti rumpun keilmuan sosial humaniora program studi Ilmu Administrasi Negara.

Maka siswa harus aktif mencari informasi terkait program studi yang diinginkan, bila tidak ingin kecewa karena tidak sesuai kualifikasi.

"Siswa lulusan SMK dapat memilih program studi yang ada di Universitas Jember. Syaratnya linier dengan jurusan pada saat di SMK nya," ujar Wakil Koordinator Humas Universitas Jember, Rokhmad Hidayanto, Kamis (18/2/2021).

2. Masuk ke laman program studinya

Mau Daftar SNMPTN? Simak Dulu Tips dari Kampus IniWakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Universitas Jember, Prof. Slamin. IDN Times/Istimewa

Sesuai jadwal yang dikeluarkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), maka mulai tanggal 15 hingga 24 Februari 2021, siswa yang dinyatakan eligible dapat mendaftarkan diri ke program studi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dipilihnya.

Rokhmad Hidayanto melanjutkan, siswa harus mencari informasi program studi yang diinginkan sesuai PTN yang dipilih. Biasanya, katanya, setiap PTN pasti menyediakan informasi terkait kriteria lulusan dari program studi yang ada.

"Siswa dapat mencari informasi mengenai program studi melalui laman PTN dan lebih jelas lagi bisa masuk ke laman program studi yang dipilihnya. Biasanya sudah tersedia informasi mengenai profil program studi tersebut, apa yang dipelajari hingga prospek ke depannya seperti apa," terangnya.

Baca Juga: Universitas Jember Sediakan Sidang Skripsi Mahasiswa Via Online

3. Lebih baik memilih jurusan sesuai lulusan

Mau Daftar SNMPTN? Simak Dulu Tips dari Kampus IniIlustrasi Wisuda (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Universitas Jember, Prof. Slamin mengimbau para siswa yang mendaftar ke PTN agar memilih program studi yang linier, atau sesuai jurusan lulusannya.

Hal ini membuat peluang untuk diterima lebih besar. Sebab prestasi siswa dan akreditasi sekolah juga menguatkan siswa untuk lolos sesuai program studi yang linier.

"Memang ada program studi yang menerima dari semua jurusan, namun ingat ada pula program studi yang hanya menerima siswa dari jurusan tertentu saja. Makin linear antara jurusan di saat sekolah dengan program studi yang akan dipilih maka peluang diterima masih terbuka. Hal ini juga sesuai dengan saran LTMPT agar siswa sebaiknya tidak lintas jurusan," kata Slamin.

"Jadi siswa SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan dapat memilih program studi yang ada di Fakultas Ilmu Komputer, atau siswa SMK jurusan Akuntansi bisa memilih Program Studi Akuntansi begitu seterusnya," imbuhnya.

Baca Juga: Tolak Ukur Kelulusan SNMPTN 2021 Tidak Hanya dari Nilai Rapor

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Mohamad Ulil Albab di IDN Times Community dengan judul Pendaftaran SNMPTN Dibuka, Ini Tips dari Kampus yang Bisa Kamu Cermati

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya