Comscore Tracker

Paling Diminati, Tahun Lalu FK Unej Hanya Terima 48 dari 1.171 Siswa

Yang ingin masuk kedokteran Unej siap-siap ya

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) sudah dibuka. Tentunya, setelah memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN), para siswa juga bakal mengukur kekuatan prestasi diri hingga kemampuan ekonomi keluarga sebelum memilih program studi.

Sebagai bahan pertimbangan, para siswa bakal membutuhkan data program studi mana yang memiliki minat tertinggi pada tahun sebelumnya. Semakin banyak peminat, maka pesaing dan peluang untuk diterima akan semakin ketat.

1. Ribuan siswa dengan kuota puluhan

Paling Diminati, Tahun Lalu FK Unej Hanya Terima 48 dari 1.171 SiswaIlustrasi Wisuda (IDN Times/Mardya Shakti)

Mengacu pada data peminat program studi tahun 2020, dari 59 jurusan jenjang strata satu, pendidikan kedokteran masih menjadi jurusan paling diminati di salah satu PTN Universitas Jember. Disusul program studi farmasi dan di posisi ketiga, program studi ilmu keperawatan.

Wakil Koordinator Humas Universitas Jember, Rokhmad Hidayanto mengatakan, rumpun keilmuan sains dan teknologi memang selalu menempati posisi minat paling tinggi, dibandingkan rumpun sosial humaniora.

Tahun lalu, terdapat 1.171 siswa yang mendaftar di jurusan Pendidikan Kedokteran, sementara daya tampungnya hanya 48 kursi. Kemudian program studi farmasi diminati 1.138 orang pendaftar dengan kuota juga 48 orang.

"Posisi ketiga, program studi ilmu keperawatan hanya menerima 60 mahasiswa baru, itu dari hasil seleksi dari 1.027 pendaftar," ujar Rokhmad Hidayanto, Kamis (18/2/2021).

Baca Juga: Cegah Corona, Universitas Negeri Jember Tunda Wisuda

2. Rumpun sosial humaniora menyusul setelahnya

Paling Diminati, Tahun Lalu FK Unej Hanya Terima 48 dari 1.171 SiswaWakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Universitas Jember, Prof. Slamin. IDN Times/Istimewa

Pada posisi dua, untuk rumpun keilmuan sosial humaniora, program studi manajemen menjadi yang paling diminati dengan pendaftar sejumlah 1.122 orang, namun yang diterima hanya 72 pendaftar.

Posisi kedua yakni program studi Akuntansi yang menyediakan 60 bangku kuliah dengan 724 peminat. Sementara Program Studi Ilmu Hukum ada di posisi ketiga, menerima 140 mahasiswa baru yang merupakan hasil seleksi dari 667 pendaftar.

"Berdasarkan data dari bidang akademik, SNMPTN tahun lalu itu ada 22.043 siswa dari seluruh Indonesia yang mendaftar ke universitas jember. Dari jumlah tersebut hanya 2.362 orang yang lolos seleksi," jelasnya.

3. Universitas siapkan 2.272 bangku untuk jalur SNMPTN

Paling Diminati, Tahun Lalu FK Unej Hanya Terima 48 dari 1.171 SiswaWakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Universitas Jember, Prof. Slamin. IDN Times/Istimewa

Universitas Jember sendiri, tahun ini menyiapkan 2.272 bangku kuliah untuk jalur SNMPTN yang tersebar dalam 59 program studi jenjang sarjana. Kuota tersebut diperuntukkan untuk Kampus Universitas Jember dan kampus cabang yang ada di Bondowoso.

"Data keketatan kompetisi di tiap program studi yang ada di laman LTMPT dapat dijadikan sebagai bahan oleh siswa untuk menghitung peluang menembus program studi idaman," ujar Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Universitas Jember, Prof. Slamin.

Baca Juga: Universitas Jember Sediakan Sidang Skripsi Mahasiswa Via Online

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Mohamad Ulil Albab di IDN Times Community dengan judul Kedokteran Jadi Jurusan Paling Diminati di Universitas Jember

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya