Comscore Tracker

Unair Beri Kuota 6.300 Maba, Ada Jalur Golden Ticket Sob!

Wah kaya Indonesin Idol nih

Surabaya, IDN Times - Universitas Airlangga (Unair) membagi beberapa kuota masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa barunya. Dari 6.300 kuota yang disediakan, jatah untuk jalur SNMPTN 30 persen, SBMPTN 40 persen dan Mandiri 30 persen.

"Kuota di jalur SNMPTN Unair sekitar 1.260 mahasiswa baru," ujar Rektor Unair, Prof M. Nasih dalam keterang resmi yang dilihat, Kamis (18/2/2021).

1. Ada jalur Golden Ticket di SNMPTN Unair

Unair Beri Kuota 6.300 Maba, Ada Jalur Golden Ticket Sob!Rektor Unair Profesor Nasih. (IDN Times/Fitria Madia)

Menariknya, calon mahasiswa yang mengikuti SNMPTN diberi pilihan untuk ke jalur 'Golden Ticket'. Nah, jalur tersebut pendaftarannya sudah dibuka sejak Selasa (16/2/2021). Batas waktu terakhirnya, Sabtu (20/2/2021).

"Jalur ini merupakan jalur percepatan yang bisa diraih oleh pendaftar SNMPTN dengan prestasi outstanding atau luar biasa," kata dia.

Dalam mekanisme Golden Ticket, nilai akademis bukan suatu kemutlakan. Mereka yang memiliki prestasi outstanding berpeluang besar mengikutinya. Meski akademik bukan menjadi yang pertama, tetap saja nilai akademik menjadi penentu selanjutnya.

2. Berikut kriteria yang bisa ikut Golden Ticket

Unair Beri Kuota 6.300 Maba, Ada Jalur Golden Ticket Sob!Website UNAIR

Kriteria SNMPTN jalur Golden Ticket, pertama memiliki prestasi internasional dari intitusi internasional yang terpandang dan kredibel dan prestasi tersebut linier dengan program studi yang dipilih.  Kedua memiliki kemampuan leadership, pernah menjabat Ketua OSIS dari sekolah terpandang dan sekolah dengan jumlah siswa tertentu.

"Selanjutnya penghafal Al-Quran ataupun penghafal kitab suci sesuai keyakinan yang berasal dari SMU atau sekolah yang tidak berbasis agama," kata Nasih.

"Jika memiliki prestasi outstanding, meski tidak ranking 1 atau 2 begitu tetap bisa mendaftar jalur Golden Ticket. Tapi kami akan melihat juga apakah nilai akademiknya masih dalam batasan toleransi yang bisa diberikan, intinya nilai akademik tetap menjadi penentu kedua," dia menambahkan.

Baca Juga: Pakar Mikrobiologi Unair Peringatkan Potensi Pandemik dari Virus Nipah

3. Syarat ikut Golden Ticket

Unair Beri Kuota 6.300 Maba, Ada Jalur Golden Ticket Sob!Rektor Unair Prof Mohammad Nasih (tengah) saat konferensi pers perkembangan Covid-19, Rabu (1/4). IDN Times/Fitria Madia

Sementara itu, Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair Dr Achmad Solihin menyampaikan, jika syarat yang disampaikan Nasih dirasa sudah memenuhi. Maka tak kalah pentingnya ialah syarat harus memilih Unair pilihan utama SNMPTN.

Peserta juga harus mengikuti rangkaian acara Airlangga Education Expo yang diselenggarakan secara daring dan mengisi absensi untuk mendapatkan bukti kehadiran. Nantinya akan dilampirkan pada pendaftaran Golden Ticket. Harus melakukan pendafraran di link yang tersedia.

"Setelah itu akan diproses dan diseleksi, apakah prestasinya linier apa tidak. Kemudian apakah kemampuan akademiknya masih dalam rentang yang bisa diterima. Setelah itu akan diumumkan sekalian di tanggal 24 Februari 2021 pada saat penutupan AEE," jelas dia.

Unair tidak membatasi peserta jalur Golden Ticket, untuk itu kuota penerimanya pun disesuaikan dengan kebutuhan masing masing fakultas. Maksimal penerima jalur Golden Ticket untuk Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) yakni dua penerima. Fakultas lainnya bisa lebih banyak.

Baca Juga: ITS Buka Dua Prodi Baru, Lulusannya Bisa Jadi Ini Loh Guys

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya