Comscore Tracker

6 Jurusan Kurang Diminati di UPN Veteran Jatim, Intip Yuk!

Jangan sia-siakan kesempatan, buruan daftar!

Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jatim yang berlokasi di Surabaya merupakan perguruan tinggi negeri yang memiliki 25 jurusan program sarjana. Meskipun menjadi salah satu kampus idola bagi calon mahasiswa baru, rupanya pada SNMPTN 2022 lalu, ada beberapa jurusan yang kurang memiliki peminat.

Namun jangan khawatir, karena pada tahun 2023 ini tetap tersedia kuota bagi calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar ke jurusan sepi peminat tersebut melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Penasaran ada jurusan apa saja yang memiliki daya saing rendah untuk lolos di UPN Veteran Jatim? Yuk, simak ulasan detailnya berikut!

1. Teknik Mesin

6 Jurusan Kurang Diminati di UPN Veteran Jatim, Intip Yuk!Gedung Fakultas Teknik UPN (ft.upnjatim.ac.id)

Teknik Mesin merupakan jurusan di UPN yang berada di bawah naungan Fakultas Teknik dan telah terakreditasi Baik. Sayangnya, jurusan ini cukup sepi peminat pada SNMPTN tahun 2022 lalu. Tercatat hanya terdapat 158 calon mahasiswa baru yang mendaftar.

Sedangkan pada tahun 2023 ini, jurusan Teknik Mesin UPN kembali menyediakan kursi bagi 33 calon mahasiswa baru yang daftar lewat SNBP. Lulusan program sarjana teknik mesin di UPN akan mendapat gelar Sarjana Teknik (S.T.) dengan prospek kerja di perusahaan dan industri, pertambangan, akademisi, wirausaha, instansi pemerintah, atau sebagai developer.

Baca Juga: Jurusan Paling Diminati di UPN Veteran Jatim 2023

2. Desain Komunikasi Visual

6 Jurusan Kurang Diminati di UPN Veteran Jatim, Intip Yuk!Gedung Fakultas Arsitektur dan Desain (ppmb.upnjatim.ac.id)

Calon mahasiswa baru yang menyukai dunia kreatif seperti animasi, fotografi dan sebagainya bisa mencoba mengikuti SNBP 2023 dengan memilih prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) di UPN Veteran Jatim. Pasalnya, jurusan ini cukup sepi peminat yang pada tahun 2022 lalu hanya terdapat 184 pendaftar SNMPTN, sedangkan kuota yang tersedia pada tahun 2023 ini adalah 51 kursi.

Prospek kerja bagi lulusan program sarjana DKV cukup menarik yakni di periklanan, desain, film, video, foto, media interaktif, televisi, percetakan & penerbitan, sistem informasi visual dan visual branding, industri visual merchandising, lembaga pendidikan desain, graphic design consultant, enterpreneurship & technopreneurship dan sebagainya. Lulusan prodi DKV akan mendapat gelar Sarjana Desain (S.Ds.).

3. Sains Data

6 Jurusan Kurang Diminati di UPN Veteran Jatim, Intip Yuk!Perpustakaan UPN Veteran Jatim (repository.upnjatim.ac.id)

Dari Fakultas Ilmu Komputer UPN Veteran Jatim, terdapat prodi yang kurang terlalu diminati oleh calon mahasiswa baru pada tahun 2022 dengan hanya mendapat 302 pendaftar saja, yakni jurusan Sains Data. Prodi ini cukup menarik karena mempelajari tentang analisis data dan menyediakan informasi yang dapat menentukan keputusan penting dalam berbagai sektor industri.

Pada tahun 2023, Sains Data memberikan kesempatan bagi 39 mahasiswa yang mendaftar lewat SNBP untuk belajar di jurusan tersebut. Gelar bagi mahasiswa yang lulus pendidikan prodi Sains Data akan mendapatkan gelar Sarjana Sains Data (S.Si.D) dengan prospek kerja yakni market researcher, data scientist, dosen, system analyst dan lainnya.

4. Pariwisata

6 Jurusan Kurang Diminati di UPN Veteran Jatim, Intip Yuk!Mahasiswa Pariwisata UPN Jatim (pariwisata.upnjatim.ac.id)

Jurusan Pariwisata merupakan prodi baru di UPN Jatim yang telah diresmikan pada 8 April 2022. Jurusan ini cukup menarik karena memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan seperti staf maskapai penerbangan, concierge hotel, pemandu wisata, event planner/event organizer, entrepreuner serta research and development (RnD).

Sayangnya, tidak banyak mahasiswa yang mendaftar di jurusan tersebut pada tahun 2022 lalu, yakni 312 orang saja. Hal tersebut tentunya memperbesar peluang untuk lolos SNBP tahun 2023 ini dengan kuota yang tersedia yakni 30 kursi. Lulusan program sarjana Pariwisata akan mendapatkan gelar Sarjana Pariwisata (S.Par).

5. Arsitektur

6 Jurusan Kurang Diminati di UPN Veteran Jatim, Intip Yuk!Mahasiswa Arsitektur UPN Jatim (Instagram/hma_widyastana)

Program sarjana di UPN yang kurang diminati selanjutnya adalah program studi Arsitektur yang berada di bawah Fakultas Arsitektur dan Desain. Pada tahun 2022, terdapat 351 calon mahasiswa baru yang mendaftar lewat jalur SNMPTN. Sedangkan pada tahun 2023 terdapat 45 kuota bagi calon mahasiswa baru yang daftar lewat SNBP.

Mahasiswa yang berhasil menyelesaikan pendidikan program sarjana Arsitektur akan mendapat gelar Sarjana Arsitektur (S.Ars.). Prospek kerjanya pun cukup menarik yakni penilai real estate, bagian perencanaan dan pengembangan real estate, drafter, operator CAD (Computer-Aided-Design), sales perusahaan konstruksi, arsitek, dosen, hingga wirausahawan.

6. Ilmu Hubungan Internasional

6 Jurusan Kurang Diminati di UPN Veteran Jatim, Intip Yuk!Mahasiswa HI UPN Veteran Jatim (hi.fisip.unair.ac.id)

Di urutan ke-6, terdapat jurusan yang cukup sepi peminat di UPN Veteran Jatim yakni Ilmu Hubungan Internasional. Padahal prospek kerja bagi lulusan Ilmu Hubungan Internasional cukup menarik yakni eksportir, diplomat, bagian tata usaha (atase) perdagangan luar negeri, konsultan pendidikan, penyiar, jurnalis (reporter), editorsystem analyst, dan arsiparis.

Namun pada tahun 2022 lalu, mahasiswa yang mendaftar jurusan ini hanya 407 orang. Sedangkan kuota yang tersedia untuk calon mahasiswa baru yang mendaftar lewat SNBP di tahun 2023 ini adalah 42 kursi yang berarti peluang lolos pun cukup banyak. Dengan menyelesaikan pendidikan di jurusan Ilmu Hubungan Internasional, mahasiswa akan mendapat gelar Sarjana Ilmu Politik (S.IP).

UPN Veteran Jatim merupakan perguruan tinggi dengan profil lulusan yang cukup bagus. Sehingga peluang masuk dunia kerja dengan bekal yang mumpuni pun semakin besar. Jadi tunggu apa lagi? Jangan sia-siakan kesempatan untuk masuk UPN Veteran Jatim dengan memilih prodi sepi peminatnya.

Baca Juga: 8 Program Studi di UNAIR Paling Diminati

Alvi Nur Jannah Photo Community Writer Alvi Nur Jannah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya