Comscore Tracker

Kamar Canggih Bikin Makin Betah, 5 Langkah Dekorasi Smart Kos

Kamar idaman buat kaum rebahan dan kaum mager nih!

Anak kos selalu mendambakan punya kamar yang nyaman dan estetik. Nah, kalau kamar kosmu tampak biasa-biasa saja, mungkin kamu bisa memodifikasinya biar kelihatan canggih dengan konsep smart kos.

Smart kos membuat hidupmu jadi lebih praktis. Barang-barang di kos bisa jalan otomatis hanya dengan perintah suara. Konsep ini tentu jadi idaman buat kaum rebahan dan kaum mager.

Dilansir dari akun @sulroid, ini langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat kamar kosmu jadi smart kos!

1. Kamu harus punya google home untuk memulai menerapkan konsep smart kos

Kamar Canggih Bikin Makin Betah, 5 Langkah Dekorasi Smart Kosunsplash.com/BENCE BOROS

Untuk membuat smart kos, kamu tentu perlu mempunyai google home. Perangkat ini berbentuk pengeras suara pintar yang bisa membantu kita mengontrol lampu, elektronik, dan barang-barang lainnya dalam kos.

Tenang saja, harga google home gak terlalu mahal, kok. Kamu bisa mendapatkan google home mini mulai dari harga Rp300 ribuan. Dengan memasang google home, kamu sudah bisa membuat berbagai perabot dalam kosmu menjadi otomatis.

2. Smart bulb dan smart LED strip akan mengubah mood ruangan supaya kamu tak bosan

Kamar Canggih Bikin Makin Betah, 5 Langkah Dekorasi Smart Kostwitter.com/sulrod

Pengin lampu kamu bisa berubah-ubah warna sesuai dengan mood? Kamu bisa memasang smart bulb dan smart LED strip.

Smart bulb adalah lampu bohlam pintar LED dengan wifi yang bisa mengirimkan data melalui perantara cahaya. Smart LED strip juga memiliki fungsi yang sama, namun berbentuk lebih panjang dan pipih. Dengan memasang kedua alat ini, kamu bisa mengubah suasana kamar dengan mudah bukan?

3. Pasang roller blind dan motor remote supaya tirai bisa buka-tutup otomatis

Kamar Canggih Bikin Makin Betah, 5 Langkah Dekorasi Smart Kostwitter.com/sulrod

Sulrod juga mengubah tirai kamarnya menjadi roller blind agar terlihat lebih rapi dan clean look. Selain itu, ia juga memasang motor remote dalam roller blind agar bisa berfungsi otomatis.

Ketika roller blind sudah terhubung dengan google home, kamu bisa membuka atau menutup roller blind ini hanya dengan perintah suara lho! Canggih banget kan? Gak perlu capek-capek jalan dan buka tirai deh.

Baca Juga: 5 Inspirasi Dekorasi Kamar Kos dengan Biaya Hemat, Bikin Tambag Betah!

4. Tutup charging station dengan frame biar gak terlihat berantakan

Kamar Canggih Bikin Makin Betah, 5 Langkah Dekorasi Smart Kostwitter.com/sulrod

Kos dengan konsep canggih seperti ini tentu membuat kita punya banyak perangkat elektronik. Tentunya, kamu gak mau kamar kosmu terlihat berantakan akibat berbagai kabel charging station.

Nah, untuk mengakalinya, kamu bisa memajang frame favoritmu menutupi charging station. Cara yang simpel namun ampuh agar kamar tetap terlihat rapi dan estetik!

5. Ingat, makeover dilakukan secara berkala dan sesuai budget, ya!

Kamar Canggih Bikin Makin Betah, 5 Langkah Dekorasi Smart Kostwitter.com/sulrod

Sesungguhnya banyak lagi peralatan yang bisa kamu ubah lebih canggih dengan google home. Kamu bisa membuat televisi dan komputer menjadi lebih otomatis. Bahkan bisa menambahkan finger print dalam kos.

Meskipun begitu, pastikan kamu merombak kosmu sesuai budget, ya! Lakukan juga secara berkala agar tidak terlalu banyak memakan biaya. Misalnya, kamu bisa memulai merombak kamar dari lampu terlebih dahulu yang terlihat paling mengubah suasana.

Kira-kira, smart kos kamu nanti jadi seperti ini lho!

@sulrod

SmartKost low budget ##smartkost ##kosanpintar

♬ original sound - sulrod

Demikian langkah mengubah kamar kos menjadi lebih canggih dengan konsep smart kos. Pastinya kamu jadi makin makin betah di kos!

Baca Juga: 6 Tips Menata Kamar Kos Sempit Biar Rapi dan Lebih Luas

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya