Comscore Tracker

7 Fakta Baru di Balik Meninggalnya Sulli, Penyelidikan Terus Berlanjut

Dari hasil autopsi hingga pengakuan di masa lalu

Kematian mantan personel f(x), Sulli pada Senin lalu (14/10) masih menyisakan tanda tanya besar. Sulli diduga sudah cukup lama bertarung melawan depresi karena kerap menjadi sasaran komentar jahat netizen di media sosial. Banyak yang menduga, jika hal itu lah yang melatar belakangi Sulli untuk mengakhiri hidupnya sendiri.

Kini, berbagai fakta baru mulai terungkap. Mulai dari hasil autopsi hingga berbagai pernyataan di masa lalu yang memperkuat dugaan jika Sulli sudah lama berjuang melawan kondisi mental yang dialaminya. Berikut 7 faktanya.

1. Rabu (16/10) polisi merilis hasil awal dari proses autopsi pada jenazah Sulli

7 Fakta Baru di Balik Meninggalnya Sulli, Penyelidikan Terus BerlanjutInstagram.com/jelly_jilli

Dikutip dari XSportnews, perwakilan Kepolisian Seongnam Sujeong menginformasikan bahwa hasil awal dari autopsi jenazah Sulli menyimpulkan tidak ada tanda pembunuhan, kekerasan atau paksaan dari pihak luar. Proses autopsi selanjutnya akan menyelidiki tentang kemungkinan adanya pengaruh obat-obatan yang dikonsumsi Sulli sebelum meninggal dunia.

2. Polisi juga menemukan sebuah memo yang diduga berisi pesan dari Sulli

7 Fakta Baru di Balik Meninggalnya Sulli, Penyelidikan Terus Berlanjutinstagram.com/jelly_jilli

Kepolisian Seongnam juga mengabarkan bahwa memo tersebut bukan berisi pesan kematian, melainkan curahan hati Sulli sehari-hari. Mereka juga menegaskan isi memo tersebut tidak dapat diungkapkan kepada publik secara lebih rinci.

3. Seorang rekan dekat menginfokan Sulli sudah berencana keluar dari program "Reply Night"

7 Fakta Baru di Balik Meninggalnya Sulli, Penyelidikan Terus Berlanjutfunctionlove.net

Program JTBC Reply Night atau The Night of Hate Comments tayang sejak 21 Juni lalu dan dipandu oleh Sulli bersama Shin Dong Yeop, Kim Sook, dan Kim Jong Min. Kabarnya, selama dua bulan terakhir Sulli sudah berencana untuk mengundurkan dari program ini karena kondisi psikologis yang dialaminya.

"Sulli menderita perubahan mood yang ekstrem. Gangguan kecemasannya juga semakin memburuk sehingga kami merasa khawatir," ujar sumber tersebut kepada media lokal.

Baca Juga: 13 Ungkapan Duka Cita Para Artis Korea Atas Kepergian Sulli

4. Sulli sudah meminta SM untuk melindunginya dari komentar jahat di media sosial

7 Fakta Baru di Balik Meninggalnya Sulli, Penyelidikan Terus Berlanjutfunctionlove.net

Sulli sudah cukup lama menjadi sasaran berbagai komentar jahat dari netizen di media sosial miliknya. Sejak tahun 2018 lalu, SM Entertainment mengungkap rencana mereka untuk menindak tegas para pelaku cyberbullying di media sosial seluruh artisnya.

Menurut media Busan Report, Sulli merupakan salah satu artis SM yang paling gencar meminta agensinya tersebut untuk menindak tegas netizen. Namun kabarnya, usaha SM untuk menindaklanjuti masalah ini menemui halangan karena banyaknya netizen yang mendaftar akun dengan menggunakan alamat IP dari luar negeri.

5. Sulli pernah mengungkap pengalamannya saat batal menggugat netizen

7 Fakta Baru di Balik Meninggalnya Sulli, Penyelidikan Terus Berlanjutinstagram.com/jelly_jilli

Beberapa pernyataan lama dari Sulli sebelum meninggal dunia juga kembali menyita perhatian. Seperti saat memandu Reply Night bulan Juni lalu, Sulli bercerita bahwa ia pernah batal melaporkan seorang netizen yang menulis komentar jahat di media sosial miliknya setelah mengetahui usia dari pelaku tersebut.

"Dia (pelaku) adalah murid dari sebuah Universitas terkenal. Usianya juga sama seperti saya. Jika saya melaporkannya, netizen akan menganggapnya sebagai kriminal. Meskipun orang tersebut memang menuliskan komentar jahat kepada saya, saya tetap akan merasa bersalah jika membuat orang seumuran saya dihukum," ujarnya.

6. Dalam wawancara beberapa waktu lalu, Sulli bercerita tentang kesulitannya dalam mempercayai orang lain

7 Fakta Baru di Balik Meninggalnya Sulli, Penyelidikan Terus Berlanjuthttp://www.asianjunkie.com

Bulan September lalu, Sulli hadir sebagai pembicara dalam acara diskusi tentang film baru berjudul Maggie. Sulli bercerita tentang masa sulit yang dialaminya selama beberapa bulan terakhir yang membuatnya sulit mempercayai orang lain.

"Saya adalah tipe orang yang mudah mempercayai orang lain. Tetapi dunia sudah berubah menjadi tempat di mana sulit bagi kita untuk percaya pada orang lain. Setelah menonton film ini (Maggie), saya jadi memahami bahwa tidak mudah percaya pada orang adalah keputusan yang benar," ujarnya.

7. "Saya berusaha meminta pertolongan, tetapi tidak ada yang menolong saya. Saat itulah saya merasa hancur. Saya tidak memiliki siapa pun"

7 Fakta Baru di Balik Meninggalnya Sulli, Penyelidikan Terus BerlanjutInstagram.com/jelly_jilli

Sementara itu, dalam kesempatan wawancara lain bersama stasiun TV SBS, Sulli bercerita tentang kondisi mental yang dialaminya.

"Saya menderita panic disorder sejak remaja, tetapi saya tidak mengonsumsi obat apa pun dan mencoba melawannya sendiri. Meskipun saya memberitahu orang lain bahwa saya sedang kesulitan, tidak ada yang mendengarkan," ungkapnya saat itu.

Selamat jalan, Sulli. Semoga tenang dan berbahagia di sana.

Baca Juga: 10 Curhatan Sulli eks f(x) di Sosial Media yang Isyaratkan Depresi

Topic:

  • Dida Tenola
  • Septi Riyani

Just For You