Arswendo Meninggal Dunia, Inilah Profil & Karyanya yang Patut Dikenang

Selamat jalan Pak Arswendo

Seniman sekaligus sastrawan Arswendo Atmowiloto meninggal dunia di usia 70 tahun, pada Jumat (19/7). Dia diketahui menderita kanker prostat sejak dua bulan terakhir. Semasa hidupnya Arswendo dikenal sebagai pengarang novel, salah satu yang terkenal adalah "Keluarga Cemara". 

1. Awal kariernya sebagai wartawan

Arswendo Meninggal Dunia, Inilah Profil & Karyanya yang Patut Dikenangtwitter.com/arswendo_atmo

Arswendo mengawali kariernya dengan menjadi seorang wartawan tabloid dan surat kabar. Namun, rupanya ia jago dalam menulis karya fiksi. Ia menulis banyak cerpen, naskah drama, dan novel. 

Dia berkesempatan untuk mengikuti International Writing Program di Universitas Iowa, Iowa City, Amerika Serikat pada tahun 1979. Ia menjadi salah satu penulis yang mendapat banyak penghargaan, salah satunya Hadiah Sastra Asean tahun 1987.

Baca Juga: Kondisi Arswendo Sudah Menurun Sejak Awal Pekan Ini

2. Puluhan novelnya yang melegenda

Arswendo Meninggal Dunia, Inilah Profil & Karyanya yang Patut DikenangTwitter/@arswendo_atmo

Beberapa novel yang pernah ditulis oleh Arswendo antara lain Canting, 3 Cinta 1 Pria, Senopati Pamungkas, dan Kau Memanggilku Malaikat.

Arswendo termasuk salah satu penulis yang sangat produktif. Karena keproduktifannya itulah, ia kemudian menulis buku Mengarang Novel Itu Gampang. 

3. Dari novel lalu berlanjut ke film dan sinetron

Arswendo Meninggal Dunia, Inilah Profil & Karyanya yang Patut Dikenangwww.istagram.com/komunitaslifepage

Salah satu masterpiece Arswendo adalah Keluarga Cemara yang populer menjadi sinetron era 90-an berasal dari cerita bersambung karya Arswendo.

Selain Keluarga Cemara, beberapa sinetron karyanya adalah 1 Kakak 7 Ponakan (ditayangkan RCTI, 1996), Deru Debu (ditayangkan di SCTV, 1994-1996), Jalan Makin Membawa (ditayangkan di SCTV, 1995-1997), Imung (ditayangkan SCTV, 1997), dan Ali Topan Anak Jalanan (ditayangkan di SCTV, 1997-1998).

Selamat jalan Arswendo menuju ke keabadian. Terima kasih, atas karyamu selama ini.

Baca Juga: Penulis Novel Keluarga Cemara Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia 

Topic:

  • Edwin Fajerial

Just For You