Comscore Tracker

Video Klipnya Disebut Plagiat, Via Vallen: Aku Malu Banget

Dia pun akan meminta video itu dihapus #HypeIDN

Pedangdut Via Vallen akhirnya buka suara tentang video klip single terbaru Via Vallen berjudul Kasih Dengarkanlah Aku. Ia mengaku malu sekaligus menyampaikan permintaan maaf.

Video itu sendiri disebut menjiplak dari penyanyi Korea Selatan, IU. Para penggemar IU menyebut ada banyak kemiripan dari konsep serta jalan cerita video klip tersebut dengan video klip lagu IU berjudul Above The Time. 

1. Via Vallen meminta maaf dan mengakui kalau ternyata video klipnya ternyata mirip banget

Video Klipnya Disebut Plagiat, Via Vallen: Aku Malu BangetYouTube/1theK & YouTube/ascadamusik

Baca Juga: Sedang Viral, Ini 10 Adegan yang Disebut Mirip di MV Via Vallen vs IU

Lewat Instagram Stories akun miliknya, Via Vallen meminta maaf kepada IU, penggemar IU serta penggemarnya sendiri. Ia mengaku kalau video klip Kasih Dengarkanlah Aku miliknya itu secara konsep memang mirip banget dengan Above The Time.

"Untuk IU, fans IU dan terutama Vyanisti, juga pihak yang merasa dirugikan. Aku minta maaf soal MV terbaru aku yang ternyata memang muiripp bangett sama MV-nya IU. Ini sama sekali gak ada unsur kesengajaan," tulisnya.

2. Ia mengaku malu dan kecewa

Video Klipnya Disebut Plagiat, Via Vallen: Aku Malu BangetYouTube/1theK & YouTube/ascadamusik

Via mengaku kalau ia memang menggemari KPop, namun keminatannya tidak secara umum. Ia selama ini hanya memperhatikan segala macam soal BLACKPINK saja namun tidak tahu banyak tentang idol KPop lainnya.

Sehingga, soal kemiripan ini tak ada kesengajaan dengan keminatannya terhadap KPop. Penyanyi dangdut ini menuliskan kalau ia merasa malu dengan masalah yang sedang menimpanya ini.

"Kalau dari awal aku tahu bahwa MV 'Kasih Dengarkanlah Aku' ini plek ketiplek sama MV orang lain, sudah pasti 100 persen bakalan minta ganti konsep. Jujur aku MALU banget pas tahu," lanjuta Via.

3. Via akan meminta video itu dihapus dari YouTube

Video Klipnya Disebut Plagiat, Via Vallen: Aku Malu BangetInstagram.com/viavallen

Nasi sudah menjadi bubur dan Via sudah menanggung malu akibat masalah ini. Pada unggahannya tersebut, Via mengatakan akan mengambil langkah selanjutnya yakni meminta menurunkan video ini dari YouTube. Ia ingin menjadikan pengalaman ini sebagai pembelajaran untuk ke depannya.

"Aku bakal minta videonya buat di-takedown dan ini akan menjadi pembelajaran buat ke depannya biar gak terjadi lagi hal seperti ini. Sekali lagi, dari lubuk hati yang paling dalam, aku mohon maaf yang sebesar-besarnya," tutup Via Vallen.

4. Pihak label sebelumnya sudah memberikan klarifikasi

Video Klipnya Disebut Plagiat, Via Vallen: Aku Malu BangetYouTube/ascadamusik

Ascada Musik sendiri, selaku label yang memproduksi lagu dan video klip Kasih Dengarkanlah Aku ini telah memberikan klarifikasi lewat komentar di YouTube.

Pihak Ascada mengaku menerima seluruh konsep dan ide pembuatan video klip ini dari sutradara. Sementara dari pihak label dan manajemen sendiri tidak mengetahui kalau konsep tersebut rupanya ada kemiripan dari video klip penyanyi lain.

"Bahwa pihak management, menerima seluruh konsep/ide video klip yang ditawarkan oleh pihak sutradara. Adapun dari hasil akhir video klip tersebut ada kemiripan dengan video klip lain, kami pihak management sama sekali tidak mengetahuinya, dan pihak management sedang meminta klarifikasi dari pihak sutradara," tulis Ascada Musik.

Pada poin kedua, Ascada menyebut bahwa Via Vallen dan Dyrga Dadali sebagai pemeran utama pada video klip tersebut disebutkan hanya berakting sesuai dengan arahan sutradara. Mereka sama sekali tidak terlibat dalam pembuatan ide maupun konsep dari video klip itu sendiri.

"Pihak artis dalam hal ini Via Vallen dan Dyrga Dadali sebagai pemeran utama dalam video klip tersebut, hanya menjalankan tugasnya sebagai talent yang seluruh aktivitasnya diarahkan oleh sutradara. Kedua artis tersebut tidak turut serta berperan dalam menentukan konsep idea video klip," lanjut Ascada Musik.

Baca Juga: Video Klip Disebut Mirip Milik IU, Ini Tanggapan Pihak Via Vallen

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya